KALTENG KAYA AKAN BAHAN TAMBANG

 

Oleh Hasan Zainuddin
     Palangkaraya,9/4, Kalimantan Tengah (kalteng) bukan saja kaya akan hutan, perairan, lahan gambut tetapi juga mengandung bebatuan dan bahan tambang ekonomis lainnya jika dikelola akan menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.
     Kawasan tambang atau geologi di Kalteng  sebagian besar berada di kawasan Utara provinsi ini, dan kondisi geologi Kalteng tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kesatuan geologi Kalimantan secara umum.
     Wilayah geologi Kalteng terbentuk dari endapan atau batuan yang terjadi dalam cekungan-cekungan sedimen dan daerah-daerah pegunungan yang terbentuk oleh kegiatan magma ataupun proses malihan (metamorfosa).
     Berdasarkan cacatan,Kaltengmining.com cekungan-cekungan yang ada di Kalteng terdiri dari Cekungan Melawi (perbatasan dengan Kalimantan Barat), Cekungan Barito (bagian Tengah – Selatan – Timur Kalimantan Tengah), serta Cekungan Kutai (bagian Utara – Timur Laut Kalimantan Tengah).
     Stratigrafi (susunan urutan batuan) di Kalteng tersusun dari batuan yang berumur tua ke muda, sebagai berikut, batuan Malihan      
terdiri dari filit, sekis, genes, kuarsit dan  kristalin.  Batuan ini berumur Paleozoikum – Mesozoikum yang dikelompokan dalam formasi.
    Batuan Beku, terdiri dari granit, granodiorit, diorit, tonalit, gabro  dan monzonit.  Batuan ini berumur Perm – Trias, Batuan Sedimen terdiri dari sedimen klastik pada Formasi Batuayau,  formasi Tanjung, Formasi Warukin, Formasi Dahor, serta  sedimen biotik seperti batugamping Formasi Berai.  
    Sementara Batuan Volkanik, terdiri dari breksi, aliran lava, batupasir tufaan dan  intrusi-intrusi kecil andesit basaltis. 
    Alluvial,Endapan ini termuda, terdiri dari pasir, lempung, gambut  dan lumpur.  Batuan ini berumur  Pleistosen  – Resen.
    Struktur geologi Kalteng khususnya dibagian Tengah – Utara, mempunyai struktur yang rumit, berupa sesar (patahan), perlipatan dan kekar-kekar, sedangkan bagian Selatan-Barat Daya relatif stabil.
    Potensi bahan galian/sumberdaya mineral yang berada di Kalteng tidak lepas dari kejadian geologi yang terjadi di wilayah tersebut, misalnya endapan emas, keberadaannya dapat dipengaruhi oleh gejala geologi seperti patahan (sesar) dan intrusi, sedangkan batubara proses pematangannya juga dipengaruhi oleh gejala-gejala tersebu di atas.
    Secara geologi, indikasi keterdapatan endapan/cebakan bahan tambang di Kalteng cukup banyak diantaranya adalah, Migas seperti  minyak bumi,  gas bumi, gas Metan.
    Mineral Logam dan Batubara adalah Endapan dan Cebakan mineral logam  bijih besi,  seng,  timah hitam (gelena), alumunium (bauxite), endapan batubara, endapan gambut.
    Mineral Non Logam dan Batuan seperti Intan, Zircon, Kristal Kuarsa (kecubung), Pasir Kwarsa,  Batu Gamping, Posfat, Andesit, granit, granodiorit dll.
    Bahan tambang yang paling diminati investor saat ini adalah batubara disusul dengan mineral logam  seperti bijih besi,  emas, perak, alumunium (bauxite) , timah titam (galena). dan bijih seng.
     Disamping batubara dan mineral logam seperti tersebut diatas di Kalteng juga terdapat mineral non logam yang juga sangat diminati investor yaitu zircon.
     Batubara tersebar terutama di Kabupaten Murung Raya, Barito Utara, Barito Selatan, Barito Timur, Kapuas, Gunung Mas dan Katingan.
     Bahan galian Emas dan Perak tersebar di Kabupaten Murung Raya, Barito Utara, Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat.
     Sedangkan Zircon dijumpai di Kabupaten Katingan, Kotawaringin Timur, Seruyan, Kotawaringin Barat, Sukamara, Gunung Mas dan Kapuas sedangkan bijih Besi tersebar di Kabupaten Lamandau, Seruyan, Kotawaringin Timur, Katingan dan Barito Timur.

Iklan

13 Tanggapan

  1. sudah tau kalteng kaya akan bahan tambang…tapi kenapa tidak dimanfaaatkan…

  2. ya jelas lah!! … tapi saya nggak ingin area itu dijual ke tangan negara lain … kasian kalteng …

    • Semoga pemerintah daerah Kal-Teng bisa mengelola kekayaan ini dengan bijaksana, terutama untuk pemenuhan fasilitas kesehatan yang baik dan lengkap, sehingga masyarakat kalteng tidak harus jauh2 keluar propinsi untuk berobat. terima kasih. GO KALTENG.

  3. Bukan tidak di manfaatkan bahkan penduduk setempat takut untuk menambang .seharusnya mereka DIBERI IJIN GRATIS karena itu adalah tanah leluhur yg diberikan Tuhan kepada mereka.Memang ijin dengan luas yang terbatas tidak semaunya saja.Tgl 29-04-2010 dapat informasi bahwa dari mabes polri sidak ke daerah itu sehingga penduduk ketakutan.Tidak diberi ijin gratis malah di sidak betapa kasihan mereka.Kalau penambang penduduk asli dilarang di katakan ilegal trus yang legal yg mana?apa yang dapat ijin dari pemerintah pusat?cukong-2 itu? Pak sadar lah sebelum murka itu datang ke atas mu.

  4. Terima kasih atas informasinya, untuk selanjutnya tolong pak saya butuh informasi tentang bahan tambang yang dikelola oleh koperasi. Sampai saat ini saya sulit mendapat informasi tersebut. Dan Terima kasih

  5. trimakasih infonya

  6. salam….urang kalimantan asli kah wal….

  7. urang paringin kah,.??? Abah ulun urang asli Paringin,.. tapi kami jauh di tanah urang……. Salam Urang Banjar

  8. dikalteng tempat tambang emas produktip untuk rakyat di kec

  9. SEMOGA PUTRA DAERAH BISA MENGELOLAH DENGAN BAIK,KALAU TIDAK HENDAK KEMANA NAK MEMINTA……..KESEJAHTERAAN….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: