KOTA BANJARMASIN KINI MILIKI KEBUN BINATANG

9Oleh Hasan Zainuddin
Banjarmasin,13/9 (Antara)- Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melalui Dinas Pertanian dan Perikanan membangun sebuah lokasi kebun binatang seluas 1,5 hektare.
Wali Kota Banjarmasin Haji Muhidin didampingi Kepala Dinas pertanian dan Perikanan, Doyo Pudjadi dan beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) meninjau lokasi kebun binatang tersebut, Sabtu.
Wali kota menyatakan rasa bangganya memiliki sebuah kebun binatang yang terletak di Kompleks Zahri Saleh, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara tersebut.
“Kita sudah seperti kota lain yang memiliki kebun binatang yang nantinya bukan saja sebagai lokasi rekreasi masyarakat, tetapi juga sebagai lokasi pendidikan dan penelitian,” kata wali kota.
Menurut wali kota, Pemkot akan lebih memperhatikan lokasi ini sebagai tempat rekrasi masyarakat, makanya kedepan akan terus ditambah berbagai fasilitas penunjang termasuk tempat wisata kulinernya, dan tempat penjualan cendramata.
“Saya juga berharap, lokasi ini tak semata untuk pemeliharaan, tetapi yang lebih ditekankan sebagai lokasi budidaya, semacam penangkaran, khususnya hewan asli Kalimantan, seperti bekantan (Nasalis Larvatus),” kata Muhidin.
Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Doyo Pudjadi menyebutkankan bahwa pihaknya merencanakan melakukan penangkaran Bekantan sekaligus penelitian mengenai hewan langka endemik Kalimantan yang akan bekerjasama dengan sebuah komunitas Bekantan Banjarmasin.
Melalui lokasi penangkaran tersebut diharapkan lokasi itu akan menjadi pusat penelitian sekaligus pendidikan mengenai hewan berhidung panjang itu.
Mengenai kebun binatang sendiri, disebutkannya pengelolaannya akan bekerjasama dengan Kebun Binatang Surabaya (KBS) terutama untuk jenis hewan-hewan tertentu yang di KBS ada kelebihan jumlahnya.
Di lokasi kebun binatang ini terdapat sepuluh zona, seperti zona reftil, zona perimata, zona burung, zona ikan, dan zona-zona lainnya yang menyebar di areal seluas 1,5 hektare.
Lokasi ini juga dilengkapi dengan tempat mandi dan toilet, tempat ibadah, warung cendramata, serta rumah makan yang menyajikan menu serba masakan jamur.
“Kita berharap kebun binatang ini akan menjadi pilihan masyarakat bertamasya sebagai alternatif sekalin hanya ke pusat perbelanjaan atau mall,” katanya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: