A.tentang saya

Siapa pun boleh pandai setinggi langit yang biru, selama ia tidak menulis, maka ia akan hilang dan lenyap begitu saja dari sejarah, menulis adalah bekerja untuk keabadian

hasan Nama saya  (ulun) Hasan Zainuddin, ayah saya namanya Idris, ibu Hajjah Hasanah dari suku Banjar yang sudah lama tinggal di perantauan, saya dilahirkan di desa yang terpencil, Desa Sungai Ambat, Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Propinsi Riau, Sumatera, anak terkecil dari tujuh bersaudara.

Ibu saya  berasal dari  keturunan Desa Pimping Amuntai tapi sudah lama berada di Sumatera. Ayah saya keturunan Desa Dalam Pagar Martapura,  ayah berangkat ke Sumatera selagi remaja untuk belajar menuntut ilmu agama .

Selagi kecil saya diboyong keluarga yang pindah dari perantuan Pulau Sumatera ke Pulau Kalimantan, wilayah nenek moyang, kemudian tinggal di Desa Inan, Kecamatan Paringin, dulu masih wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara yang kini dimekarkan menjadi wilayah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ini sengaja saya ceritakan, karena ibu saya punya saudara sembilan orang, hanya ibu  yang ada di Kalsel, selebihnya delapan orang berada di Sumatera    dan beranak cucu di berbagai wilayah di sana, seperti di Desa Sungai Ambat Kecamatan Enok,  Pekanbaru, Tembilahan, Sapat, Pulau Palas, Sungai Salak, Panglihan, Rengat, Tanjung Pinang dan Batam Kepulauan Riau, hingga ke Malaysia.

Sebagian  dari mereka (keluarga saya itu) tak pernah berhubungan lagi dengan saya , siapa tahu setelah membuka blog ini akan terjalin silaturahmi lagi.

Seusia remaja saya merantau ke ibukota Propinsi Kalsel, Banjarmasin bekerja apa saja sambil sekolah hingga menjadi seorang wartawan (jurnalis), lulusan  Lembaga Pendidikan Jurnalistik Kantor Berita Nasional “ANTARA”  (LPJA) Pasar Baru Jakarta.

Setelah lulus pendidikan itu, maka sejak tahun 1990 dinyatakan sebagai wartawan LKBN ANTARA dan ditugaskan di beberapa tempat, termasuk Jakarta dan terakhir di Banjarmasin,

Selain sebagai wartawan saya juga dipercaya menjadi pembawa acara “marotet” di televisi swasta (televisi borneo/TVB Banjarmasin)

Sekarang saya tinggal di Kompleks Mandiri Lestari Blok C-2 RT 37 No 43 Jalan Sultan Adam Banjarmasin,  Kalimantan Selatan  HP 0811503814

Cita-cita saya hanyalah berusaha menyenangkan sebanyak mungkin orang , makanya maksud pembuatan blog ini tak lain hanyalah memberikan informasi, memberikan hiburan, dan mudah-mudahan pula  ada unsur mendidiknya terhadap banyak orang.

Selain itu melalui blog ini diharapkan lebih banyak terjalin tali silaturahmi, tukar pikiran atau forum dialog, agar  bermanfaat bagi  kemaslahatan orang banyak. Tujuan lain yang lebih khusus  mengenalkan wilayahku Balangan, atau Kalsel agar wilayah ini lebih dikenal luas di dunia luar. terutama budayanya agar kebudayaan suku Banjar lebih  dikenali dan lestari.

Oleh karena itu pula bagi siapa saja silahkan gunakan blog ini, baik untuk referensi atau boleh dikutif  lagi memperkaya  blog orang lain,  atau pula dimuat kemedia massa cetak dan elektronika, asal tidak disalahgunakan dan harus pula ada manfaat bagi orang banyak, tapi pengutipan tidak lupa mencantumkan nama saya selaku penulis atau setidaknya mencamtumkan nama blog ini.

Maaf bila isi blog ini ada yang kurang  berkenan,  terimakasih   .

kami.jpg

keluarga

ayahanda Idris                             

Ayahanda Idris                              Ibunda Hj Hasanah

Maaf, foto keluarga th 70-an , saya terkecil didepan

——–

Proses rekaman acara merotet di TV B Banjarmasin

lantik

sempat beberapa tahun Kota cantik Palangka Raya, ibukota Provinsi Kalimantan tengah (Kalteng)

setelah dilantik menjadi Kepala Biro ANTARA Kalteng.

kini aku kembali ke kota Banjarmasin setelah dilantik menjadi Redaktur Senior LKBN Antara Biro Kalsel.

 

host

 

Menjadi host dalam dialog pada televisi lokal Banjar-TV Kota Banjarmasin

Acara-acara yang pernah aku bawakan

 

 

pesanku

Lakukanlah minimal satu kebaikan setiap hari, maka kamu akan menebarkan mukjizat di sekelilingmu, bila kamu lakukan hingga akhir hayatmu berapa besar kebaikan itu, seandainya dilakukan tiap orang penduduk 5-8 miliar di dunia ini, maka betapa bahagianya bumi ini.

kalimat-kalimat selalu kuingat

—————————

Biasakan sekecil apapun berbuat baik

Maka muncul sifat yang baik
Sifat baik melahirkan karakter yang baik
Bila karakter baik pasti peroleh nasib baik
Hidup berada di dua energi positip dan negatif
Berbuat tak baik berarti peroleh energi negatif
Berbuat baik berarti peroleh energi positif

Bila banyak energi negatif maka peroleh kehidupan yang negatif
Bila banyak energi positip maka peroleh kehidupan yang positip

Siapa yang sabar berarti ia berhasil menikmati hidup
Sabar bisa diartikan kemampuan menyatukan badan dan pikiran di satu tempat

Manusia bermakna, adalah manusia yang mampu memberikan manfaat bagi manusia-manusia lainnya

Manusia paling berbahagia, adalah manusia yang mampu menikmati apa yang ia miliki

Kebahagiaan tidak mungkin terjadi tanpa didukung oleh ketabahan.

Tak akan ada suatu keberhasilan tanpa adanya kegairahan

Pengalaman pahit dapat membuat seseorang menjadi bijaksana.

Tidak mudah menemukan kebahagiaan dalam diri kita. Namun, kita tidak perlu juga mencarinya pada orang lain.

Orang yang tidak puas terhadap orang lain selalu tidak puas terhadap dirinya sendiri.

Orang yang berani menghakimi dirinya sendiri adalah orang yang kian hari kian sempurna.

Jangan pernah bercita-cita menjadi orang sukses tapi berpikirlah untuk menjadi manusia yang bernilai.

Seringkali kita tidak sadar bahwa Surga ada di dalam diri kita sendiri

Kewajiban manusia yang utama adalah berbuat keadilan
Kita yakin jika Allah mengirim kita ke jalan yang berbatu-batu, maka Dia akan memberi kita sepatu yang kuat, dan Dia tidak akan mengirim kita untuk pergi ke mana pun tanpa memberi kita perlengkapan yang baik.

Hidup ini bagaikan melempar bola
bila bola dilempar kuat maka pantolannyapun akan kuat

bila bola dilempar lemah maka pantolannya juga lemah
bila banyak kebaikan yang kita buat maka pantolan kebaikan akan kuat
sebaliknya banyak kejahatan kita buat maka pantolan kejahatan kepada kita juga kuat

begitu juga bila  sedikit kebaikan kita buat maka pantolan kebaikan kepada kita juga sedikit

Kejahatan yang kita lempar sedikit maka kitapun akan sedikit menerima kejahatan itu.

SEJUMLAH TULISAN (STATUS) YANG AKU TERBITKAN DI FACEBOOK (FB) AKU

351- Bila ingin berhasil dalam hidup seharusnya tak membiarkan sedikitpun kesempatan untuk berlalu, sebab Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu dengan sia-sia.

350- Katanya, bila ingin bahagia satu jam silahkan tidur siang, ingin bahagia hari ini pergilah wisata,ingin bahagia satu minggu pergilah berlibur, ingin bahagia sebulan menikahlah, jika ingin bahagia satu tahun dapatkan warisan,jika ingin bahagia seumur hidup belajarlah menCINTAI pekerjaan………, bujur juakah lah

349- Ada yang mengatakan, jika kamu ingin benar-benar hidup, maka sudah selayaknya harus selalu bersedia membantu sesamamu, jika tidak maka kamu hanya bernafas saja

348- Kata seorang ustazd, Hanya orang-orang yang tahu persis bagaimana cara dia kelak mati saja yang mengerti bagaimana seharusnya hidup

347- Ada cerita seseorang yang kejatuhan kotoran seekor burung terbang di udara persis kena mukanya, ia tidak sedih dan berkata “untungnya sapi tak bisa terbang,”

346- Setiap saat dalam hidup telah memberikan sebuah pelajaran, namun kita seringkali tidak mengerti apa yang sebenarnya diinginkan dalam hidup itu sendiri.

345-Memaafkan adalah sebuah kebaikan. Segala yang bersumber dari kebaikan dan bertujuan untuk kebaikan, akan berujung kebahagiaan.

344- Janganlah meniru sifat korek api, korek api punya kepala tergesek sedikit langsung terbakar, kita juga punya kepala tapi punya otak, jangan hanya tergesek sedikit ikut-ikutan terbakar.

343- Kemauan yang membuat kita senang jika itu terwujud, tetapi kemauan bisa menyedihkan jika tidak terwujud, agar tidak menimbulkan kesedihan kenali dulu kemampuan kemauan tersebut.

342-Kemarahan adalah keadaan dimana lidah bekerja lebih cepat daripada pikiran, dan tindakan lebih cepat dari nurani, dan kemarahan pasti akan ada kemarahan lagi.

341-Hendaknya janganlah berbohong, adanya kebohongan akan muncul lagi kebohongan baru menutupi kebohongan terdahulu, dan jika kebohongan itu dikatakan berulang-ulang bisa menjadi sebuah pembenaran, bahayaaaa.

340-Yakinlah bahwa kamu lebih berani, lebih kuat dan lebih pintar dari yang kamu pikirkan.

339-Selamat pagi semuanya, pastikanlah mulai saat ini kita-kita menjadi bagian yang selalu menebarkan kebaikan di muka bumi ini.

338- Kadangkala kita itu susah sekali bersyukur, padahal enak saja berjalan dan bernapas, sebaliknya mudah sekali mengeluh padahal hanyalah kaki sedikit terinjak kotoran.

337-Jikalau kamu ingin seseorang percaya kepadamu, hal pertama yang harus dilakukan adalah bagaimana meyakinkan seseorang itu bahwa kamu orang baik.

336-Katanya sih, wanita yang cantik dalam kesederhanaannya adalah wanita cantik yang sesungguhnya.

335-Begitu terasa indah dan bahagia tatkala kedua pasangan mampu saling menerima apa yang sudah ada, dengan tidak saling menuntut untuk selalu sempurna.

334- Untuk kawan, tak usahlah bersedih bila terjadi akhir sebuah cerita,karena hal itu pasti akan ada cerita baru untukmu.

333-Kebahagiaan tidak meski disaat kita memiliki kesempurnaan, tetapi jika kita mampu menerima ketidaksempurnaan dengan tulus dan ikhlas, itu juga sebuah kebahagiaan

332-Jika kita berhasil mensyukuri apa yang sudah kita miliki tentu tak akan memiliki kecemasan memikirkan apa yang bukan kita miliki.

331-Apalah artinya sebuah egomu jika harus melahirkan begitu banyak perselisihan

330-Kurangilah berpikiran yang bukan urusan kita, untuk ketenangan jiwa

329- Benarkah bila menciptakan kebohongan sama saja dengan membangun sebuah penjara yang menyiksa, sementara kejujuran adalah sebuah istana kenikmatan.

328-Konflik terjadi karena diri sendiri merasa benar dan selalu mengatakan dia salah, berilah kesempatan untuk mengatakan boleh jadi dia benar, Insya Allah ada kedamaian.

327-Satu hal kesalahan besar yang sering kita lakukan dalam hidup ini yaitu selalu meminta pembenaran dari orang lain, padahal sebenarnya kita tahu saja jika kehendak kita itu adalah sebuah kesalahan.

326- Kuingatkan hai sobatku sebenarnya yang namanya hidup itu selalu maju kedepan, bukanlah mundur ke belakang, kalau tahu itu mengapa selalu mempersoalkan yang sudah berlalu, lupaaaaakan.

325-Hendaknya kita membiasakan setiap langkah pertama, nawaitunya adalah untuk kebaikan, insya allah dunia ini damai.

324-Kejujuran ternyata adalah sebuah kenikmatan bagaikan jalan yang mulus, dengan berdusta hidup jadi susah bagaikan jalan rusak, berjalan dengan banyak yang dihindari.

323-Sebenarnya orang lain adalah cermin, jika mereka baik terhadap kita berarti kita baik, sebaliknya jika mereka tidak baik bisa jadi memang kita yang tidak baik.

332-Tak terasa waktu terus berlalu, adakah yang sudah terpatri bagi kehidupan dunia dan kehidupan akhirat, met Nis’fu Sa Ban.

331-Cintailah kekasihmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi kekasihmu. (Ali bin Abi Thalib).

330-Untuk seseorang, merelakan kepergiannya bukan berarti kamu tak mencintainya, tetapi apakah kamu mau karenanya kamu terus terluka.

329- Hendaknya kita menghabiskan waktu dengan mereka yang mampu melahirkan senyuman, dan menjauhi mereka yang hanya bisa membuat hati kita gundah.

328-Manusia terbaik adalah yang selalu berusaha membuat orang lain senang.

327- Jalanilah kehidupan hari ini dengan menunjukan wajah berseri dan berkata lembut, itulah sebuah kebajikan.

326–Kalau kita selalu memikirkan permusuhan maka kita akan dimusuhi, begitu juga kalau kita selalu memikirkan kebencian maka kita akan pula dibenci, karena itu marilah kita selalu memikirkan kasih dan sayang kepada siapa pun maka kita pun akan selalu disayangi.

325-Janganlah menyakiti hati orang-orang yang menyanyangimu, kalau itu terjadi sama artinya mengubur diri sendiri.

324- Seharusnya kamu habiskanlah waktumu dengan mereka yang mampu membuat kamu tersenyum,karena dengan senyuman maka hari-hari yang dilalui selalu terasa indah.

323- Dalam hidup, semakin kita mampu memahami diri kita sendiri, maka semakin mengerti apa yg mungkin membuat orang lain tersakiti.

322- Bila kita merasa bahagia saat mengerjakan amal baik, dan merasakan kegelisahaan saat mengerjakan perbuatan buruk. Itu menandakan bahwa hati kita masih hidup.

321-Ada pesan, janganlah pernah kamu mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian bisa kamu peroleh.

320-Janganlah menolak perubahan hanya karena takut kehilangan yang sudah dimiliki, bila itu dilakukan berarti kamu meniadakan nilai yang bisa dicapai melalui perubahan itu.

319-Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat berharga. Memiliki waktu tidak menjadikan kita kaya, tetapi menggunakannya dengan baika dalah sumber dari semua kekayaan.

318-Jangan pernah lelah melakukan hal kecil tuk orang lain. Terkadang, hal kecil ini mampu berikan bahagia yang indah di hati mereka.

317-Hidup ini memang indah, tetapi akan lebih indah jika kita berhasil membuat orang di sekeliling yang kita sayangi bisa menikmati kebahagiaan.

316-Tuk seseorang, terlalu mahal mempertahankan dia yang ingin meninggalkan mu, biarlah berakhir, sebab tanpa akhir tak akan pernah ada awal baru yang mungkin lebih baik.

415-Kadangkala menangis itu diperlukan guna menjernihkan mata untuk melihat sebuah kebahagiaan kedepan.

314-Jika mecintai seseorang bukan karena siapa dirinya, tapi bagaimana diri kamu ketika bersamanya.

313- Menghadirkan kata-kata lembut dan pujian kepada orang disekitar anda, adalah awal investasi kebahagiaan

312-Pribadi yang baik bukan hanya pribadi yang berlaku baik, tetapi juga tak mudah diperlakukan tidak baik.

311-Sikap kebaikan hatilah yang akan mengangkat derajat dalam kehidupan ini, mulailah setiap langkah dengan nawaitu untuk kebaikan, Bismillahirahmanirahim…..

310-Semua ingin hidup senang, tapi mengapa kita sulit sekali memberikan kesenangan kepada orang lain (ustadz Jefrie Al Buchari)

309- Jalanilah kehidupan hari ini dengan menunjukan wajah berseri dan berkata lembut, itulah sebuah kebajikan.

308- Bunga yang indah seringkali tumbuh di atas tanah yang lembut, bukan di atas batu, begitu pula ilmu dan kebijaksanaan biasanya tumbuh dihati orang-orang yang rendah diri, bukan di hati orang-orang yang congkak dan keras hati.

307-Jangan pernah lelah melakukan kebaikan, meski hanya sesuatu yang kecil, sebab terkadang dengan yang hal kecil itulah sudah mampu memberikan bahagia di hati mereka.

306-Memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi seringkali tidak bisa dilakukan tanpa diucapkan.

305-Senyuman merupakan sesuatu hal yang kecil saja, tetapi dapat membuat hidup ini menjadi lebih indah dan mudah.

304-Tak perlulah berusaha sempurna untuk menggapai sebuah kebahagiaan, karena kebahagian sesungguhnya adalah ketika kamu melihat atau merasakan apapun secara sempurna.

303- Ternyata kesehatan itu sebuah kekayaan yang melebihi segalanya,karena itu marilah kita jaga kesehatan.

302-Hendaknya tak usah sesering itu menghitung kesulitan, bila itu dilakukan seakan kemudahan tak terasa.

301 – Seharusnya kamu habiskanlah waktumu dengan mereka yang mampu membuat kamu tersenyum,karena dengan senyuman maka hari-hari yang dilalui selalu terasa indah.

300-Tanamkan kepercayaan kepada siapapun, karena kepercayaan jauh lebih berharga daripada sekadar pujian.

299-Kadangkala lidah mengatakan sesuatu yang sebenarnya dari itulah ada nilai kesombongan, kebodohan, atau kecerdasan dan kebijaksanaan seseorang, maka hati2lah.

298-Untuk sahabat, pesanku perbedaan tak seharusnya membuatmu berpisah, karena seharusnya perbedaan menyadarkanmu bahwa kamu dan dia saling membutuhkan.

297-Terkadang, bukan kenangan buruk bersama seseorang yang membuat terluka, tetapi justru kenangan indah bersamanya yang tak bisa terlupakan.

296-Apapun yang dilakukan secara baik dan jujur akan memperoleh kepercayaan, hal itu jauh lebih berharga daripada sekadar pujian.

295 -Hendaknya jangan selalu mengharap balasan atau penghargaan dari orang lain atas setiap kebaikan yang dilakukan, karena itu hanya akan menghasilkan kekecewaan.

294-Terkadang kala sebuah senyuman hanyalah jelmaan dari air mata yang terlihat kepermukaan.

293 -Taburlah sebanyak mungkin benih-benih kebaikan. dengan demikian buahnya akan sangat mendamaikan.

292- Sebaiknya dalam berusaha, cari lah cara yg ‘halal’. Bukan ‘menghalalkan’ berbagai cara.

291- Nasehat untuk seseorang, mengapa masih bertahan, jika sebenarnya kamu tak dibutuhkan, dan tinggalkan, maka kamu akan menemukan kebahagiaan.

290- Katatanya sih, jika kerisauan bertambah, kebijaksanaan akan berkurang, sebaliknya jika kerisauan berkurang, maka kebijaksanaanlah yang akan bertambah.

289-Sebaiknya janganlah jalani hidup ini dengan perasaan benci, sebab bila itu terjadi jangan salahkan jika dihatimu selalu terasa sakit.

288- Seandainya apa yang kamu cari belum kamu dapati, sebaiknya periksa kembali apa yang dicari itu, sebab apa yang kamu lihat tergantung dari apa yg kamu cari.

287- Gampang bila ingin melihat kebaikan diri kita, bila orang sekeliling baik terhadap kita berarti kita baik, bila sekiling tak baik berarrti pribadi kita tak baik.

286- Mengapa seringkali kita terjebak dengan selalu menggunakan sikap dan perilaku orang gagal, padahal tujuan hidup kita adalah menggapai sebuah impian.

285- Senyum adalah anugrah bagi setiap manusia yang memiliki cahaya kebaikan, senyum membawa kedamaian bagi sekelilingnya, marilah memulai hari-hari yang kita lalui dengan sebuah senyuman.

284- Bunga yang indah seringkali tumbuh di atas tanah yang lembut, bukan di atas batu, begitu pula ilmu dan kebijaksanaan biasanya tumbuh dihati orang-orang yang rendah diri, bukan di hati orang-orang yang congkak dan keras hati.

283-Apapun yang terjadi, Tuhan punya rencana besar untuk kamu. Percayalah, Dia tak akan membuat kamu terus terluka, segalanya akan berakhir dengan keindahan. Amien 3.

282- Sebenarnya dalam hidup, semakin kita mampu memahami apa yang terjadi di dalam diri kita sendiri, maka sebenarnya kita kian mampu pula untuk mengolah kehidupan ini agar tidak membuat orang lain, khususnya yang terdekat tersakiti.

281-Aku akui aku begitu sedih bila melihat kamu sedih, karena itu aku sebisanya berbuat apa aja agar kamu tak sedih

280-Mencinta adalah membahagiakan satu sama lain, bukan menuntut satu pihak untuk tidak berbuat yang menyakitkan, sementara diri sendiri secara egois melakukan sesuatu yang tak pernah memikirkan pihak lain.

279-Ku peringatkan saja, janganlah sekali-kali menganggap sempurna suatu inspirasi kalbu yang buahnya belum kau ketahui,karena itu jangan terlalu menggeluti itu.

278-Jika ingin mengangkat derajat dan martabat diri kita cobalah dengan jalan selalu mengangkat derajat dan martabat orang lain pula.

277-Egois, sebuah individu yang melihat persoalan dari sisinya sendiri,sehingga dialah yang paling benar, seandainya mau melihat sedikit saja dari sisi orang lain, terutama orang yang terdekat, mungkin baru tahu kalau tindakan itu salah.

276-Dalam cinta dan kasih sayang tak usahlah dicari karena bila dicari sulit untuk ketemu, tetapi jika menciptakannya sebagai yang pantas dicintai dan disayangi maka cinta dan kasih sayang akan mengelilingi.

275- Aku menyerah bukan berarti aku lemah, terkadang aku harus menyerah untuk mewujudkan demi kebaikan.

274- Maaf, jika aku sering membawa kamu ke dalam suasana kesederhanaan, tapi kesederhaan yang disyukuri bersama, menurut aku itulah kenikmatan dan kebahagiaan.

273-Aku ingatkan saja, bila ternyata hal-hal sepele saja telah berhasil membuat kamu tidak suka, jangan harapkan kamu bisa menikmati kebahagiaan dalam hidup ini.

-272″Terserah,” sebuah kata sejuta makna, seakan ketidakberdayaan, keputusasaan, keraguraguan, kebingungan, tapi juga seakan sebuah kata tantangan, melawan, bahkan bentuk penolakan mengapa harus keluar dari mulut kamu,…. asyik juga lah senetron tuh.

271-Selamat pagi semua, apa saja yang ingin kita kerjakan hari ini hendaknya didasari dari pertimbangan hati nurani, bila nawaitunya baik Insya Allah hasilnya pasti baik,amien.

270-Percaya saja, kamu tak bakal temukan sebuah kebahagian jika kamu terus dibertahan di sebuah tempat dimana kamu pernah luka.

269-Apa sih yang sebenarnya yang kamu cari seakan waktu kamu habis hanya untuk itu, jangan-jangan yang kamu cari itu sebenarnya sudah ada dipangkuan kamu, cuma kamu belum mampu merasakannya saja.

268- Hendaknya kamu janganlah berubah hanya karena ada yang tak menyukai kamu. tetaplah jadi diri kamu sendiri, karena akan selalu ada seseorang yang menyayangi kamu apa adanya.

267-Sekian lama kita merajut talitemali ini, tetapi jangankan terlihat ujungnya, bayang bayangnya saja tak tak tampak, apa harus kita biarkan tali temali seperti ini, atau kita hancurkan saja, wayuu….. he he he he lebay.

266-Kuakui ku sulit membaca fikiran kamu, apakah ada sesuatu dihati kamu.

265- Dalam hidup, terlalu singkat hanya untuk mencemaskan hal-hal kecil. Nikmati saja apa yang kamu miliki hari ini itu kebahagiaan, bukan apa yang mungkin kamu miliki esok hari.

264-Dikala ada tingkah dan tindakan seseorang yang membuat hati kamu terkuka, janganlah terlalu bersedih, karena tuhan selalu menitpkan sebuah penyembuh buat kamu.

263-Dalam hidup ini, memang kita susah membangun citra diri kita yang terbaik bagi semua orang, namun setidaknya kita berusaha membangun sebuah citra terbaik untuk orang-orang sekitar kita terutama yang paling kita dicintai.

262- Hai kawan aku,marilah kita belajar untuk selalu berpikir yang besar, tapi mencoba berlatihlah untuk bahagia dengan hal-hal keci.

261-Kadangkala kita tak menyadari bahwa kesalahan yang paling buruk dalam hidup kita adalah dengan terlalu sibuk mengamati dan mengurusi kesalahan orang lain.

260-Jangan sekali-kali kita meremehkan sesuatu perbuatan yang baik walaupun hanya seuntai kata dan sebuah senyuman.

259- Kesulitan hidup membuat kita banyak berpikir, berpikir membuat kita lebih bijaksana , kebijaksanaan membuat kita lebih bisa bertahan dalam hidup.

258-Janganlah kamu merasa terlalu bersedih dikala merasa hidup kamu tidak bahagia dalam menjalahi kehidupan ini, siapa tahu dari semua itu ada seseorang atau bahkan banyak orang merasa bahagia karena ada kamu.

257-Katanya sih,cinta bak setitis embun turun dari langit, bening dan bersih, bila jatuh kelahan tandus berubah menjadi kedurjanaan, tapi bila jatuh kelahan subur berubah menjadi sebuah kesucian hati.

256-Kadangkala orang yang paling kita rindukan adalah orang yang sering membuat hidup kita tak begitu banyak sedih jika tanpa kehadiran dirinya.

255-Dalam hidup, seharusnya jangan pernah melakukan sesuatu yang menyenangkan, kalau hal itu tahu pada ujung-ujungnya hanya memberimu sebuah kesedihan.

254-Janganlah pernah kamu berikan harapan jika kamu tak mampu memenuhinya. Lebih baik jujur meski pilu.

253- Jika kamu benar-benar ingin bahagia sebaiknya sekecil apapun masalahmu harus diselesaikan, karena mana mungkin kamu memperoleh kebahagiaan jika masih adanya persoalan dalam hidupmu.

252-Percayalah, kamu akan mempunyai banyak sahabat jika kamu meminati kawan-kawan kamu, bukannya menuntut kawan-kawan kamu meminati kamu.

251-Hai kawanku, kalau kamu benar ingin bahagia, jangan biarkanlah masa lalu mengusikmu. Kamu boleh melihat ke belakang, namun jangan membawanya kembali!

250-Untuk mencari sebuah kebahagiaan temukanlah dia yang tidak takut mengakui bahwa dia merindukan dirimu, serta selalu memperlakukan kamu sebagai seorang yang sempurna, padahal dia tahu bahwa kamu tidak sempurna.

249-Doaku hari ini: Ya Tuhan, terima kasih atas semua yang telah Kau berikan, maaf jika perkataan dan perbuatanku belum sesuai dengan engkau harapankan, karena aku tetap berusaha menjadi yang terbaik.

248-Hidup ini memang indah dan akan lebih indah lagi jika kita berhasil membuat orang -orang sekeliling kita berbahagia.

247-Sebenarnya kita ini diberi kenikmatan oleh yang di atas lebih dari cukup, semakin disyukuri nikmat itu kian nikmat rasanya, tetapi bila sering dikeluhkan kenikmatan itu seakan tak berarti apa-apa.

246-Mereka yang berbahagia bukanlah mereka yang hidup tanpa masalah, melainkani mereka yang terampil mengelola setiap masalah menjadi sebuah hikmah.

245-Ketimbang terus memikirkan hal buruk yang telah lalu atau yang mungkin terjadi dalam kehidupan kamu, lebih baiklah terus bersyukur terhadap hal -hal yang indah dan baik yang telah banyak menghiasi hari-hari kamu.

244-Katanya sih senyum adalah cara untuk menyelesaikan banyak masalah, dan diam adalah cara untuk menghindari banyak masalah.

243-Selamat pagi semua, taburkanlah sebanyakmungkin benih-benih kebaikan dalam hari-hari yang kita jalani, bila hal itu dilakukan sudah dipastikan akan memproduksi buah kebahagian dan kedamaian.

242-Berduka dan menyesali masa lalu tak kan pernah mampu mengubah keadaan. Hanya bergerak, melangkah dan berbuatlah yang bisa menggantikan kedukaan menjadi sebuah kebahagiaan.

241- Kadangkala dalam hidup kita dihinggapi perasaan kesepian yang mendalam, artinya kita disuruh oleh yang di atas untuk selalu menjunjung tinggi dan menghargai indahnya kebersamaan.

240-Seandainya pendapat kamu tak didengar atau tak dihiraukan orang lain berarti kamu harus belajar lagi tentang bagaimana cara menghargai orang lain.

239-Hai kawanku, kalau kamu benar ingin bahagia, jangan biarkanlah masa lalu mengusikmu. Kamu boleh melihat ke belakang, namun jangan membawanya kembali!

238-Mengapa kita meski terus memikirkan hal-hal yang buruk yang pernah terjadi dalam hidup kita, lebih baik kita bersyukur dan menikmati hal-hal yang indah yang sering pula menghiasi hidup kita.

237- Kata orang bijak janganlah kamu mengeluh tentang harimu, mungkin saja setiap harimu selalu kurang baik, tetapi percayalah pasti ada yang terbaik dalam setiap harimu yang kamu lalui.

236-Selamat pagi, selamat di hari minggu, kembali mengingatkan saja bahwa Tuhan tidak pernah membiarkan hambanya selalu terlarut dalam kesedihan, pasti ada rencana Tuhan yang indah guna membayar semua linangan air mata itu.

235- Yang namanya mencintai itu bukanlah yang berusaha mengubah kamu, tetapi adalah yang berhasil menerima kamu dan bersedia tumbuh dewasa bersama dengan kamu.

234-Untuk mencari sebuah kebahagiaan temukanlah dia yang tidak takut mengakui bahwa dia merindukan dirimu, serta selalu memperlakukan kamu sebagai seorang yang sempurna, padahal dia tahu bahwa kamu tidak sempurna.

233-Kadangkala kita ini selalu merindukan apa yang belum kita miliki. Tapi sebenarnya jika kita mensyukuri apalagi mencintai apa yang sudah kita punyai maka sebenarnya kita tak perlu yang lainnya.

232-Komentar untuk seseorang, mungkin saja saat hubungan kalian berdua berakhir, bukan lantaran kalian berhenti saling mencintai. melainkan hanya ingin berhenti saling menyakiti.

231-Nasehat untuk seseorang , janganlah kamu terus tangisi dia yang telah meninggalkanmu, karena suatu saat ada seseorang yang akan berterimakasih padanya, karena telah melepaskanmu.

230-Satu hormon yang membuat badan jadi sehat di dalam tubuh akan terproduksi sendiri di kala hati kita sedang mood, kapan hormon itu lebih besar terperoduksi, ternyata hasil penelian adalah saat bercinta, benar kah ?

229-Mengingatkan saja, saling mencintai artinya membahagiakan satu sama lain, bukan menuntut satu pihak untuk membahagiakan pihak lain.

228-Jikalau ada seseorang yang menurut kamu istimewa di hatimu, namun tak mampu mencintai dirimu ketika kamu menjadi dirimu sendiri, maka sebenarnya dia tidaklah istimewa bagimu.

227-Kalau menurut kamu memang harus kamu dilepaskan, lepaskankanlah, tetapi itu bukan lantaran tidak cinta, melainkan semata untuk dirimu sendiri, yang selama ini dibiarkan terus terluka.

226-Ketika dia pergi memberimu seratus alasan untuk menangis, tunjukkan padanya bahwa kamu punya seribu alasan untuk bisa tersenyum.

225-Katanya sih bagi seseorang yang selalu ingin melihat kebaikan dalam setiap hal berarti memiliki pikiran yang baik, dan yang memiliki pikiran baik seperti ini biasa selalu memperoleh kenikmatan hidup, moga kita seperti itu, amien 2x.

224-Katanya sih kalau kita tak mampu menjadi sebuah pensil untuk menuliskan kebahagiaan terhadap orang lain, setidaknya bisa menjadi penghapus untuk menghiangkan kesedihannya.

223-Jika kita melihat ada sesuatu yang salah, mungkin saja kesalahan itu bukan pada apa telah kita lihat, tetapi kesalahannya dari bagaimana cara kita melihatnya.

222- Memang yang selalu bernilai dan berharga itu tidak meski harus materi, namun kadangkala sebuah pengertian dan kesetiaan lebih bernilai ketimbang segalanya.

221-Sebenarnya kita ini diberi kenikmatan oleh yang di atas lebih dari cukup, semakin disyukuri nikmat itu kian nikmat rasanya, tetapi bila sering dikeluhkan kenikmatan itu seakan tak berarti apa-apa.

220-Dalam menjalani hidup ini sebaiknya janganlah terbersit sedikitpun untuk meremehkan seseorang, siapa tahu orang yang diremehkan itu justru nantinya menjadi orang yang paling dibutuhkan.

219-Satu hal kesalahan besar yang sering kita lakukan dalam hidup ini yaitu selalu meminta pembenaran dari orang lain, padahal sebenarnya kita tahu saja jika kehendak kita itu adalah sebuah kesalahan.

218-Terkadang kita itu tak perlu malu untuk menangis guna membersihkan mata kita agar lebih jernih, hingga bisa melihat dan menikmati sebuah kebahagiaan kedepan.

217-Untuk seseorang, janganlah kamu bandingkan orang yang mencintaimu sekarang ini dengan masa lalu kamu, bila kamu bisa menghargai yang sekarang maka itulah kebahagian kamu.

216-Ada nasehat jika kamu ingin disayangi, dihargai, atau pun dihormati oleh siapapun maka lakukanlah hal itu sekarang kepada siapapun, jangan tunggu siapapun melakukan terlebih dahulu kepada kamu.

215-Jangan engkau hindari setiap momen dalam kehidupan ini, tetapi bagaimana engkau bisa menghargai serta menikmati setiap momen itu, agar engkau jangan menyesal bila semua itu hanya tinggal kenangan.

214-Satu hal yang paling buruk dalam kehidupan ini adalah selalu mencari-cari dan mempersoalkan keburukan orang lain.

213-Sebenarnya orang yang pantas kita tangisi tidak bakalan membuat kita menangis, tetapi seharusnya orang yang bisa membuat kita menangis tidak pantas kita tangisi, namun karena kita ini manusia biasa kadangkala walau sudah tahu itu tetap saja kita menangis.

212-Doaku hari ini: Ya Tuhan, terima kasih atas semua yang telah Kau berikan, maaf jika perkataan dan perbuatanku belum sesuai dengan engkau harapankan, karena aku tetap berusaha menjadi yang terbaik.

211- Memang benar dalam menjalani kehidupan ini diibaratkan bagai naik sepeda,agar tidak terjatuh kita harus terus bergerak dan mengayuh karena itu marilah kita terus bergerak dan mengayuh.

210-Berlakukanlah setiap orang lain dengan sebuah kebaikan hatimu, dengan begitu nilai penghargaan yang akan diterima bukan dari siapa orang lain melainkan siapa dirimu.

209-Marilah kita berlomba menjadi manusia terbaik dimuka bumi ini dengan selalu membuat orang lain tersenyum di setiap apa yang kita bisa kerjakan.

208-Selamat pagi, selamat berhari Minggu dan moga kamu tetap tersenyum hari ini, siapa tahu dari senyuman kamu itu ada seseorang yang merasa hidupnya paling bahagia di hari ini.

207- Cara terbaik menjalin hubungan dengan siapapun adalah janganlah menambah duka seseorang jikalau kita tak sanggup menghadiahkan sebuah kebahagiaan.

206-Satu hal yang perlu kita ingat dalam hidup ini, jika kita tak ingin dirugikan, disakiti, direndahkan, ataupun di jelek-jelekan, maka alangkah baiknya jika kita tidak melakukan hal-hal semacam itu kepada siapapun.

205- Memang seharusnya kita ini menyadari bahwa, segala sesuatu dalam kehidupan tak meski harus sempurna guna meraih kebahagiaan, karena kesempurnaan hanya pada tuhan, dan apa yang kita mau belum tentu apa yang mau tuhan inginkan.

204-Jangan pernah menyesali apapun yang sudah kamu lakukan dengan keikhlasan hati, sesuatu yang datang dari sebuah keikhlasan hati akan selalu berarti dikemudian hari.

203-Janganlah pernah lelah mempersembahkan sekecil apapun untuk kebaikan terhadap orang lain, sebab dari hal-hal kecil itulah bisa menciptakan kebahagiaan yang besar dihati kita.

202-Salah satu penyebab kita kurang bahagia dalam hidup, karena seringkali lupa apa yang sudah kita miliki, tetapi sering kali ingat apa yang sudah orang lain punyai.

201-Marilah kita terus memupuk pikiran- pikiran dalam hal sekecil apapun yang bisa melahirkan kebaikan, sebab pemilik pikiran yangg baik dipastikan memperoleh kenikmatan hidup.

200- Alangkah indahnya hidup ini jika setiap menit waktu yang kita habiskan menjadi sangat berarti bagi diri kita maupun orang lain dan menjadikan setiap perbuatan terus melahirkan sebuah kebahagiaan sesamanya.

199-Doa aku hari in, ya Tuhan, jauhkankanlah jiwa ini dari perasaan sedih, dan ijinkan aku menjadi pribadi yang selalu memiliki keinginan untuk terus berubah menuju kebaikan-Mu.

198-Hidup ini memang indah dan akan lebih indah lagi jika kita berhasil membuat orang -orang sekeliling kita berbahagia.

197-Sebenarnya kita ini diberi kenikmatan oleh yang di atas lebih dari cukup, semakin disyukuri nikmat itu kian nikmat rasanya, tetapi bila sering dikeluhkan kenikmatan itu seakan tak berarti apa-apa.

196-Seharusnya kita ini memiliki sebuah hati yang tak pernah membenci, memiliki perkataan yang tak pernah menyakiti, dan memiliki sebuah kasih sayang yang tak pernah ingin berakhir.

195-Walaupun kita tidak tahu bagaimana keadaan untuk hari esok, tetapi hendaknya kita selalu berusaha dan berbuat sebaik-baiknya, setidaknya untuk kebahagiaan hari ini.

194-Benarkah pria sering kali kehilangan wanita yang dicintainya, lantaran pria tak pernah mau belajar menghargai perasaan wanitanya.

193-Seandainya kamu menangis hari ini boleh jadi tangisan kamu itu hanya membasahi mata kamu agar lebih jernih untuk melihat kebahagiaan yang lebih baik di hari esok.

192-Hai kawanku,Janganlah kamu terus tangisi dia yg telah pergi, tetapi sebaliknya kamu tersenyumlah, mungkin dia telah memberimu kesempatan untuk bertemu seseorang yang lebih baik lagi.

191-Hai kawanku, aku lihat kau begitu lelah menoleh kebelakang, hentikanlah itu tataplah didepanmu karena masa depanmu ada di depan bukan dibelakang, kalau kalu masih sering menoleh kebelakang kau pasti akan tertabrak.

190-Kadangkala kita ini aneh terlalu sering melihat kebahagiaan itu bagaikan melihat sebuah pelangi yang terlalu indah bila berada di atas kepala orang lain.

189-Malam pergantian tahun sebuah penomena kontradiktif, seharusnya usia kita berkurang mengapa kita meski tiup terompet, nyalakan kembang api, dan hura-hura.

188-Hendaknya kita tak usahlah meremahkan apalagi menghina sesuatu yang dianggap kecil, karena jarum yang kecil saja kadang-kadang bisa menumpahkan darah

187-Berbagai kesulitan hidup janganlah terlalu kamu ratapi, kalau perlu kamu syukuri, karena kesulitan semacam itu bisa melahirkan berbagai kreatifitas hidup yang hasilnya bisa lebih baik dari apa yang kamu bayangkan.

186-Doa yang terbaik hari ini: Tuhan, mudahkan segala urusan aku hari ini, agar aku bisa melakukan apa saja, yang kesemuanya mengarah kepada kebaikan.

185-Hanya tiga hal yang membuat hubungan dengan pasangan, teman,dan kekekarabatan langgeng yaitu kejujuran, komitmen, serta pengertian.

184-Kebahagian itu sebenarnya bukan diukur dari seberapa banyak yang sudah kita miliki, tetapi kebahagiaan diukur dari seberapa banyak yang sudah kita syukuri dari apa yang sudah kita miliki.

183–Dalam menjalani hidup ini sebaiknya janganlah terbersit sedikitpun untuk meremehkan seseorang, siapa tahu orang yang diremehkan itu justru nantinya menjadi orang yang paling dibutuhkan

182-Salah satu cara agar kita selalu bisa ikhlas dalam menjalani kehidupan ini dengan cara apapun yang kita dikerjakan jangan dianggap sebuah beban, tapi anggaplah sebuah hiburan.

181-Kadangkala bukan lantaran kenangan buruk yang membuat kita bisa bersedih, tetapi bisa saja kesedihan kita muncul lantaran kenangan indah yang pernah kita alami tetapi tak mungkin bisa terulang lagi

180– Bila setiap perbuatan sekecil apapun yang kamu lakukan selalu mampu membahagiakan dirimu dan orang lain, maka itu adalah sikap yang mencerminkan kepribadian yang sangat mulia.

179–Kalau kita selalu memikirkan permusuhan maka kita akan dimusuhi, begitu juga kalau kita selalu memikirkan kebencian maka kita akan pula dibenci, karena itu marilah kita selalu memikirkan kasih dan sayang kepada siapa pun maka kita pun akan selalu disayangi

178- Janganlah kamu menyesali apa yang sudah kamu ungkapkan dalam perasaan. Karena jika kamu menyesali berarti sama saja kamu menyesali sebuah kebenaran.

177- Menghadiahkan hal-hal kecil seperti pujian kepada orang lain di sekitar anda adalah awal investasi bagi kebahagiaan anda dikemudian hari.

176-Sesungguhnya waktu itu adalah kehidupan, kehidupan adalah waktu, sejauhmana menghargai waktu, berarti sejauh itu pula menghargai kehidupan, barang siapa menghargai waktu maka dialah orang yang beruntung.

175- Dalam hidup, semakin kita mampu memahami diri kita sendiri, maka semakin mengerti apa yg mungkin membuat orang lain tersakiti.

174-Persahabatan yang didasari oleh sebuah keikhlasan hati dan lembaran kasih sayang, akan melahirkan keabadian dalam kebersamaan.

173-Katanya sih, sahabat itu bagaikan bintang, walau jauh dia bercahaya, meski kadang menghilang dia tetap ada, tak mungkin dimiliki tapi tak bisa dilupakan.

172- Hidup yang kita jalani ini memang cukup berat, tetapi akan terasa ringan dan indah bila hari-hari yang kita lalui itu diwarnai dengan kebaikan-kebaikan, sebab orang lainpun selalu membalasnya dengan kebaikan pula.

