Campur Sari


anak-anak kami

tarian massal saat harjad ke-5 Kab Balangan

di Malaysia Foto kenang-kenangan saat gue melancong ke Malaysia

Inilah suasana acara Baayun anak saati acara Mauludan Rasul di masjid tertua Desa Banua Halat, Kabupaten Tapin Kalsel, atraksi ini sekaligus objek wisata yang masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI)

putri malu

Inilah Intan Putri Malu, intan terbesar diperoleh warga dalam dua tahun ini di wilayah Kabupaten Banjar yang ditemukan para pendulang tradisional setempat. Intan ini dihargai Rp3 miliar oleh pembeli lokal, sdr Lihan, tampak di duduk belakang .

Saat gue bersama sutiyoso mantan Gub DKI Jaya

Saat gue  menerima penghargaan dari Menteri PU, Radinal Muchtar tahun 1996 lalu, sebagai juara pertama  secara nasional lomba penulisan tentang ke-PU-an

Saat gue menerima penghargaan setya lencana karya stia dari Pimpinan LKBN ANTARA, Asro Kamal Rokan

saat gue jadi maskot berpakaian Banjar, tim Purwanas Kalsel

Pemuda/pemudi Desa Inan, Kec Paringin Selatan Balangan

Usung jinggung, budaya kawinan masyarakat Balangan,

mencari madu kelulut salah satu mata pencarian sebagian warga Balangan,

wadai gayam, salah satu wadai (kue) yang bernilai sakral, dibuat saat ada hajatan, kenduri, serta selamatan,

memasak dengan alat kawah disebut mengawah salah satu cara memasak di Kabupaten Balangan,

kijing salah satu binatang sejenis kerang tapi hidup di sungai, banyak terdapat di Balangan

crew televisi swasta melakukan  liputan khusus mengenai keberadaan madu kelulut

buah gambis, terdapat di hutan Balangan, buah ini konon bernilai obat,

kesenian ananalan salah satu bentuk hiburan rakyat yang mulai ditinggalkan

GAMBAR-GAMBAR  KELUARGA

 

abah

 

arwah Abah

Status aku yang pernah aku terbitkan di akun Facebook aku

————————————————————————-

329- Benarkah bila menciptakan kebohongan sama saja dengan membangun sebuah penjara yang menyiksa, sementara kejujuran adalah sebuah istana kenikmatan.

328-Konflik terjadi karena diri sendiri merasa benar dan selalu mengatakan dia salah, berilah kesempatan untuk mengatakan boleh jadi dia benar, Insya Allah ada kedamaian.

327-Satu hal kesalahan besar yang sering kita lakukan dalam hidup ini yaitu selalu meminta pembenaran dari orang lain, padahal sebenarnya kita tahu saja jika kehendak kita itu adalah sebuah kesalahan.

326- Kuingatkan hai sobatku sebenarnya yang namanya hidup itu selalu maju kedepan, bukanlah mundur ke belakang, kalau tahu itu mengapa selalu mempersoalkan yang sudah berlalu, lupaaaaakan.

325-Hendaknya kita membiasakan setiap langkah pertama, nawaitunya adalah untuk kebaikan, insya allah dunia ini damai.

324-Kejujuran ternyata adalah sebuah kenikmatan bagaikan jalan yang mulus, dengan berdusta hidup jadi susah bagaikan jalan rusak, berjalan dengan banyak yang dihindari.

323-Sebenarnya orang lain adalah cermin, jika mereka baik terhadap kita berarti kita baik, sebaliknya jika mereka tidak baik bisa jadi memang kita yang tidak baik.

332-Tak terasa waktu terus berlalu, adakah yang sudah terpatri bagi kehidupan dunia dan kehidupan akhirat, met Nis’fu Sa Ban.

331-Cintailah kekasihmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi kekasihmu. (Ali bin Abi Thalib).

330-Untuk seseorang, merelakan kepergiannya bukan berarti kamu tak mencintainya, tetapi apakah kamu mau karenanya kamu terus terluka.

329- Hendaknya kita menghabiskan waktu dengan mereka yang mampu melahirkan senyuman, dan menjauhi mereka yang hanya bisa membuat hati kita gundah.

328-Manusia terbaik adalah yang selalu berusaha membuat orang lain senang.

327- Jalanilah kehidupan hari ini dengan menunjukan wajah berseri dan berkata lembut, itulah sebuah kebajikan.

326–Kalau kita selalu memikirkan permusuhan maka kita akan dimusuhi, begitu juga kalau kita selalu memikirkan kebencian maka kita akan pula dibenci, karena itu marilah kita selalu memikirkan kasih dan sayang kepada siapa pun maka kita pun akan selalu disayangi.

325-Janganlah menyakiti hati orang-orang yang menyanyangimu, kalau itu terjadi sama artinya mengubur diri sendiri.

324- Seharusnya kamu habiskanlah waktumu dengan mereka yang mampu membuat kamu tersenyum,karena dengan senyuman maka hari-hari yang dilalui selalu terasa indah.

323- Dalam hidup, semakin kita mampu memahami diri kita sendiri, maka semakin mengerti apa yg mungkin membuat orang lain tersakiti.

322- Bila kita merasa bahagia saat mengerjakan amal baik, dan merasakan kegelisahaan saat mengerjakan perbuatan buruk. Itu menandakan bahwa hati kita masih hidup.

321-Ada pesan, janganlah pernah kamu mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian bisa kamu peroleh.

320-Janganlah menolak perubahan hanya karena takut kehilangan yang sudah dimiliki, bila itu dilakukan berarti kamu meniadakan nilai yang bisa dicapai melalui perubahan itu.

319-Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita kaya, tetapi menggunakannya dengan baik
adalah sumber dari semua kekayaan.

318-Jangan pernah lelah melakukan hal kecil tuk orang lain. Terkadang, hal kecil ini mampu berikan bahagia yang indah di hati mereka.

317-Hidup ini memang indah, tetapi akan lebih indah jika kita berhasil membuat orang di sekeliling yang kita sayangi bisa menikmati kebahagiaan.

316-Tuk seseorang, terlalu mahal mempertahankan dia yang ingin meninggalkan mu, biarlah berakhir, sebab tanpa akhir tak akan pernah ada awal baru yang mungkin lebih baik.

415-Kadangkala menangis itu diperlukan guna menjernihkan mata untuk melihat sebuah kebahagiaan kedepan.

314-Jika mecintai seseorang bukan karena siapa dirinya, tapi bagaimana diri kamu ketika bersamanya.

313- Menghadirkan kata-kata lembut dan pujian kepada orang disekitar anda, adalah awal investasi kebahagiaan

312-Pribadi yang baik bukan hanya pribadi yang berlaku baik, tetapi juga tak mudah diperlakukan tidak baik.

311-Sikap kebaikan hatilah yang akan mengangkat derajat dalam kehidupan ini, mulailah setiap langkah dengan nawaitu untuk kebaikan, Bismillahirahmanirahim…..

310-Semua ingin hidup senang, tapi mengapa kita sulit sekali memberikan kesenangan kepada orang lain (ustadz Jefrie Al Buchari)

309- Jalanilah kehidupan hari ini dengan menunjukan wajah berseri dan berkata lembut, itulah sebuah kebajikan.

308- Bunga yang indah seringkali tumbuh di atas tanah yang lembut, bukan di atas batu, begitu pula ilmu dan kebijaksanaan biasanya tumbuh dihati orang-orang yang rendah diri, bukan di hati orang-orang yang congkak dan keras hati.

307-Jangan pernah lelah melakukan kebaikan, meski hanya sesuatu yang kecil, sebab terkadang dengan yang hal kecil itulah sudah mampu memberikan bahagia di hati mereka.

306-Memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi seringkali tidak bisa dilakukan tanpa diucapkan.

305-Senyuman merupakan sesuatu hal yang kecil saja, tetapi dapat membuat hidup ini menjadi lebih indah dan mudah.

304-Tak perlulah berusaha sempurna untuk menggapai sebuah kebahagiaan, karena kebahagian sesungguhnya adalah ketika kamu melihat atau merasakan apapun secara sempurna.

303- Ternyata kesehatan itu sebuah kekayaan yang melebihi segalanya,karena itu marilah kita jaga kesehatan.

302-Hendaknya tak usah sesering itu menghitung kesulitas, bila itu dilakukan seakan kemudahan tak terasa.

301 – Seharusnya kamu habiskanlah waktumu dengan mereka yang mampu membuat kamu tersenyum,karena dengan senyuman maka hari-hari yang dilalui selalu terasa indah.

300-Tanamkan kepercayaan kepada siapapun, karena kepercayaan jauh lebih berharga daripada sekadar pujian.

299-Kadangkala lidah mengatakan sesuatu yang sebenarnya dari itulah ada nilai kesombongan, kebodohan, atau kecerdasan dan kebijaksanaan seseorang, maka hati2lah.

298-Untuk sahabat, pesanku perbedaan tak seharusnya membuatmu berpisah, karena seharusnya perbedaan menyadarkanmu bahwa kamu dan dia saling membutuhkan.

297-Terkadang, bukan kenangan buruk bersama seseorang yang membuat terluka, tetapi justru kenangan indah bersamanya yang tak bisa terlupakan.

296-Apapun yang dilakukan secara baik dan jujur akan memperoleh kepercayaan, hal itu jauh lebih berharga daripada sekadar pujian.

295 -Hendaknya jangan selalu mengharap balasan atau penghargaan dari orang lain atas setiap kebaikan yang dilakukan, karena itu hanya akan menghasilkan kekecewaan.

294-Terkadang kala sebuah senyuman hanyalah jelmaan dari air mata yang terlihat kepermukaan.

293 -Taburlah sebanyak mungkin benih-benih kebaikan. dengan demikian buahnya akan sangat mendamaikan.

292- Sebaiknya dalam berusaha, cari lah cara yg ‘halal’. Bukan ‘menghalalkan’ berbagai cara.

291- Nasehat untuk seseorang, mengapa masih bertahan, jika sebenarnya kamu tak dibutuhkan, dan tinggalkan, maka kamu akan menemukan kebahagiaan.

290- Katatanya sih, jika kerisauan bertambah, kebijaksanaan akan berkurang, sebaliknya jika kerisauan berkurang, maka kebijaksanaanlah yang akan bertambah.

289-Sebaiknya janganlah jalani hidup ini dengan perasaan benci, sebab bila itu terjadi jangan salahkan jika dihatimu selalu terasa sakit.

288- Seandainya apa yang kamu cari belum kamu dapati, sebaiknya periksa kembali apa yang dicari itu, sebab apa yang kamu lihat tergantung dari apa yg kamu cari.

287- Gampang bila ingin melihat kebaikan diri kita, bila orang sekeliling baik terhadap kita berarti kita baik, bila sekiling tak baik berarrti pribadi kita tak baik.

286- Mengapa seringkali kita terjebak dengan selalu menggunakan sikap dan perilaku orang gagal, padahal tujuan hidup kita adalah menggapai sebuah impian.

285- Senyum adalah anugrah bagi setiap manusia yang memiliki cahaya kebaikan, senyum membawa kedamaian bagi sekelilingnya, marilah memulai hari-hari yang kita lalui dengan sebuah senyuman.

284- Bunga yang indah seringkali tumbuh di atas tanah yang lembut, bukan di atas batu, begitu pula ilmu dan kebijaksanaan biasanya tumbuh dihati orang-orang yang rendah diri, bukan di hati orang-orang yang congkak dan keras hati.

283-Apapun yang terjadi, Tuhan punya rencana besar untuk kamu. Percayalah, Dia tak akan membuat kamu terus terluka, segalanya akan berakhir dengan keindahan. Amien 3.

282- Sebenarnya dalam hidup, semakin kita mampu memahami apa yang terjadi di dalam diri kita sendiri, maka sebenarnya kita kian mampu pula untuk mengolah kehidupan ini agar tidak membuat orang lain, khususnya yang terdekat tersakiti.

282-Apapun yang terjadi, Tuhan punya rencana besar untuk kamu. Percayalah, Dia tak akan membuat kamu terus terluka, segalanya akan berakhir dengan keindahan. Amien 3.

281- Sebenarnya dalam hidup, semakin kita mampu memahami apa yang terjadi di dalam diri kita sendiri, maka sebenarnya kita kian mampu pula untuk mengolah kehidupan ini agar tidak membuat orang lain, khususnya yang terdekat tersakiti.

280-Aku akui aku begitu sedih bila melihat kamu sedih, karena itu aku sebisanya berbuat apa aja agar kamu tak sedih

279-Mencinta adalah membahagiakan satu sama lain, bukan menuntut satu pihak untuk tidak berbuat yang menyakitkan, sementara diri sendiri secara egois melakukan sesuatu yang tak pernah memikirkan pihak lain.

278-Ku peringatkan saja, janganlah sekali-kali menganggap sempurna suatu inspirasi kalbu yang buahnya belum kau ketahui,karena itu jangan terlalu menggeluti itu.

-Jika ingin mengangkat derajat dan martabat diri kita cobalah dengan jalan selalu mengangkat derajat dan martabat orang lain pula.

277-Egois, sebuah individu yang melihat persoalan dari sisinya sendiri,sehingga dialah yang paling benar, seandainya mau melihat sedikit saja dari sisi orang lain, terutama orang yang terdekat, mungkin baru tahu kalau tindakan itu salah.

276-Dalam cinta dan kasih sayang tak usahlah dicari karena bila dicari sulit untuk ketemu, tetapi jika menciptakannya sebagai yang pantas dicintai dan disayangi maka cinta dan kasih sayang akan mengelilingi.

275- Aku menyerah bukan berarti aku lemah, terkadang aku harus menyerah untuk mewujudkan demi kebaikan.

274- Maaf, jika aku sering membawa kamu ke dalam suasana kesederhanaan, tapi kesederhaan yang disyukuri bersama, menurut aku itulah kenikmatan dan kebahagiaan.

273-Aku ingatkan saja, bila ternyata hal-hal sepele saja telah berhasil membuat kamu tidak suka, jangan harapkan kamu bisa menikmati kebahagiaan dalam hidup ini.

-272″Terserah,” sebuah kata sejuta makna, seakan ketidakberdayaan, keputusasaan, keraguraguan, kebingungan, tapi juga seakan sebuah kata tantangan, melawan, bahkan bentuk penolakan mengapa harus keluar dari mulut kamu,…. asyik juga lah senetron tuh.

271-Selamat pagi semua, apa saja yang ingin kita kerjakan hari ini hendaknya didasari dari pertimbangan hati nurani, bila nawaitunya baik Insya Allah hasilnya pasti baik,amien.

270-Percaya saja, kamu tak bakal temukan sebuah kebahagian jika kamu terus dibertahan di sebuah tempat dimana kamu pernah luka.

269-Apa sih yang sebenarnya yang kamu cari seakan waktu kamu habis hanya untuk itu, jangan-jangan yang kamu cari itu sebenarnya sudah ada dipangkuan kamu, cuma kamu belum mampu merasakannya saja.

268- Hendaknya kamu janganlah berubah hanya karena ada yang tak menyukai kamu. tetaplah jadi diri kamu sendiri, karena akan selalu ada seseorang yang menyayangi kamu apa adanya.

267-Sekian lama kita merajut talitemali ini, tetapi jangankan terlihat ujungnya, bayang bayangnya saja tak tak tampak, apa harus kita biarkan tali temali seperti ini, atau kita hancurkan saja, wayuu….. he he he he lebay.

266-Kuakui ku sulit membaca fikiran kamu, apakah ada sesuatu dihati kamu.

265- Dalam hidup, terlalu singkat hanya untuk mencemaskan hal-hal kecil. Nikmati saja apa yang kamu miliki hari ini itu kebahagiaan, bukan apa yang mungkin kamu miliki esok hari.

264-Dikala ada tingkah dan tindakan seseorang yang membuat hati kamu terkuka, janganlah terlalu bersedih, karena tuhan selalu menitpkan sebuah penyembuh buat kamu.

263-Dalam hidup ini, memang kita susah membangun citra diri kita yang terbaik bagi semua orang, namun setidaknya kita berusaha membangun sebuah citra terbaik untuk orang-orang sekitar kita terutama yang paling kita dicintai.