171-Janganlah pernah lelah memberikan sesuatu kepada orang lain, walau hanya secuil, siapa tahu dari hal-hal yang secuil itu telah melahirkan kebahagiaan yang luar biasa.

170–Bila kita menjalani kehidupan ini penuh dengan perasaan bersyukur itu sudah merupakan sebuah kebajikan yang terbesar, bahkan akan menjadi induk dari segala kebajikan-kebajikan yang lainnya.

169-Jangan peduli siapa yang memberikan nasihat, kalau nasehat itu baik manfaatkanlah, karena telur aja keluar dari lokasi kurang baik, tetapi karena enak dan bermanfaat maka juga tetap digunakan

168-Sebaiknya dalam menjalani hidup ini kita harus belajar untuk berpikir hal yang besar, tetapi berlatih untuk bahagia dengan hal-hal yang kecil

167-Orang yang selalu bertindak hati-hati tidak mungkin meminum racun, meskipun ia sendiri sudah punya penawarnya

166-Dalam menata kehidupan ini biarkanlah Imajinasi kita terus bergerak maju, tetapi jangan sampai akhlak kita bergerak mundur

165-Sesuatu keburukan bukanlah untuk diperbaiki namun harus dihilangkan, tetapi kekurangan bukanlah untuk dihilangkan namun untuk diperbaiki

164-Agar hubungan kita dengan orang lain langgeng sebaiknya janganlah melupakan kebaikan-kebaikan kecil tetapi jangan pula selalu mengingat-ingat kesalahan-kesalahan kecil

163-Kadangkala hidup kita ini rada aneh, terlalu sering meratapi dan mendambakan apa yang belum kita capai, dengan melupakan dan saakan tak pernah mensyukuri apa yang sudah kita peroleh

162- Kadangkala kita ini terlalu banyak mengolah rencana, tetapi terlalu sedikit untuk berfikir

161–Janganlah kita merasa mampu sendiri, karena matahari sebesar itupun masih minta bantuan rembulan agar bisa menerangi bumi

160-Kata-kata yang lembut akan mampu melembutkan sebuah hati yang keras sebaliknya kata-kata kasar bisa pula mengubah hati yang lembut menjelma menjadi hati yang kasar, maka hati-hatilah berkata-kata.

159-Upayakanlah menjadi orang yang selalu terlebih dahulu mengucapkan sapa dan salam bila ketemu siapapun, jabatlah tangan, jangan lepas tangan sebelum orang lain melepaskanya, nikmatilah menjadi penebar kebaikan dan kebahagiaan bagai matahari yang selalu memancarkan sinarnya.

158-Tak usah kikirlah untuk tersenyum, karena sebuah senyuman yang tulus terkadang mampu menyentuh lubuk hati siapa pun, bisa meredam kemarahan, mencairkan kebekuan, dan menghangatkan suasana, senyum tak mungkin dimiliki orang yang keji, sombong, angkuh, oleh sebab itu jadikan hari-hari kita dengan hiasan senyuman.

157-Cobalah jangan kau pikirkan dan pedulikan apa yang sudah kamu lakukan terhadap kebaikan kepada orang lain, pasti orang lain akan berfikir apa yang sudah kamu lakukan atas kebaikan itu.

156-Perasaan wanita sangat peka dengan selalu mengutamakan perasaannya, saat ada permasalahan dan hati sedang galau air mata wanita pun tertumpah, bukan karena cenggeng, tapi dengan air mata itulah wanita menumpahkan segala rasa, benarkah ?

155-Janganlah bersedih bila menghadapi kesusahan, sebab biasanya sebuah kesusahan akan berakhir dengan sebuah kegembiraan, bak gelap malam yang paling pekat pun pasti akan menjemput pagi yang menyenangkan

154- -Ingatlah bahwa keberuntungan itu bukan diukur dari seberapa banyak apa yang sudah kamu peroleh tetapi keberuntungan bisa dilihat dari seberapa banyak apa yang sudah bermanfaat bagi dirimu dan orang lain.

153-Jadikanlah diri kita sebagai seorang yang pemaaf yang tulus terhadap kekurangan dan kesalahan orang lain, karena dengan cara itu kita telah mengangkat citra dan derajat diri kita sendiri.

152-Hal besar biasanya hanya dimulai dari sebuah impian, maka tanamlah impian itu agar berbuah pada pohon yang rindang hingga mampu menaungi banyak orang

151-Lakukanlah minimal satu kebaikan setiap hari, maka kamu akan menebarkan mukjizat di sekelilingmu, bila kamu lakukan hingga akhir hayatmu berapa besar kebaikan itu, seandainya dilakukan tiap orang penduduk 5-8 miliar di dunia ini, maka betapa bahagianya bumi ini.

150-Kata ulama, ada dua nikmat yg kurang dimanfaatkan dengan baik oleh kita, padahal kedua nikmat itu bila dimanfaatkan dengan baik bukan saja menyelamatkan kita di dunia tetapi juga di akhirat, yakni nikmat sehat dan nikmat waktu

149-Pastikan hari ini kamu tetap berpuasa, karena bila tetap berpuasa sudah dipastikan akan menemukan kenikmatan yg luar biasa, yakni nikmat saat tegukan air pertama buka puasa, bila kamu tak berpuasa jangan berharap memperoleh kenikmatan itu

148-Kata ulama, berpuasa melatih manusia untuk berlaku jujur, karena dalam ibadah puasa tidak ada unsur ria atau ibadah untuk dilihat orang, seorang itu berpuasa atau tidak, tak ada orang lain yg tahu, kecuali hanya dirinya sendiri

147-kata ulama, di antara syahwat besar yang dapat menyesatkan manusia adalah syahwat perut dan kemaluan. Puasa membiasakan jiwa mengendalikan kedua syahwat tersebut.

146-Kata Ustadz Maulana, apalah artinya kebahagiaan kalau kebahagiaan itu diraih dengan memunculkan perasaan sakit hati dipihak lain, apalagi kalau sudah mengorbankan perasaan orang tua

145-Untuk memperoleh kasih sayang, jangan menuntut agar kita disayangi, tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada siapapun tanpa mengharapkan balasan

144-Menurut Ustadz Nur Maulana,kemuliaan atau kualitas seseorang manusia bisa dilihat dari tingkat kesabarannya, dimana selalu tahan menerima berbagai ujian, “ulul azmi”

143-Banyak ungkapan mengenai lidah, lidah buaya, bersilat lidah, lidah ta bertulang dan lainnya, begitu pentingnya soal lidah, karena itu jagalah lidahmu karena lidahmu menggambarkan siapa dirimu

142-Untuk memperoleh kasih sayang, jangan menuntut agar kita disayangi, tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada siapapun tanpa mengharapkan balasan

141-Sekemilaunya sebuah batu berlian tak terlepas dari gosokan dan gesekan sebelumnya, begitu juga seorang manusia disempurnakan dengan cobaan hidup

140-Berikanlah kasih sayangmu kepada mereka yang telah terpilih untuk kamu sayangi sebelum waktu terus berlalu

139-Kebahagiaan akan tumbuh dan berkembang bila kita mampu menyebarkan benih kebaikan kepada sebanyak mungkin orang

138-Apalah artinya sebuah kehormatan dan kekayaan jika harus mengorbankan ketentraman dalam kehidupan

137-Untuk mengurangi gangguan stress sebaiknya kita jangan terlalu berharap kepada siapa pun.

136-Lebih baik memperbaiki sebuah lantera agar bisa dinyalakan ketimbang harus meratapi dan mengutuk kegelapan

135-Kata ustadz Maulana, kita lahir tak membawa apa2 dan matipun tak membawa apa2, hanyalah hidup dengan kejujuran lah yang bisa membawa kita kesurga

134-Kata ustadz maulana, hendaknya kita tak akan pernah menyesal tidak melakukan sesuatu untuk sebuah kebaikan, terutama yang mendatangkan pahala, selamat menghadapi Nisfu Sa’ban

133-Kata ustadz Maulana, harta tidak bisa mendoakan kita, sementara keluarga bisa mendoakan kita, tetapi kenapa gara2 harta kita harus pecah berkeluarga

132-Kata Ustadz Maulana, jangan pernah kita meratapi, menyesali, atau menyalahkan takdir, tetapi bagaimana kita lapang dada menerima takdir lalu mengolahnya, karena takdir sudah ada yang mengaturnya

131-Kata Ustadz Nur Maulana, boleh saja kita menumpuk harta sebanyaknya, tetapi bagaimana harta itu dikelola agar sebanyak mungkin orang bisa tersenyum

130-Kata ustadz Nur Maulana, tak boleh terbayangkan sedikitpun untuk meremehkan kaum perempuan, khususnya ibu, karena setetes air susu ibu tak bisa dibalas walau dengan seisi dunia sekalipun

129-Kata ustadz Nur Maulana, bila kita mampu mensyukuri nikmat-nikmat khususnya nikmat membaca maka kita akan menjadi insan Best of the Best

128-Kata Ustadz Maulana, nama bukan hanya sebutan dan panggilan tapi bisa berupa doa, oleh karena itu sudahkah kita bertindak dan bertingkah guna mengangkat derajat dan kemuliaan sesuai nama yang kita sandang

127-Kata Ustadz Nur Maulana, kematian itu pasti datang, tetapi seseorang baru akan benar-benar mati, jika ia dilupakan oleh orang.

126-Kata Ustadz Nur Maulana, janganlah menyalahkan siapa-siapa bila kita terserang penyakit, siapa tahu adanya penyakit merupakan teguran agar kita sadar betapa pentingnya sehat, dan ingat kepada yg di atas

125-Sehebat2-nya perjalanan saeorang pengeliling dunia pasti diawali dengan satu langkah. karena itu untuk mencapai keinginan segeranya awalai dengan satu langkah

124-Berikanlah kasih sayangmu kepada mereka yang telah terpilih untuk kamu sayangi sebelum waktu terus berlalu

123-Sekemilaunya sebuah batu berlian tak terlepas dari gosokan dan gesekan sebelumnya, begitu juga seorang manusia disempurnakan dengan cobaan hidup

122-Untuk sebuah kebahagiaan tidak mesti harus memiliki hal yang terbaik, tetapi bagaimana menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang ada dalam hidup ini

121-Kehalusan budi seseorang bagaikan menyemburkan minyak wangi karena sekelilingnya akan merasakan keharumannya

120-Kata-kata lembut dan senyuman yang tulus melahirkan sentuhan yang dalam dilubuk hati siapapun

119-Keramahan membuat orang lain merasa diterima dan dihargai, dan merasa betah berada dekat kita

118-Cobalah pandang segala sesuatu dari kacamata orang lain. Apabila hal itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin hal itu juga menyakitkan hati orang lain pula.

117-Bila kita ingin diperhatikan, mulailah memberi perhatian kepada orang lain, begitu pula bila ingin dihargai, mulailah menghargai orang lain

117-Kebahagiaan hanya bisa dicapai dalam kehidupan ini hanyalah dengan cara menjalin hubungan yang membahagiaan dengan sebanyak mungkin orang.

116-Bila ingin memperoleh kasih sayang dari orang lain, kamu harus menggalinya, bak menggali air tanah, bila menggalinya dangkal hanya dapat air yang keruh, galilah mendalam untuk air bening dan bersih

115-Kadangkala kita ini aneh, sering kita tidak tahu apa yang sudah kita miliki hingga tidak pernah mau mensyukurinya, dan baru sadar betapa berartinya yang kita miliki itu setelah ia hilang dari kehidupan kita

114-Hendaknya janganlah kamu menutup telingamu hanya untuk mendengar dari orang yang ingin mengatakan sesuatu dengan setulus hati

113-Carilah teman-teman dekatmu yang bisa membuat kamu tersenyum, karena senyuman membuat hari-hari dalam kehidupanmu menjadi indah

112-Cobalah anda menyukai diri sendiri maka anda akan kian mudah menyukai orang lain, dengan demikian kian besar peluang anda untuk disukai orang lain.

111-Sebaiknya biarkanlah hati kita yang mengatakan karena hati tak pernah berbohong, sementara bibir kita seringkali berdusta terhadap apa yang kita rasakan

110-Sungguh indah dan nikmatnya menjalani hari-hari dalam kehidupan ini jika kita saling mengerti dan memahami

109-Ucapan yang sering kita lakukan bisa jadi menjadi doa untuk kita sendiri maupun orang lain, karena itu janganlah sembarang untuk mengeluarkan sebuah ucapan.

108-Tak usahlah kita mencari kesana-kemari teori kebahagiaan, sebab kebahagiaan itu berada di dalam hati kita sendiri

107-Memang sulit ya berikan kepercayaan kepada seseorang bila seseorang itu telah mengkhianati kita, namun sulit pula bagi kita meraih kepercayaan lagi bila kepercayaan yang diberikan seseorang kepada kita, kita sia-siakan

106-Sudah tahu kebanyakan rezki itu datangnya dari manusia, mengapa kita tidak berbuat baik sebanyak mungkin dengan manusia

105-Selalu yakin atas kemampuan sendiri adalah senjata paling ampuh untuk melewatitantangan dalam hidup ini.

104-keberadaan kamu hari ini mungkin akan sama saja dengan keberadaan kamu lima tahun mendatang, kecuali bila kamu terus berbuat baik terhadap orang-orang di sekliling kamu

103-Mereka-mereka yang memiliki kelebihan ternyata adalah mereka-mereka yang rendah hati mengakui kelebihan orang lain

102-Janganlah terbersit sedikitpun untuk menyakiti hati terhadap orang-orang yang sudah menyanyangimu, karena bila itu terjadi sama artinya kamu mengubur dirimu sendir

101-Kebahagiaan kamu bisa dilihat dari bagaimana anda mampu membahagiaan orang-orang sekitar kamu

100-Ternyata rahasia untuk sebuah keberhasilan dalam menjalani kehidupan hanyalah bila mampu menghormati orang lain

99-Kadangkala kita ini, selalu berkeinginan untuk melakukan perubahan ke arah kemajuan, tetapi yang kita lakukan dalam hari-hari dilalui hanya dari itu keitu saja

98-Salas satu cara untuk menenangkan perasaan hati adalah dengan selalu mempertimbangkan keselamatan dalam tindakannya

97-Janganlah dibiarkan hati kita hanyut bagaikan perahu tak berkemudi, karena bila hal itu dibiarkan sudah pasti tidak bakal singgah kepelabuhan

96- Nilai kebaikan hati seseorang bisa diukur dengan ketidakmampuan untuk tetap tenteram jika ada orang lain yang merasa gelisah

95-Sekian orang datang dan pergi dari kehidupanmu, tetapi hanya mereka yang mengerti kamu yang akan meninggalkan bekas di dalam hatimu, makanya dekatilah mereka yang mengerti itu dengan kebaikan-kebaikan kamu

94-Bila kamu ingin melakukan sebuah pekerjaan, kerjakanlah sekarang, agar tidak ada penyesalan dengan kata-kara jika aku kerjakan sejak dulu

93-Seringkali manusia itu berusaha hidup tegar, tetapi perasaan hampa selalu saja menghinggapinya, sehingga seakan sulit menikmati hari-hari yang dilalui, itulah hidup manusia

92-Kata orang semakin banyak berbicara tentang diri sendiri, semakin banyak pula kemungkinan untuk berbohong.

91-Kamu jangan dulu merasa berhasil dalam hidup, kalau kamu belum menolong banyak orang agar berhasil secara bersama-sama

90-Fikiran modal utama dalam menciptakan keberhasilan hidup, tetapi fikiran tidak menjamin keberhasilan tanpa dikelola secara kreatif

89-Seheba2tnya pengeliling dunia dimulai dari satu langkah, makanya janganlah ragu untuk melangkah, melangkahlah

88-Sekecil apapun pertanyaan lebih berarti, karena sebodoh2nya orang kalau mau bertanya lebih baik daripada orang tidak bertanya, karena ia akan tetap bodoh selamanya

87-Hidup anda mau putih, merah, hitam atau warna apa saja tergantung anda sendiri, lakukan apa saja agar anda tak meyesal membentuk warna hidup anda

86-Keberhasilan hidup kamu bisa saja terjadi walau semua orang tidak percaya kamu, tetapi jangan bermimpi bisa sukses jika kamu sendiri tidak percaya atas diri kamu

85-Kadangkala manusia itu lemah, walau berusaha menjalani hidup dengan terus tegar, tapi saat dikecewakan ternyata sedih juga

84-Kepercayaan, sebuah kata yang sangat sederhana, tetapim sangat sulit untuk mempertahankannya

83-Senyum tidak hanya akan menampilkan wajah yang cerah, namun juga menghangatkan jiwa

82-Kadangkala perkataan itu meluncur bak air dipancoran, tapi sering tak disadari perkataan itu begitu keras lebih keras dari batu dan bahkan lebih tajam dari tusukan jarum, panasnya melebiri bara api

81-Kesempurnaan seseorang adalah yang mau belajar dari kesalahan, tetapi sangat memilukan jika seseorang berkeras menyatakan benar, kenyataannya terbukti salah

80-Orang bijaksana selalu melengkapi kehidupannya dengan banyak persahabatan, gunakanlah sarana Facebook ini sebagai media persahabatan yang baik.

79-Kalau tak ada lagi daging makanlah dulu tulang siapa tahu di dalam tulang terdapat sebuah sumsum yang lebih lezat dari sebuah daging

78-Sebenarnya semua manusia itu baik, asal kita mampu melihat kebaikan itu, semua manusia menyenangkan bila kita bisa menikmati kejenakaanya, tapi semua manusia akan buruk dan membosankan bila kita tidak bisa merasakannya keduanya.

77- Kadangkala jalur menuju kebahagiaan bukanlah hamparan kasur yang empuk melainkan lembah yang penuh onak dan duri, oleh karena itu tak usahlah dulu menggerutu bila sedang berada di lembah seperti itu

76- Masa depanmu memang ada kaitannya dengan masa lalu, tetapi kamu tak bisa hidup dengan baik jika selalu mengingat kegagalan dan sakit hati masa lalumu

75-Diantara impian dihari esok dan penyesalan di hari-hari yang lalu masih terdapat kesempatan di hari ini, karena itu manfaatkanlah waktumu di hari ini, selamat bekerja kawan2

74-Banyak ungkapan mengenai lidah, lidah buaya, bersilat lidah, lidah ta bertulang dan lainnya, begitu pentingnya soal lidah, karena itu jagalah lidahmu karena lidahmu menggambarkan siapa dirimu

73-Sesungguhnya perilaku itu adalah ladang, maka tanamlah perilaku itu dengan benih-benih kebaikan, seandainya benih-benih kebaikan yang ditanam itu tidal tumbuh semuanya, pasti akan tumbuh sebagian yang akan kembali kebaikan itu kepada kita

72-Desah napas sudah merupakan anugerah mengapa kita meski mengeluh, persoalan identik dengan hidup, mestinya bersyukur masih ada persoalan, berarti kita masih hidup

71-Marilah kita mencari teman dengan orang yang mampu mendendangkan alunan lagu yang ada dihati kita, dan akan menyanyikan lagi lagu-lagu itu bila kita sedang lupa akan syair dan iramanya

70- Kerang yang selalu terkena gelombang laut seringkali menghasilkan sebuah mutiara yang bernilai mahal ketimbang kerang yang berada di air tenang yang hanya bisa menjadi santapan

69- memperingati tahun baru bukannya menonjolkan kegiatan sesaat melainkan sebuah perenungan terhadap apa yang sudah kita lakukan bagi sebuah kebaikan dan kemaslahatan.

68- Lidah praktis tidak berat sama sekali, tetapi hanya sedikit orang yang dapat memegangnya.

67- Bertemanlah dengan orang yang suka membela kebenaran agar hidupmu tidak tertempa sebuah kecurangan akibat persahabatan

66- berfikir secara rasional tanpa dipengaruhi oleh naluri dan emosi merupakan satu cara terbaik menyelasaikan masalah

65- Dengan sekian banyak memberi, maka kianmeningkatkan kualitas diri , semakin meningkat kualitas diri maka kian banyak yang diterima

64-Janganlah bersedih bila doa kita belum dikabulkan yang di atas, siapa tahu yang di atas sedang menyusun sesuatu yang kita perlukan, bukan sesuatu yang kita inginkan

63- Mengapa kita seringkali terjebak untuk selalu memikirkan masalah-masalah, lalu melupakan persoalan yang memberikan peluang-peluang yang mampu menggiring ke dalam kehidupan yang lebih baik

62-Senyum adalah modal yang sangat berharga untuk keberhasilan kita, karena itu tak usahlah pelit untuk tersenyum.

61-Tiga sifat yang menyebabkan seseorang tidak tentram dalam menjalani kehidupaanya, yakni iri hati, dengki, dan berakhlak buruk

60-Waktu luang merupakan peluang untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan tetapi seringkali peluang itu kita dibiarkan menjadi kesempatan untuk tidak melakukan apa-apa.

59- Mengapa kita sering memunculkan pertengkaran, padahal kita ini dilahirkan berasal dari sebuah kemesraan

58- Semoga kamu memperoleh kebahagiaan yang cukupuntuk membuat kamu baik hati

57- Hiidup sekali saja didunia ini, tetapi jika hidup dengan benar, sekali saja sudah cukup.Yang penting bukan berapa lama kita hidup, tetapi bagaimana kita hidup.

56- Sesungguhnya perilaku ibaratkan sebuah ladang, maka tanamlah dengan bibit-bibit kebaikan, niscaya kebaikan yang ditanam akan berbuah menjadi sebuah kebaikan yang lebih besar

55- Janganlan menonjolkan pembicaraan yang mengarah kemasalah orang lain, karena pembicaraan seperti itu menunjukan fikiran yang kerdil, lebih baik menonjolkan pembicaraan yang mampu melahirkan sebuah ide-ide sebagai bentuk perwujudan pikiran yang besar

.54- Kadangkala sesuatu menurut kita baik belum tentu benar. tetapi bisa jadi yang benar belum tentu baik. yang baik belum tentu pula bagus, dan bagus bukan berarti pula berharga, serta yang beharga belum tentu disuka

53-Tidak salahnya dalam menjalani kehidupan ini belajar dari kesalahan orang lain. karena kita tidak dapat hidup cukup lama untuk memperoleh semua itu dari diri kita sendiri

.52- Hal yang paling menakutkan dan memalukan dalam hidup ini adalah perasaan takut dan malu itu sendiri, karena itu janganlah kita menjadi seorang yang penakut dan pemalu

51- Kadangkala kita itu aneh, tidak tahu apa yang sudah kita miliki, sehingga kita tak mampu mensyukurinya, itu terjadi lantaran kita terlalu sibuk memikirkan milik orang lain, marilah kita tinggalkan sifat seperti itu

50-Janganlah kamu menjadi seorang manusia yang penakut dan pemalu, karena bila kamu seorang penakut dan pemalu kamu menjadi seorang manusia yang rugi

49-Soal kedisiplinan jangankan kita mampu menandingi bangsa Jepang, kadangkala kita kalah dengan seekor ayam jago, yang selalu tepat waktu berkokok di pagi hari

48-Sekeras2nya batu dan selemah2nya air, bila batu berada di pancuran air pasti batu berlubang juga

47-Hendaknya kita dalam menjalani kehidupan janganlah bertindak seperti angin yang bisa menumbangkan pohon, merobohkan rumah, tetapi tak bersedia menampakan diri

46-Mengapa kita tidak meniru sifat-sifat air yang selalu ingin menyamakan permukaannya, dengan sifat air maka kita terhindar dari kecongkakan, sombong, angkuh, dan merasa paling hebat sendiri

45- Orang yg paling berbahagia adalah orang yg selalu menciptakan kebahagiaan dengan tidak sakit hati melihat orang lain di sekitarnya berbahagia.

44- Selamat 1 Muharam, memperingati sebuah ulang tahun bukannya menonjolkan kegiatan sesaat melainkan sebuah perenungan terhadap apa yang sudah kita lakukan bagi sebuah kebaikan dan kemaslahatan, menuju kedamaian

43- Kebahagiaan bukanlah terletak pada gedung yang bertingkat atau mobil yang mewah tetapi terletak pada bagaimana kita mampu menikmati sesedikit apapun yang kita punyai

42- Nilai sebuah kebajikan itu tergantung apa yang sudah kita bagikan, baik membagi pengalaman, membagi kekayaan, membagi kemampuan, serta membagi kebahagian

41-Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang selalu berbuat baik kepada sebanyak mungkin manusia lainnya, mudahan kita tergolong manusia yang berada di dalamnya

40-Sudahkah apa yang kamu lakukan untuk sebuah kebahagiaan, tetapi janganlah perpaku pada uang, karena uang tak akan mampu mebeli sebuah kebahagiaan

39-Orang yang paling berbahagia adalah orang yang selalu merindukan kebaikan, serta menghadirkan kebaikan dalam setiap hal dalam hidupnya, moga kita seperti itu, amien

38-Kebaikan cendrung menghasilkan kebahagiaan, dan kebahagiaan cendrung berbuat kebaikan, karena itu marilah kita berbuat kebaikan untuk memperoleh kebahagiaan dan kebahagiaan untuk menciptakan kebaikan

37-Salah satu cara mencari kebahagiaan adalah dengan selalu berbahagia tatkala melihat orang lain berbahagia

36-Meskinya dalam diri kita tak boleh ada iri dan dengki, karena iri dan dengki bisa menghambat kebahagiaan orang lain, bila menghambat kebahagiaan orang lain sebenarnya sama saja artinya menghambat kebahagiaan kita juga

35-Mensyukuri hari ini sudah merupakan nikmat, mengapa kita meski terlalu menyesalkan masa lalu, dan mengkhawatirkan masa depan

34-Kadangkala bila kita melihat persoalan dari sisi kita sendiri maka kita yang paling benar, tetapi setelah kita mencoba masuk ke dalam hati orang lain, dan melihat persoalan itu ternyata kita kok banyak yang salah ya

33-Untuk mengatasi persoalan diri kamu coba gunakanlah dengan kepalamu sendiri, tetapi kalau ingin menangani persoalan orang lain cobalah gunakan hati nurani kamu

32-Kalau ingin melakukan kebaikan tak usahlah berfikiran rugi atau untung, kalah atau menang

31-Hidup ini bagaikan lempar bola, bila bola dilempar kencang maka pantulannya juga kencang, bila dilempar pelan maka pantulannya juga pelan, karena itu bila kita banyak melempar kebaikan maka banyak kebaikan yang kita peroleh, sebaliknya bila banyak melempar kejahatan maka kejahatan itu pula yang bakal banyak kita terima

30-Kalau kamu ingin melihat masa depanmu lihatlah apa yang sudah kamu lakukan hari ini, selamat pagi selamat bekerja dan selamat beraktivitas kawan2.

29-Seharusnya kita membiarkan orang lain berbahagia karena kebagian orang lain merupakan kebahaigiakan kita juga, mengapa kita meski iri dan dengki

28-Desah napas sudah merupakan nikmat dan anugerah mengapa kita meski mengeluh terus

27-Selamat pagi, apa yg sudah kamu lakukan untuk orang-orang tersayang di sekitar kamu, jika kamu berhasil membahagiakan mereka, maka kamu akan memperoleh kebahagiaan yang luar biasa

26-Rame terlihat ibadah kurban dimana-mana, kata-kata maaf sebenarnya termasuk ibadah untuk ber kurban, tp kenapa kita susah sekali memaafkan, padahal kata maaf walau sepele tetapi sangat besar untuk melapangkan jalan kehidupan kita seterusnya.

25-Perbedaan itu adalah rahmat, tetapi lebih rahmat lagi seandainya bisa disatukan atau disamakan, Selamat Idul Adha

24-Selamat pagi, sarapan apa pagi ini, pasti masakannya enak, seenak apapun masakannya akan lebih enak dinikmati bersama-sama, begitu pula bila kamu punya kelebihan ajaklah orang lain ikut menikmatinya, pasti kamu lebih puas

23-Sudah cukup istirahatkah dihari minggumu ? Istirahatlah agar kamu sehat, karena kesehatan di atas segala-galanya

22-Selamat pagi semua, selamat liburan yang berarti bisa diartikan libur dari aktivitas untuk mencari harta, tak usahlah menumpuk terlalu banyak harta karena harta terbukti tak mampu menolak sakit, menangkis bencana, dan menghindari mau

t21-Apa yang sudah kamu lakukan hari ini untuk jalan kebaikan, sekecil apapun kalau itu untuk kebaikan lakukanlah, walau hanya seuntai kata dan seumbar senyum

20-Kritik itu adalah kaca cermin, oleh karena itu janganlah kamu takut dikritik, amalagi marah, kalau kamu marah terhadap kritik berarti kamu memecahkan kaca cermin kamu sendiri

19-Selamat pagi di hari pahlawan, 10 November, mudahan kita semua juga mampu menjadi seorang pahlawan, setidaknya untuk memerangi nafsu ankara murka yang ada di dalam diri kita, sehingga terbebas dari perbuatan zhalim terhadap orang lain

18-Kadangkala kita ini aneh, selalu senang menerima pujian namun tidak tahu bagaimana menerima pujian itu, bahkan kadangkala terlalu pelit untuk memberikan pujian kepada orang lain

17-Selamat pagi, dan selamat awal pekan, apa yang kamu inginkan hari ini, mudahan ada peluang, namun peluang bagaikan awan yang terus berlalu, pergunakanlah sebaiknya bila tampak

16-Duuh kasian sekali, korban demi korban merapi berjatuhan. Tapi bukan Gunung Merapinya yang salah, sebaiknya kita berada di wilayah aman bencana, marilah kita garap lahan yang luas Kalimantan ini, untuk kemajuan sebuah bangsa

15-Kadangkala hidup kita ini terlalu egois, menuntut semua orang harus mengerti keinginan kita, tetapi kita sendiri kadangkala jangankan mau mengerti keinginan semua orang, untuk mengerti keinginan satu orang saja kok begitu sulit

14-Sebenarnya hidup itu definisinya adalah rentetan masalah masalah, dengan demikian seharusnya bila kita memperoleh masalah hendaknya tak perlu bersedih, melainkan tetap bergembira, yang berarti kita masih hidup, kalau tak ada masalah berarti kita mati

13-Seringkali kita merisaukan bahkan sakit hati ketika hilangnya sebuah mentari, bahkan ditambah datangnya petir dan badai, padahal disaat -saat seperti itu akan muncul sebuah pelangi yang sangat indah untuk dinikmati

12-Mengapa kita seringkali bodoh, dengan lebih menghargai sesuatu yang sukar diperoleh, tetapi sering kita melupakan nikmat yang telah tersedia.