262- Hai kawan aku,marilah kita belajar untuk selalu berpikir yang besar, tapi mencoba berlatihlah untuk bahagia dengan hal-hal keci.

261-Kadangkala kita tak menyadari bahwa kesalahan yang paling buruk dalam hidup kita adalah dengan terlalu sibuk mengamati dan mengurusi kesalahan orang lain.

260-Jangan sekali-kali kita meremehkan sesuatu perbuatan yang baik walaupun hanya seuntai kata dan sebuah senyuman.

259- Kesulitan hidup membuat kita banyak berpikir, berpikir membuat kita lebih bijaksana , kebijaksanaan membuat kita lebih bisa bertahan dalam hidup.

258-Janganlah kamu merasa terlalu bersedih dikala merasa hidup kamu tidak bahagia dalam menjalahi kehidupan ini, siapa tahu dari semua itu ada seseorang atau bahkan banyak orang merasa bahagia karena ada kamu.

257-Katanya sih,cinta bak setitis embun turun dari langit, bening dan bersih, bila jatuh kelahan tandus berubah menjadi kedurjanaan, tapi bila jatuh kelahan subur berubah menjadi sebuah kesucian hati.

256-Kadangkala orang yang paling kita rindukan adalah orang yang sering membuat hidup kita tak begitu banyak sedih jika tanpa kehadiran dirinya.

255-Dalam hidup, seharusnya jangan pernah melakukan sesuatu yang menyenangkan, kalau hal itu tahu pada ujung-ujungnya hanya memberimu sebuah kesedihan.

254-Janganlah pernah kamu berikan harapan jika kamu tak mampu memenuhinya. Lebih baik jujur meski pilu.

253- Jika kamu benar-benar ingin bahagia sebaiknya sekecil apapun masalahmu harus diselesaikan, karena mana mungkin kamu memperoleh kebahagiaan jika masih adanya persoalan dalam hidupmu.

252-Percayalah, kamu akan mempunyai banyak sahabat jika kamu meminati kawan-kawan kamu, bukannya menuntut kawan-kawan kamu meminati kamu.

251-Hai kawanku, kalau kamu benar ingin bahagia, jangan biarkanlah masa lalu mengusikmu. Kamu boleh melihat ke belakang, namun jangan membawanya kembali!

250-Untuk mencari sebuah kebahagiaan temukanlah dia yang tidak takut mengakui bahwa dia merindukan dirimu, serta selalu memperlakukan kamu sebagai seorang yang sempurna, padahal dia tahu bahwa kamu tidak sempurna.

249-Doaku hari ini: Ya Tuhan, terima kasih atas semua yang telah Kau berikan, maaf jika perkataan dan perbuatanku belum sesuai dengan engkau harapankan, karena aku tetap berusaha menjadi yang terbaik.

248-Hidup ini memang indah dan akan lebih indah lagi jika kita berhasil membuat orang -orang sekeliling kita berbahagia.

247-Sebenarnya kita ini diberi kenikmatan oleh yang di atas lebih dari cukup, semakin disyukuri nikmat itu kian nikmat rasanya, tetapi bila sering dikeluhkan kenikmatan itu seakan tak berarti apa-apa.

246-Mereka yang berbahagia bukanlah mereka yang hidup tanpa masalah, melainkani mereka yang terampil mengelola setiap masalah menjadi sebuah hikmah.

245-Ketimbang terus memikirkan hal buruk yang telah lalu atau yang mungkin terjadi dalam kehidupan kamu, lebih baiklah terus bersyukur terhadap hal -hal yang indah dan baik yang telah banyak menghiasi hari-hari kamu.

244-Katanya sih senyum adalah cara untuk menyelesaikan banyak masalah, dan diam adalah cara untuk menghindari banyak masalah.

243-Selamat pagi semua, taburkanlah sebanyakmungkin benih-benih kebaikan dalam hari-hari yang kita jalani, bila hal itu dilakukan sudah dipastikan akan memproduksi buah kebahagian dan kedamaian.

242-Berduka dan menyesali masa lalu tak kan pernah mampu mengubah keadaan. Hanya bergerak, melangkah dan berbuatlah yang bisa menggantikan kedukaan menjadi sebuah kebahagiaan.

241- Kadangkala dalam hidup kita dihinggapi perasaan kesepian yang mendalam, artinya kita disuruh oleh yang di atas untuk selalu menjunjung tinggi dan menghargai indahnya kebersamaan.

240-Seandainya pendapat kamu tak didengar atau tak dihiraukan orang lain berarti kamu harus belajar lagi tentang bagaimana cara menghargai orang lain.

239-Hai kawanku, kalau kamu benar ingin bahagia, jangan biarkanlah masa lalu mengusikmu. Kamu boleh melihat ke belakang, namun jangan membawanya kembali!

238-Mengapa kita meski terus memikirkan hal-hal yang buruk yang pernah terjadi dalam hidup kita, lebih baik kita bersyukur dan menikmati hal-hal yang indah yang sering pula menghiasi hidup kita.

237- Kata orang bijak janganlah kamu mengeluh tentang harimu, mungkin saja setiap harimu selalu kurang baik, tetapi percayalah pasti ada yang terbaik dalam setiap harimu yang kamu lalui.

236-Selamat pagi, selamat di hari minggu, kembali mengingatkan saja bahwa Tuhan tidak pernah membiarkan hambanya selalu terlarut dalam kesedihan, pasti ada rencana Tuhan yang indah guna membayar semua linangan air mata itu.

235- Yang namanya mencintai itu bukanlah yang berusaha mengubah kamu, tetapi adalah yang berhasil menerima kamu dan bersedia tumbuh dewasa bersama dengan kamu.

234-Untuk mencari sebuah kebahagiaan temukanlah dia yang tidak takut mengakui bahwa dia merindukan dirimu, serta selalu memperlakukan kamu sebagai seorang yang sempurna, padahal dia tahu bahwa kamu tidak sempurna.

233-Kadangkala kita ini selalu merindukan apa yang belum kita miliki. Tapi sebenarnya jika kita mensyukuri apalagi mencintai apa yang sudah kita punyai maka sebenarnya kita tak perlu yang lainnya.

232-Komentar untuk seseorang, mungkin saja saat hubungan kalian berdua berakhir, bukan lantaran kalian berhenti saling mencintai. melainkan hanya ingin berhenti saling menyakiti.

231-Nasehat untuk seseorang , janganlah kamu terus tangisi dia yang telah meninggalkanmu, karena suatu saat ada seseorang yang akan berterimakasih padanya, karena telah melepaskanmu.

230-Satu hormon yang membuat badan jadi sehat di dalam tubuh akan terproduksi sendiri di kala hati kita sedang mood, kapan hormon itu lebih besar terperoduksi, ternyata hasil penelian adalah saat bercinta, benar kah ?

229-Mengingatkan saja, saling mencintai artinya membahagiakan satu sama lain, bukan menuntut satu pihak untuk membahagiakan pihak lain.

228-Jikalau ada seseorang yang menurut kamu istimewa di hatimu, namun tak mampu mencintai dirimu ketika kamu menjadi dirimu sendiri, maka sebenarnya dia tidaklah istimewa bagimu.

227-Kalau menurut kamu memang harus kamu dilepaskan, lepaskankanlah, tetapi itu bukan lantaran tidak cinta, melainkan semata untuk dirimu sendiri, yang selama ini dibiarkan terus terluka.

226-Ketika dia pergi memberimu seratus alasan untuk menangis, tunjukkan padanya bahwa kamu punya seribu alasan untuk bisa tersenyum.

225-Katanya sih bagi seseorang yang selalu ingin melihat kebaikan dalam setiap hal berarti memiliki pikiran yang baik, dan yang memiliki pikiran baik seperti ini biasa selalu memperoleh kenikmatan hidup, moga kita seperti itu, amien 2x.

224-Katanya sih kalau kita tak mampu menjadi sebuah pensil untuk menuliskan kebahagiaan terhadap orang lain, setidaknya bisa menjadi penghapus untuk menghiangkan kesedihannya.

223-Jika kita melihat ada sesuatu yang salah, mungkin saja kesalahan itu bukan pada apa telah kita lihat, tetapi kesalahannya dari bagaimana cara kita melihatnya.

222- Memang yang selalu bernilai dan berharga itu tidak meski harus materi, namun kadangkala sebuah pengertian dan kesetiaan lebih bernilai ketimbang segalanya.

221-Sebenarnya kita ini diberi kenikmatan oleh yang di atas lebih dari cukup, semakin disyukuri nikmat itu kian nikmat rasanya, tetapi bila sering dikeluhkan kenikmatan itu seakan tak berarti apa-apa.

220-Dalam menjalani hidup ini sebaiknya janganlah terbersit sedikitpun untuk meremehkan seseorang, siapa tahu orang yang diremehkan itu justru nantinya menjadi orang yang paling dibutuhkan.

219-Satu hal kesalahan besar yang sering kita lakukan dalam hidup ini yaitu selalu meminta pembenaran dari orang lain, padahal sebenarnya kita tahu saja jika kehendak kita itu adalah sebuah kesalahan.

218-Terkadang kita itu tak perlu malu untuk menangis guna membersihkan mata kita agar lebih jernih, hingga bisa melihat dan menikmati sebuah kebahagiaan kedepan.

217-Untuk seseorang, janganlah kamu bandingkan orang yang mencintaimu sekarang ini dengan masa lalu kamu, bila kamu bisa menghargai yang sekarang maka itulah kebahagian kamu.

216-Ada nasehat jika kamu ingin disayangi, dihargai, atau pun dihormati oleh siapapun maka lakukanlah hal itu sekarang kepada siapapun, jangan tunggu siapapun melakukan terlebih dahulu kepada kamu.

215-Jangan engkau hindari setiap momen dalam kehidupan ini, tetapi bagaimana engkau bisa menghargai serta menikmati setiap momen itu, agar engkau jangan menyesal bila semua itu hanya tinggal kenangan.

214-Satu hal yang paling buruk dalam kehidupan ini adalah selalu mencari-cari dan mempersoalkan keburukan orang lain.

213-Sebenarnya orang yang pantas kita tangisi tidak bakalan membuat kita menangis, tetapi seharusnya orang yang bisa membuat kita menangis tidak pantas kita tangisi, namun karena kita ini manusia biasa kadangkala walau sudah tahu itu tetap saja kita menangis.

212-Doaku hari ini: Ya Tuhan, terima kasih atas semua yang telah Kau berikan, maaf jika perkataan dan perbuatanku belum sesuai dengan engkau harapankan, karena aku tetap berusaha menjadi yang terbaik.

211- Memang benar dalam menjalani kehidupan ini diibaratkan bagai naik sepeda,agar tidak terjatuh kita harus terus bergerak dan mengayuh karena itu marilah kita terus bergerak dan mengayuh.

210-Berlakukanlah setiap orang lain dengan sebuah kebaikan hatimu, dengan begitu nilai penghargaan yang akan diterima bukan dari siapa orang lain melainkan siapa dirimu.

209-Marilah kita berlomba menjadi manusia terbaik dimuka bumi ini dengan selalu membuat orang lain tersenyum di setiap apa yang kita bisa kerjakan.

208-Selamat pagi, selamat berhari Minggu dan moga kamu tetap tersenyum hari ini, siapa tahu dari senyuman kamu itu ada seseorang yang merasa hidupnya paling bahagia di hari ini.

207- Cara terbaik menjalin hubungan dengan siapapun adalah janganlah menambah duka seseorang jikalau kita tak sanggup menghadiahkan sebuah kebahagiaan.

206-Satu hal yang perlu kita ingat dalam hidup ini, jika kita tak ingin dirugikan, disakiti, direndahkan, ataupun di jelek-jelekan, maka alangkah baiknya jika kita tidak melakukan hal-hal semacam itu kepada siapapun.

205- Memang seharusnya kita ini menyadari bahwa, segala sesuatu dalam kehidupan tak meski harus sempurna guna meraih kebahagiaan, karena kesempurnaan hanya pada tuhan, dan apa yang kita mau belum tentu apa yang mau tuhan inginkan.

204-Jangan pernah menyesali apapun yang sudah kamu lakukan dengan keikhlasan hati, sesuatu yang datang dari sebuah keikhlasan hati akan selalu berarti dikemudian hari.