11-Sebaiknya untuk menciptakan sebuah kebaikan janganlah terlalu berfikir, apalagi harus membuat rencana, cukuplah dengan spontan dan tanpa pamrih.

10-Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu berguna bagimu. Dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal itu buruk bagimu.

9-Kata-kata hanyalah gelembung-gelembung air, tetapi perbuatan adalah gelembung emas

8-Kalau tahu kita sulit untuk merubah sikap diri kita sendiri mengapa kita bersikeras ingin merubah sikap diri orang lain.

7-Mampukah kita menjadi sebuah telaga dimana setiap orang dan mahluk yang dekat dengan kita merasa sejuk dan nyaman

6-Seringkali disaat satu pintu tertutup, pintu yanglain dibukakan, tetapi seringkali pula kita terpaku terlalulama meratapi pintu yang tertutup itu, bahkan terlalu sibuk untuk membukanya, sehingga melupakan dan tidak melihat pintu lain yang sebenarnya terbuka lebar yang lebih enak untuk dilalui.

5-Apa yang sudah kamu miliki, sekecil apaupun yang kamu miliki bila kamu berhasil menikmatinya maka kamu orang yang paling berbahagia

4-Selamat pagi semuanya, selamat bekerja, pastikan target pekerjaan hari ini semua selesai, jangan anggap pekerjaan sebagai gawian, tapi anggaplah pekerjaan seabagai hiburan dan ladang amal ibadah

3-Selamat pagi di hari libur, manfaatkanlah hari liburmu karena hari libur menjaga sel otak, menurunkan ketegangan, meningkatkan keharmonisan keluarga, menciptakan kepuasan hidup.

2-Pastikan hari ini kita sehat, karena kesehatan melebihi segalanya

1-Kesedihan bukanlah lantaran ketiadaan kebahagiaan, melainkan hanya ketidak mampuan menikmati sisi positif dari segala sesuatu yang dirasakan

Puisi Tradisional Rimba Afrika

————————————Setiap kali saat fajar menyingsing, seekor rusa terjaga, ia tahu hari ini ia harus lari lebih cepat dari seekor singa yang tercepat, Jika tidak, ia akan tercabik-cabik dan terbunuh dimangsa sang singa.Setiap kali saat fajar menyingsing, seekor singa terbangun dari tidurnya, ia tahu hari ini ia harus mampu mengejar rusa yang paling lambat larinya. Jika tidak, ia akan mati kelaparan.Tak masalah …apakah kita seekor rusa, atau seekor singa.Karena setiap fajar menyingsing, sebaiknya kita mulai bergerak dan berlari.

Ubah tulisan ini.

193 Tanggapan

  1. Ngabsen banarai…:).

  2. Sip lah.
    Urang nang manginum banyu Tambilahan pang lah sakalinya pian ini. Pantas pina lain bahasa, he,he, he.

  3. bah urang balangan jua. Ulun kira dari jakarta kah, surabaya kah. dilihat dari logat urang betawi.
    coba ikam buka website ku. http://www.e-music.co.nr
    di sini jangankan anggrek babinian batilanjang haja ada.

  4. jika anda kolektor anggrek spesies alam kalimantan, saya juga seorang kolektor tapi jenis tanaman anthurium

  5. san Ali: makasih ai atas komentar ikam. Kita saling kontak haja lah. Blognya lagi diperbanyak informasinya

    San Rahman: Kita babanyakankah? Setumat lagi ampunku lengkap

  6. kita bajualan nai di pal tujuh

  7. selamat atas kesediaan membuat blog ini semoga sukses dan bermanfaat bagi plestarian budaya Banjar

  8. wah… saya sangat salut, mudah2 blog ini lebih kaya lagi informasi tentang balangan dan banua2 yang lain di Kalsel.

  9. Mana pulpen bang, kan baru datang dari kuching Malaysia… hee…..

    mudah2 blog ini bermanfaat bagi masyarakat banjar.

  10. Salut atas upaya Bang Hasan. Cb gali lebh mendlm berbagai keunggulan dan potensi serta proyeksi ke dpn u kalsel, yg bs dijdkan referensi bg yang memerlukan

  11. Sip banar San. Jangan bosan memperkenalkan khasanah budaya Banjar. Semoga kekawanan lain mengikuti jejak antum. Anu…anggrek tu dijualkah? he..he

  12. San, bagus blog ikam ni. Kembangkan taruslah.

  13. Info banua banjar bisa dicari disini, dan cukup mebantu masuk ke web ini, moga sukses bung ‘HASAN’

  14. usaha yang bagus.siapa lagi yg mempromosikan budaya serta kearifan lokal kalau bukan putra daerah.
    up date terus info2 & foto nya.

  15. asalamualum, ulun umpat baduduk nah, mambaca cerita2 banua serongan. usaha nang bagus lih gasan menyebarkan informasi banua nah.
    ulun mambuat jua blog gasan kakakanakan, amun kawa pian lihat2 lih… napa kakurangan lawan apa nang musti di tambahi.
    Ulun umat batakun pang, tahukah alamat rumah bupati tanah bumbu. Handak bakirim surat lawan sidin nah…
    tarimakasih sabalumnya

  16. Mantap Pa Hasan ai..ulun dukung terus untuk urusan melestarikan budaya Banjar dan silaturahmi urang Banua yang tetap rakat di mana haja.Jadi mun Bacakut papadaan nang itu kada bujur, ulahan urang walanda wara supaya urang Banjar tahambur.

  17. terima kasih atas perhatiannya terhadao balangan, saya ingin kita berkerja sama untuk memajukan dunia pendidikan balangan. Saya orang balangan staf pengajar SMKN1 Batumandi: http://fadliraifa81.blogspot.com/, email : fadliprg@gmail.com

  18. sungainya minta di bersihi dong sama PAK DE BUPATI , biar ngak butek KAYA SUSU COKLAT dan minta dibuatkan wc UMUM BIAR PUPUK KANDANGNYA NGAK BERTEBARAN DI SUNGAI … Biar kalo AYES sudah besar dan pandai berenang bisa ngambil KIJING dan Nangkepin ikan ( DIVING )…kaya Om NAHLI ituu … Peke kaca mata MADE IN INAN …

  19. sungainya minta di bersihi dong sama PAK DE BUPATI , biar ngak butek KAYA SUSU COKLAT dan minta dibuatkan wc UMUM BIAR PUPUK KANDANGNYA NGAK BERTEBARAN DI SUNGAI … Biar kalo AYES sudah besar dan pandai berenang bisa ngambil KIJING dan Nangkepin ikan ( DIVING )…kaya Om NAHLI ituu … Peke kaca mata MENYELAM MADE IN INAN …

  20. OM , NANTI KALO INEZ KE BALANGAN ,TANGKEPIN KANCIL YA OMM… KATANYA PAPA MASIH BANYAK DI HUTAN SANA , YG SERING NYOLONG TIMUN NYA PA TANI ITUUU … SOALNYA DI JAKARTA KANCILNYA PAKAI RODA TIGA ..OMM SALAM BUAT KAKA SASA ,MAMA IDA … NINI PEKAUMAN , OM IZAL ,OM HAKIM ( CEPET KAWIN KATA MAMA ), JGN PACARAN MULU …SIPPP POKOKNYA OM ABAH SASA ,… MA NYOSSSSSS

  21. HEEBAT …. OMM … SELDA MA KENZO , MEH BALIK KAMPUNG WAE …. JAKARTE PADAM MULUUU ,… KEBANJIRAN JUGA ,… KALO DIBALANGAN KATENYE PAPA , BULAN NYA GUEDEEEEEE …. TERANG BANGET ,.. JADI NGA USAH PEKE LISTRIK … OM ABAH SASA HEBAT OUUYYYY

  22. NUMPANG PROMOSI AJA , …
    1.BENGKEL KITA SIAP MELAYANI 24 JAM
    2.SERVICE MEMUASKAN
    3.KHUSUS ORANG KALIMANTAN KHUSUSNYA KAB BALANGAN DISKON 25 % .
    4.GARANSI UNTUK 2 HARI ( ASAL TDK DIPAKAI MOTORNYA )
    5.SERVICE 9 X GRATIS 1 X ( ASAL TIDAK RUSAK ) .
    6.BAGI YG PUNYA MOTOR CB 80 ,BISA KAMI SULAP MENJADI TIGER 2000 ( SAMPLE BISA DILIHAT )
    7.BAYAR BISA DI UTANG ( TAPI MOTORNYA DITINGGAL )

    ARIF MOTOR SIAP MELAYANI ANDA

    • umaylah promosinya , menggiurkan…nyaman banarae kena bila ke paringin…aku di lampihong rancak pang ka paringin mancari gulabatu …heee asal gratis ….zz

  23. mantap….ulun sebagai warga tabalong sangat mendukung pian, ternyata banyak buhan banua nang harat ilmunya wan pengalamannya da jadi urang jua di banua urang….sukses untuk buhan kita berataan….salam dari tabalong

  24. ini ulun dari anak smkn 1 bjm,,,wah,,,bgus ,,,blog nya keren,,,..banyak,,,bercerita tentang urang banjar…,,,

  25. Lawas kada bailang. Rami banar lah isinya. Top abiss.

  26. ulun handak baelang kawadah pian nah umpat mamamoto anggrek nang lagi mekar boleh lah?? kalo boleh ini no hp ulun 081933752754..

  27. Bravo South Borneo Banjarmasin…
    ulun senang banar membaca blog hampiyan neh. apa lagi pas tabaca ngaran2 wadai wan ngaran2 iwak, asa handak titik liur kaganangan. kebetulan tahun ni ulun puasa di Malaysia nah umpat dangsanak manarusakan sakulah. mudahan kawa jua kaena bila bulik umpat mambari faedah lawan banua.
    di Malaysia gen ada jua pasar ramadhan tapi masih jauh beda dengan ramadhan cake fair nya banjarmasin. wadainya kada banyak.
    tolong tambah lagi lah info2 tentang budaya2 banjar!

  28. Om Hasan, pian ini makin mantap haja.Lumayan banar kami baisian makhluk antek kaya pian ini.Cuma sabyting pang, mun sudah sukses…tetaplah jadi om Hasan yang ramah dan baik hati.Jangan sombong dan tinggi hati mun sukses jadi wartawan sejati…

  29. Numpang tanya…ini Mas Hasan yang dulu sempat ketemu saya di PORWANAS Kaltim 2007 lalu.Kok tambah ganteng aja..sih mas.Eh Mas Nila mau ke Banjarmasin, boleh minta tolong ntar kita mau ke Balangan survey pemetaan dan hiking ke Awayan..bisa dibantu ya Mas. Oh ya saya wartawan Bali TV. di Banjarmasin saya punya juga temen pak , alumni pelatihan jurnalistik di Canbera Australia 2003, namanya Khaidir ( Tempo ) dan Krisanta (TRANS7).kenal mas.Oh ya Hp saya 0818 64322936

  30. salam kenal dari urang banjar nah, kunjungi blog saya di http://www.taufik79.wordpress.com

  31. Bos, numpang cow ama Nila Tangerang ya..Mba Nila kami tunggu kedatangannya di Kalsel.Maaf kok hpnya kaga aktif he..he,CP lainnya ada…he.he.Ingat Canberra, Australia, ingat kita kehujanan di Cengkareng 2002 he.he

  32. salam kenal, umpat banaung sambil babacaan

  33. Umpat balewat dan salam kanal haja dari ulun marantau jua ke surabaya lawas kada bulik-bulik, maklum bini urang makasar jadi buliknya ke makasar.

  34. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    salam kenal semoga keberkahan Allah SWT selalu menyertai kita dan keluarga. Amin ya rabbal’alamin.

    Kita pribadi bangga dan kagum dengan segala apa yg Saudara lakukan dan semoga tanah Banjar kelahirab Nini datu kita menjadi suatu kebanggan tidak hanya secara langsung ataupun secara tak langsung.

    selamat dan semoga sukses dalam segala hal. Terima kasih.

  35. Salam Kenal,

    Nama Saya Ade’ Ns nama asli ‘Nurzali Surya’ asli Suku Banjar sumatra, saya sekarang sedang mencari referensi tentang keberadaan suku banjar di Kab. Langkat (pangkalan Susu) Sumatera Utara, yang menurut cerita Orang tua bahwa suku banjar di Pangkalan Susu berawal dari Tembilahan. demikian sekilas info dan salam kenal. wassallam

    • Ass,,saya anak aceh ,,sampai sekarang aku belum kenal dengan keluarga ayahku,,semasih dia hidup pernah bercerita,,dulu asalnya dari pangkalan susu km100,,ketika kerusuhan pembumi hangusan kilang minyak dia terpisahkan dengan keluarganya dan bibinya,,ayahku tersesat ke lhoksukon ibukota kab.Aceh utara,,kakek ku keturunan orang banjar,,nenekku rang aceh,sampai saat skrang belum kami menemukan keluarga kami di pangkalan susu,,,,

  36. Salam kenal,
    Nama saya Suwandi. Aslinya orang Kalua, Paninian (pihak mama) dari Tembilahan sumatera. Saya tinggal di Tanah Habang Kanan Balangan (isteri orang sana pang)…..

    Salut om ai atas blog pian ini. Semoga berguna untuk kita semua

  37. mas hasan rupanya kita ini ada hub keluarga, saya masa kecil tinggal di desa dalam pagar, sekarang saya tinggal di surabaya.
    dan saya ada keluarga di tembilahan, di antaranya, saudara IDAM, kelurga MASFAH,lalu HUZAIMAH, huzaimah ini lah yg sering ketemu sama saya kalau dia mau ke martapura, berangkat dari tembilahan.
    salam kenal , saya juga ada saudara namanya MILHAN ( Iyan )
    di dulu bekerja di Kalimantan post,.
    sekarang katanya sedang mengelola TV Swasta.
    juga ada lagi 1 yaitu wildan tarmuji, dianya juga sebagai Foto grapher kalimantan Pos.

    semoga anda mengenalnya.

    nanang sahrawardi

  38. bagaimana caranya kami bisa memiliki bunga2 anggrek khas balangan untuk ditanam di sekolah saya.
    karena jumlah bunga yang ada disekolah kami sangat kurang sekali, mohon bantuannya.

    kami hanya bisa memberikan biaya pengiriman saja, dikarenakan keterbatasan biaya dari sekolah. terima kasih atas bantuan dan partisipasinya.

  39. Bagus Banara blognya. Dihadangi kunjungan balik dari orang kandangan.

  40. salam kenal….

    ulun urang balikpapan, ulun handak batakun….

    Ulun memposting kisah Datuk Daha Nagara, nah….nang handak ulun takun, pian tahu kada tentang riwayat Datu Daha Nagara(Muhammad Thaher).

    Ada pangunjung batakun tentang riwayat hidup Datu Daha Nagara, munya pian beisi informasinya tulunglah bantu saudara pian inilah…..
    Tulung kirimkan ke Email ulun….

    Salam

    *Nang lagi bingung*

  41. jangan lupa main2 ke blog ulun….

  42. salam kenal nah dari ulun..

  43. bagus sekali, salut atas karya anda ini
    terus berkarya untuk kemaslahatan bangsa dan negara kita ini.

  44. assallamu’alaikum. wr.wb

    salam kenal dari ulun, ngaran ulun arpani. banjar kalua, ulun ada baisi busu ading abah yang sampai wayah hini kada suah bulik ka kampung, jar habar badiam di sapat. sidin marantau lagi anum.
    ngarannya bujur ulun kada tahu, hanya tahu iyah.
    abah ulun bangaran cantung, kai abdul gani dipanggil dugani orang guntung amuntai, nenek orang halangan kalua.
    amun ada tadangar habar kawa diemail ke ulun.

    sekian dahulu. terima kasih.

    Wassallamu’alaikum.wr.wb

    amun ada tadangar habar

  45. senang membaca blog anda sangat berguna, silahkan banyak menulis lagi. istri saya dari banjarmasin, tinggal di solo.

    klik ini : http://www.flickr.com/photos/pangkalanbun/

    salam
    jiwo

  46. sip. lah.. ulun katuju banar wan blog pian nang bungas. salam kalimantan

  47. Lam kenal ka dr pahuluan…sekedar informasi kami dr pahulun membuat komunitas bloger pahuluan( http://www.pahuluan.org)..yg mempunyai tujuan positif tok daerah kt dipahuluan..ulun ajak pian bergabung tok membantu kami..sekaligus ajari ulun mengangkat citra budaya banua anam..ulun tunggu kunjungan y dblog KBP atau blog pribadi ulun..ok..

  48. this blog is good enough, I like it, just inform us about Borneo, specially the orchids

    rgds

  49. Wah ulun banaran salut melihat ada org banjar tembilahn yang masih ingat kampung, mudah mudahan dengan tulisan pian kita nang org banjar di Inhil tetap diperhitungkan, wasalam sapatcity@yahoo.co.id.

  50. Wah, salut! Blog piyan ini bagus banar ih! Ulun sudah lawas jua kada bulik. Blog ini meulah dandaman lawan banjar.

    Sukses selalu!

  51. Lain pang lah imbah jadi panglima Hasan Juntai Di Langit, asa tagas langkah, he-he sukses selalu

    Fathurrahman al Banjar

  52. Mantap bang ai…
    urang banua harus saling manganal…

    kanalkan ulun hendra…
    asli orang tanjung, tapi kaina bagawi di Balangan…bila tatamu bataguran lah kita bang.

  53. Salam kenal,….
    Om Hasan, ulun Thopan asli anak Banjarmasin. Ulun suka dengan Blogspot pian isinya bagus2 sangat menyentuh dihati ulun! Jujur ulun handak banar bisa kaya pian yang bisa menulis!! Tolong pang Om lajari ulun… Trims!!

  54. Salam kenal ja nah julak ai.

    Langsung haja lah, klo kada salah ingat julak lah, ulun tu asa suah mandangar katurunan guru sapat nang ada di pagatan, amun kada salah tinggalnya para kubah di pagatan tu.

  55. Ass, sebelumnya perkenalkan nama saya ucik. saya dari Sidoarjo dan Insyallah akan mengikuti suami bulan Juni mendatang. Mohon kiranya saya dapat menjadi saudara Anda, trimakasih

  56. ulun salah satu urang banjar di perantauan (bali) baru 2 tahun, ujar abah ulun (Alm) ABDULMANAP ulun keturunan amuntai lawan martapura, tapi ulun kd pernah menelusuri asal-usul. ulun himung banar adanya blog ini. karena sebagai pengobat kangen lawan banua, maknannya, buah2an , lingkungan dan sebagainya , dan jugai sebagai referensi ulun bila bekesah tentang borneo lawan turis asing dari seluruh dunia yang biasa singgah ke warung ulun di bali

    • Ulun ini rancak jua ke pulau dewata. Handak jua pang makan daerah kita di Bali. Bisakah padahkan dimana ulun kawa menikmati masakan Banjar di Bali.
      Terima kasih.

  57. ulun numpang promosi aja nah..
    JUAL BIBIT:
    GURAME, PATIN, NILA GESIT (MONOSEX), NILA MERAH, BAWAL, LELE, JELAWAT, BIAWAN, GABUS, SEPAT SIAM, MOLA, GRASCARP, PEPUYU, LOBSTER AIR TAWAR, BAUNG (TAGIH), BELUT, BETUTU (IKAN MALAS),DLL

  58. ulun numpang promosi aja nah..
    JUAL BIBIT:
    GURAME, PATIN, NILA GESIT (MONOSEX), NILA MERAH, BAWAL, LELE, JELAWAT, BIAWAN, GABUS, SEPAT SIAM, MOLA, GRASCARP, PEPUYU, LOBSTER AIR TAWAR, BAUNG (TAGIH), BELUT, BETUTU (IKAN MALAS),DLL

    (0511) 766 4332

  59. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Ulun adalah urang Tembilahan, Cucu dari H.Jafri Shiddiq, Kami bangga dengan blog ngini, mudah-mudahan mempererat silaturahmi lagi, pian suahleh bulek ka Inhil, Inhil wahini sudah banyak kemajuan, amun ingin malihat inhil wahini cuba kunjungi di http://www.inhilkab.go.id

    Wassalam

  60. ass.wr.wb. salam kenal dari guru smk di Kp. makasar jaktim,urang banjar asli, suami banjar jua masih buyutnya Tuan Guru H Abdurrahman Siddiq, Bang, kami sekeluarga kada suah ka Banjar masin, bagus banar tulisannnya, komplit, mudahan lebih banyak lagi info urang banjar yg di tembilahan bisa di tulis.

  61. Assalamualaikum Wr. Wbr.

    Salam kenal. saya profesi seorang guru di Kota Pekanbaru, anda dapat membaca di halaman About Me. jangan lupa kunjungi juga ya blog saya

  62. Ass. Tq, isi blognya lumayan banyak membantu, pakai manambahi bahan tesis ulun, maaf nah, ini haja dulu komentarnya, yah n blognya lumayan bungas… Wss

  63. Sip, budaya wan basa Banjar jangan sampai hilang, coba ba-ilang ke http://www.jurnalisia.tk
    Di site itu ada habar basa Banjarnya.

  64. Temukan Cara bagaimana Menambah penghasilan dari website anda bersama ads.kombes.com.

    Tayangkan Iklan Banner/Teks yang relevan sesuai dengan konten situs anda.

    Dapatkan penghasilan dari setiap klik iklan (60% untuk anda) oleh pengunjung melalui situs anda.

    Sistem Penyaring Iklan memungkinkan anda untuk menolak iklan dari pesaing situs anda.

    Anda dapat menampilkan iklan pada web/blog serta mesin pencari. Anda dapat memasang unit iklan kami bersama-sama dengan program iklan lainnya

  65. umpat manjinguk blog sampeyan…dan izin menaut ke blog aku….http://bubuhanbanjar.wordpress.com

  66. aku urang banjar jua tapi wayahini lagi manuntut ilmu di jogja..aku jua suah ka makam KH Abdurrahman shiddik di Safat hidayat…doakan ulunlah semoga berhasil………

  67. ulun bangga jadi urang balangan , klo kada kita siapa lagi

  68. ulun mancari gambar sungai nang ada jukung tiung parahu tambangan, paman google kalinya kadada bisi.
    kalu pian ada andaklah diblog pian ini mudahan urang banjar nang badiam dikota lain katuju kamari.
    sabab gambar nang kaya itu pang urang banjar hidup bahari.
    tarima kasih

  69. salut lah….. bagi-bagi ilmu tentang anggrek lokal dong, please

  70. Saya dari Bali, sangat menarik bagi saya menyimak tulisan Bapak (Bpk.). Tentu akan lebih sangat menarik lagi mengetahui aktifitas keseharian Bpk. yang sangat peduli dengan kekayaan hayati (flora dan fauna) bangsa khususnya yg berasal dari daerah tanah kelahiran. Sejujurnya saya salut dan menaruh apresiasi yg sangat luar biasa atas dedikasi Bpk. Walaupun, mungkin dan pastinya belum bisa sekaliber Bpk. tapi saya pun di Bali mempunyai ketertarikan yg sama dgn Bpk. Mohon sudi kiranya kita bisa sharing pemikiran untuk itu. Terimakasih.

  71. Kalo bisa mohon sharing via e-mail atau face book. e-mail saya : wayangsc@yahoo.com.

  72. Pak Hasan, saya angga dari bandung, ada alamat email ga? saya punya teknologi reklamasi untuk segala macam tambang di kalsel khususnya.. insyaAllah kami dengan seijinNya dapat membuat lahan2 itu jadi subur kembali.. prinsipnya : merubah tanah disposal menjadi “topsoil”

  73. Saya alumni SMA Negeri Mulawarman 1962. Punya rekan alumni, cerita pengalaman bedapat komunitas di Tambilahan waktu bertugas sebagai TNI di sana. Dari cerita itu saya mencari orang Banjar di PekanBaru dan pada kesempatan tsb ketemu beberapa Banjar dimana kami masih dengan fasih berkomunikasi dengan bahasa Banjar.
    Ini sharing saya sebagai orang Banjar yang masih merantau.

  74. bang………. mau bantu saya liputan di palangkaraya??? email saya di sweet29nov@yahoo.com.

    thx
    Novia

  75. Nah hikamam…sakalinya kita sakomplek…lah. Bang hasan di blok C…sorang di blok B….

  76. bangga arasnya mempunyai kawal nang rajinmenulis.
    ternyata kebesaran anda ada ditulisan2 anda,tuh ai

  77. sanangnya malihat dangsanak, walau kita kada bakatahuan di daratan, di sini barang kita bisa jalin persaudaraan. keep in touch……

  78. ok tks sobat

  79. salamat batamuan pulang Nangantinai (paman).pina rami banar urang bakacukap di wadah pian nei handak jua ulun umpat ,salajur ba Silaturrahmi lawan pian

  80. IIh dayat tai rancaki ja kam ka sini

    • Ulun umpat batakun.Adalah pian buatakan di blok pian nei kisah perjuangan orang pedalaman di pulau basar Baruh Bahinu dalam umpat bajuang marabutakan kamardikaan kita ,supaya tahu jua urang pada urang balangan bahimat jua bajuang
      Atas tanggapan pian ulun ucapakan terimakasih

      • kada ada lagi dayat ai, carikan pang kesahnya, lalu emailkan ke wadah aku kaina aku buatkam dalam blog ini, ya kalu

      • Insya Allah kaina ulun mancari2akan infonya

  81. Smoga Allah SWT selalu memberi kesehatan pada bang hasan, biar karyanya tambah banyak tambah baik dan berguna untuk kami yang muda2.

  82. Ok makasih mba, Nani moga selalu terjalin silaturahmi

  83. perkenalkan ulun urang sei batung,tapi dibawa kuitan merantau ke Kaltim.Saat ini domisili di Kota Bontang.Bravo orang Balangan yang membuat Web ini untuk mengenalkan ada bahawasa ada sub suku Banjar Balangan.Info mengenai sebagaian sejarah Balangan coba anda ke KH Juhri belakang pasar Banjarbaru beliau garis tuha orang Balangan.Terima kasih atas segala apresiasi dan sumbangsih anda untuk tanah Balangan.Hormat saya Alamsyah sekeluarga di Bontang.

  84. terimakasih abah hasan atas artikel2nya yang buaaaagusss banar dokumentasinya… dan tentunya ulun sudah terimakasih banar degn pian sudah lapah2 mencari referensi ulun tentang banjarmasin akhirnya ketemu jua ampun pian yang takomplit pembahasannya.. ulun ijin umpat memperkenalkan banjarmasin diblog ulun lah dengan hasil artikel pian yang mantap ne!!! heee.. ulun susun ulang penulisannya tentunya pian sebagai sumber..

  85. bang saya minta izin menyadur tulisan piyan buat artikel saya dikompasiana…ya bang mohon izinnya makasih

  86. Boleh aja budi, asal jangan lupa sumbernya, agar tidak plagiat

  87. salam knl bang , saya dr lampung .
    usaha saya sama sepreti abang .
    jual beli karet .
    harga k3 di kaltim skrng brp bang ?
    minta tolong info nya ttng harga karet di kaltim ?
    sapa tau saya bisa ikut partai abang ngirim barang .

  88. orang tua saya asli martapura bang .. hehe
    wong kito galo !

  89. om salam kenal, rasanya pengen aja belajar gimana caranya jd penulis..