203-Janganlah pernah lelah mempersembahkan sekecil apapun untuk kebaikan terhadap orang lain, sebab dari hal-hal kecil itulah bisa menciptakan kebahagiaan yang besar dihati kita.

202-Salah satu penyebab kita kurang bahagia dalam hidup, karena seringkali lupa apa yang sudah kita miliki, tetapi sering kali ingat apa yang sudah orang lain punyai.

201-Marilah kita terus memupuk pikiran- pikiran dalam hal sekecil apapun yang bisa melahirkan kebaikan, sebab pemilik pikiran yangg baik dipastikan memperoleh kenikmatan hidup.

200- Alangkah indahnya hidup ini jika setiap menit waktu yang kita habiskan menjadi sangat berarti bagi diri kita maupun orang lain dan menjadikan setiap perbuatan terus melahirkan sebuah kebahagiaan sesamanya.

199-Doa aku hari in, ya Tuhan, jauhkankanlah jiwa ini dari perasaan sedih, dan ijinkan aku menjadi pribadi yang selalu memiliki keinginan untuk terus berubah menuju kebaikan-Mu.

198-Hidup ini memang indah dan akan lebih indah lagi jika kita berhasil membuat orang -orang sekeliling kita berbahagia.

197-Sebenarnya kita ini diberi kenikmatan oleh yang di atas lebih dari cukup, semakin disyukuri nikmat itu kian nikmat rasanya, tetapi bila sering dikeluhkan kenikmatan itu seakan tak berarti apa-apa.

196-Seharusnya kita ini memiliki sebuah hati yang tak pernah membenci, memiliki perkataan yang tak pernah menyakiti, dan memiliki sebuah kasih sayang yang tak pernah ingin berakhir.

195-Walaupun kita tidak tahu bagaimana keadaan untuk hari esok, tetapi hendaknya kita selalu berusaha dan berbuat sebaik-baiknya, setidaknya untuk kebahagiaan hari ini.

194-Benarkah pria sering kali kehilangan wanita yang dicintainya, lantaran pria tak pernah mau belajar menghargai perasaan wanitanya.

193-Seandainya kamu menangis hari ini boleh jadi tangisan kamu itu hanya membasahi mata kamu agar lebih jernih untuk melihat kebahagiaan yang lebih baik di hari esok.

192-Hai kawanku,Janganlah kamu terus tangisi dia yg telah pergi, tetapi sebaliknya kamu tersenyumlah, mungkin dia telah memberimu kesempatan untuk bertemu seseorang yang lebih baik lagi.

191-Hai kawanku, aku lihat kau begitu lelah menoleh kebelakang, hentikanlah itu tataplah didepanmu karena masa depanmu ada di depan bukan dibelakang, kalau kalu masih sering menoleh kebelakang kau pasti akan tertabrak.

190-Kadangkala kita ini aneh terlalu sering melihat kebahagiaan itu bagaikan melihat sebuah pelangi yang terlalu indah bila berada di atas kepala orang lain.

189-Malam pergantian tahun sebuah penomena kontradiktif, seharusnya usia kita berkurang mengapa kita meski tiup terompet, nyalakan kembang api, dan hura-hura.

188-Hendaknya kita tak usahlah meremahkan apalagi menghina sesuatu yang dianggap kecil, karena jarum yang kecil saja kadang-kadang bisa menumpahkan darah

187-Berbagai kesulitan hidup janganlah terlalu kamu ratapi, kalau perlu kamu syukuri, karena kesulitan semacam itu bisa melahirkan berbagai kreatifitas hidup yang hasilnya bisa lebih baik dari apa yang kamu bayangkan.

186-Doa yang terbaik hari ini: Tuhan, mudahkan segala urusan aku hari ini, agar aku bisa melakukan apa saja, yang kesemuanya mengarah kepada kebaikan.

185-Hanya tiga hal yang membuat hubungan dengan pasangan, teman,dan kekekarabatan langgeng yaitu kejujuran, komitmen, serta pengertian.

184-Kebahagian itu sebenarnya bukan diukur dari seberapa banyak yang sudah kita miliki