  90. LAM KENAL OM..MATAN BERAU ^_^

  91. Iya,TOLONG CARIKAN RIWAYAT DATU DAHA YA

  92. Salam Kenal.
    Ulun kada sengaja membuka situs ini. Tapi setelah membaca sedikit biografi Sampian, Ulun minta izin menitipkan tulisan ini. Pasalnya, Ulun adalah orang asal Amuntai yang sekarang berdomisili di Kal-Tim, kami ada memiliki keluarga yang dahulunya merantau ke Tembilahan (sejak jaman penjajahan Jepang) tapi hingga sekarang kami kehilangan jejak. Hajat ulun hanyalah ingin menyambung tali silaturrahmi andaikan ulun menemukan keturunan mereka. Kepada pembaca budiman, sekiranya gayung dapat bersambut maka ulun titipkan alamat email di bawah ini : abc.tabri@ayahoo.co.id Terimakasih. Salam.

  93. Hanyar tahaga nih. Amun parak mau haja bapatuhan salajur datang ka rumah pian. Tagal, ulun jauh matan wadah pian bagana…Malaysia !.

    Walau kayapa gin, gawian pian tu bilang sama lawan gawian ulun bahari. Ulun suah jua bagawi di surat habar ( koran ? ). Tagal sahibar sasambilan haja. Gawian ulun nang sabujurnya kada lain pada maajar ilmu ka kakanakan haja pang…

    Ayuhak ditaruskan gawaian pian tu. Insya Allah ada haja pahalanya amun digawi sacara ikhlas. Bujur kada ?.

    • Makasih Dangsanak Elbi Risalah, kam orang Banjar mana, lawas kah sdh di Malaysia, di mananya Malaysia, jadi dosen kah guru kah dangsanak

  94. kalau pengen tau sejarah datu daha,datang aja kemakam beliau.dsana msh ada zuriyat beliau dan kebetulan yg menjaga dan mengurus makam beliau adalah msh zuriyat.
    Nama beliau adalah haji ridwan.

  95. Assalamualaikum WrWb,
    Bapak Hasan Zainudin, saya berbahagia dan bangga dengan blog Bapak. Hal ini membantu banyak orang memahami berbagai hal tentang Kalimantan. Saya seorang arsitek yang bekerja sebagai konsultan perencana. Salam kenal Pak.

    Yogi Yogasara

  96. Assalamualaikum wr wb
    Saya mau tanya letak makam Datu Kandang Haji, yang menurut tulisan di Blog bapak berada di Paringin. yang ingin saya ketahui Makam dekat Masjid yang dibangun Datu Kandang Haji berada mana (Paringin Barat, Timur,Utara atau Selatan) ?

    saya sangat berharap dapat dibantu mengenai letak makan Datuk Kandang Haji

    Wasalamualaikum wr wb

  97. Ass.wr.wb. Subhanallah, makin betambah cinta dan rindu ulun lawan kampung halaman pas ulun tadapat blog pian ini. Jazakallahu khairan katsiran.

  98. naaaaaahhh aammmm orang kampung inan jua rupax,,,ha2….kada patuh tp ngarannya sakampung tatapai kaluargak,,,orang inan jua saorang nie naah,,,,,,salam kanal haja mang laah,,,,,apa ngaran fb pian????rumah ulun parak sakolahan isdi,,,,bksni pd masigid,,,,

  99. naaaaaahhh aammmm orang kampung inan jua rupax,,,ha2….kada patuh tp ngarannya sakampung tatapai kaluarga,,,orang inan jua saorang nie naah,,,,,,salam kanal haja mang laah,,,,,apa ngaran fb pian????rumah ulun parak sakolahan isdi,,,,bksni pd masigid,,,,

  100. he2,,inggih,,,hanyar td bekesahan wan mintuha tahu ae sidin wan pian…ulun ni perantau jua jd kd tp tahu jua dikampung,,,,,,klo ngaran pian tahu za pang rancak mndangar kakawanan bakesah….tp kd tahu urangnya,,,ha2,,,ulun ading ipar amat cuit tahu lah pian,,, H.Atiah Cucu Pak Ana..org maradap..klo ulun kamanakan acil isyah wan acil syarah..subarangan rumah mama rarau….he2…

  101. Saya sangat berminat dan termimpi-mimpi memelihara burung belibis, barang siapa saja yang bisa bantu alamat penangkaran burung belibis, saya mau beli, mohon hub saya di 081398269911 atau 021-26441144. saya tinggal di kota tangerang. Terimakasih Wassalam H.Syam

  102. Alhamdulillah masih ada manusia seperti bapak. Menurut saya, bapak termasuk jenis “edisi terbatas”. Semoga Indonesia masih menyimpan putra daearah piawai seperti bapak.
    Terimakasih atas kepedulian bapak.
    Semoga Allah memberi karunia usia panjang yang lebih manffaat lagi.
    Semoga sehat dan bahagia bersama keluarga>
    Salam untuk keluaraga tercinta.

  103. wah mantap ni profilnya

  104. Salam kenal P Hasan,

    Hebat, salut dengan tulisan P Hasan.

    Saya punya banyak tulisan tentang pendidikan matematika.
    Saya yakin sangat berguna untuk putra-putri Kalsel.

    Silakan mampir di:

    rumahapiq.com
    http://apiqquantum.com

    Terima kasih…

  105. terima kasih pak..artikelnya bagus2 saya jadi banyak tau tentang ragam budaya dan kekayaan alam didaerah kalimantan…

  106. terimakasih atas informasinya dalam blog ini

  107. lawas kada bahilang kasini

  108. langkap banar isi blog pian nih.. Salam kenal pa lah..

    http://gafuri46.wordpress.com

  109. Halo Pak Hasan Zainuddin,
    Perkenalkan nama saya I Wayan Mudita. Saya orang Bali, tapi lebih lama tinggal di luar Bali. Saya bukan pakar tanaman, tetapi menyenangi tanaman. Saya bukan penulis, tetapi senang menulis. Saya ingin mengenal lebih banyak tanaman khas Kalimantan, mudah-mudahan Pak Hasan bisa membantu

  110. Salam kenal,
    Saya Ida Syahranie, ayah ibu asal Kalsel, tepatnya Kandangan. Sudah lama sekali meninggalkan Kalimantan. Meski belum semua saya baca web ini, saya senang sekali. Banyak info yg saya dapatkan tentang daerah asal saya, Kalsel. jujur saya baru tahu ttg Balangan. Terima kasih

  111. Assalamualaikum wr.wb. Salam kenal ulun herry ulun sangat terkesan dgn tulisan pian tentang wayang gong. Ulunsalah satu juriat pemainwayang gong boleh di bilang terkenal pada masanya mungkin pada tahun 60an yaitu ngaran sidin DAU. Beliau padatuan ulun.wayah ini kami tetap exist dalam berkesenian tp dalam pelestarian tari kudagipang. Ngaran grup ulun Ismaya dr desa kayu bawang Barabai

  112. jual anak macan brp hrgany ?? trs cara beli ny gmn???

  113. assalamu’alaikum..ulun umpat baliwat haja nah..

  114. Om, mana nih habar kebijakan dibalangan, tata ruang… ngalih nyari info dijogja,… bisa minta blog yang rajin beulah berita tentang balangan lah Om….?
    salam ulun,

  115. nang baisi twitter lakasi sabarataan follow Buhan Pahuluan di => https://twitter.com/BuhanPahuluan
    salam badangsanakan

  116. Malihat putungan urangni pantas diparcaya, mudahan sukses dalam sagala usaha nang mambawa kebaikan… Amiiin. Tarimakasih atas sagala infonya…bermanfaat banar gasan kami nang jauh ni…

  117. Aku pernah bisa berbicara bahasa Banjar, dari tahun 1946 hingga 1949 aku berdiam bersama orang tuaku dan adik adikku di Tembilahan. Ayahku meniup trompet dan memukul tamboer di T.N.I, Tentara Negara Indonesia pada awalnya. Dia ditangkap oleh pasukan Belanda dan dipaksa bekerjasama dengan mereka, sedangkan dia ber-kehendak pulang ke asalnya di Amboina. Pemuda pemuda Jawa meng ancam mereka yg bekerjasama dengan Belanda dan terpaksa ayahku dan keluarganya ditransport ke tanah Belanda pada tahun 1950. Waktu itu tanah Belanda masih kacau dan melarat…Antara tanggal 13 september dan 27 oktober aku dan adik adikku hendak Riau, dan juga mampir di Tebilahan. Alun sampaikan salam dan hormat dari Holland.

  118. sebenarnya keluarga kami juga banyak di Tembilahan Riau, tahun 1978 pernah berkunjung ke daerah asal Kelua, tapi saat ini terputus s

  119. Salam kenal dari Malaysia..

    • salam kenal juga

      • Ass,ulun urang blangan jua,tepatnya awayan,asa taharu ulun d perantauan mambca blok pian,ulun ada jua baisi ipar cucunya datu sapat wyah ini sidin diam d martapuru,ulun umpat btakun adakah sejarahnya orng asli awayan?

  120. Ahmad Rifani, kam sekarang dimana tinggalnya, kaina aku carikan tokoh awayan

    • Ulun wayah ini bdiam d kab. Paser wilayah kuaro mulai tmat tsanawiyah sudh k Smrinda sekolh smpai kuliah sekligus mondok,paman ulun ia nang maulah mebel parak jumbatan awayan(mantan naif ARAN),waktu halus rancakai k inan pas mulutan wadah kluarga,wayah ini kda tau lgi

  121. Assalamualikum bang Hasan, senangnya saya baca blog abang, begitu byk saya dapat info lengkap. Nama saya Didiek, asal Palembang, kebetulan saya juga seorang penulis, saat ini saya senang menggarap novel fiksi settingnya Kalimantan Selatan, area Peg.Meratus sebelah timur. kira-kira bisa berkenan tidak abang menjadi responden saya, via FB atau email saja, biar biar tidak terlalu merepotkan abang. Blog abang sebenarnya sudah lengkap, tapi abang tahu pasti, penulis tetap butuh wawancara untuk mem-valid-kan data. Nanti akan sms dulu ke nmr abang, jika aktif akan saya telepon. ini FB saya: Ganezh Didiek. Baik, sebelum sesudahnya saya haturkan terima kasih. sukses selalu buat abang dan keluarga… wasallam

  122. silahkan saja

  123. salam kenal abang Hasanuddin, blog nya bagus bnr. lengkap informasinya. ulun orang balangan tepatnya di batumandi.

  124. bang hasan…blognya bagus banar….kawa maingat lagi hal-hal nang sudah kalumpanan….maklum sudah 26 tahun tumatan banjar ka semarang……terima kasih

  125. salah satu blog di Pahuluan nang paling bain nih

    salam badangsanakan gasan pian sabarataan, lakasi bagabung di group twitter buhan pahuluan, follow =} @BuhanPahuluan

  126. Nugroho Ns
    Assalamu”alaikum bang Hasan
    saya sangat terkesan tulisan di blog ini, isinya bagus, bernas dan banyak mengandung petuah bijak. Sy sudah tinggal di Bjrbaru 13 thn sebagai arkeolog, abang laksana intan trisakti yang termashur, yang pernah ada .

  127. Sejak ulun begawi dihumas balangan, nama pian sudah kada asing lagi, tp ulun kada ingat apakah pernah jumpa…..
    Blog ini sungguh luar biasa dan membuat tersentil karena sampe sekarang ulun belum menulis apalagi berbuat byk org lain. Smg ini jadi pembakar semangat utk bisa menulis jua…..
    Semoga suatu saat ada kesempatan bersua setelah ulun kembali ke banua……..
    Salam

  128. Salam kenal dari ulun, blog pian memang luar biasa semoga niat baik akan berbuah keberkahan, jangan pernah berhenti dan teruslah menaburkan benih-benih kebaikan tersebut. Kebetulan ulun aktif di P4S-PATRA MANDIRI KALSEL yang kami mempunyai keinginan untuk melakukan penyelamatan plasma nutfah tanaman asli kalimantan yang sebagian besar ada abang muat di blog ini alhamdulillah untuk itu kami menyediakan tanah seluas 5 Hektar, ulun bangga lawan pian dan rasanya ingin silaturahmi secara langsung. kalau pian berkenan ini no.Hp ulun 082149623484, insya ALLAH ulun kena menghubungi pian. makasih

  129. apa kabar ? salam persahabatan dan jabat tangan erat dari bandung

  130. Salam sahabat dan jabat tangan erat dari Batola Pak Hasan Zainuddin

  131. Pak saya Muhamat, Kakaknya Arif suaminya Anna yang tinggal di Semarang. Sangat bagus blog Bapak tentang flora dan fauna kalsel. sangat menambah pengetahuan tentang potensi flora dan fauna diklasel yang kebetulan juga menarik perhatian saya, yang kebetulan jadi dosen Ps Biologi FMIPA UNLAM. Salam kenal Pak.

    • Oh kamu, rada-rada ingat, kamu datang waktu kawin anna sama mas arif di Pekauman, he he salam kenal lagi, makasih menjengok blog akul

  132. Detail sekali tulisannya, Pak. Seperti sudah keliling kalsel. Adat, budayanya.😀

  133. adakah nomor handphone yang bisa di hubungi terimakasih sangat

  134. bangga jadi orang balangan,,tapi mun kedda pian spa yg bisa menulis lagi..mudahan pian panjang umur,biar bisa berkarya lebih bnyak lgi.amin..ulun orang pulawanin,

  135. ass.w.w.
    pa hasan zainuddin. ulun ahmad barjie, ulun minta izinlah mengopi beberapa foto kegiatan kita di sumatra dll kemarin, juga beberapa foto kegiatan pian (fskb) di malaysia. tks. (0511) 3251177 – (0857 52352251), email: barjiekalua@gmail.com.

  136. Assalamualaikum En Hasan Zainudin.

    Saya bertuah membaca web saudara…berjumpa laman web En Hasan secara kebetulan sahaja…

    Saya sedang mencari buah buahan Nadir atau telah dikira pupus di Malaysia ini…langsung melayari web En. Hasan…..

    Untuk Pengetahuan dan Salam Kenalan En. Hasan.

    Saya( Nama sebenar Md. Fabilah B. Mat Esa) di panggil Cikgu Mat atau En Fab….di kalangan rakan rakan dan kenalan di Malaysia dan Indonesia.

    Seronok sekali bila membaca web En. Hasan….mungkin akan ada satu hari nanti dengan izin ALLAH kita akan berjumpa n bersua.
    Insha ALLAH.

    Saya amat minat tentang Pokok dan Buah Buahan untuk di tanam secara suka suka di rumah saya.

    Saya tinggal di Daerah Johor Bahru, Negeri Johor, Malaysia. Masih bekerja lagi dan kini tinggal 4 tahun sebelum bersara atau pencen.

    Saya akan membawa Hobi saya ini menanam pokok pokok ini selama lamanya…

    Buat masa ini saya tidak punyai web…cuma email sahaja.

    Moga dapat berkenalan dengan En Hasan lagi.

    Cikgu Mat
    fabilahrobiah@gmail.com
    Hp saya : 019 7791962.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: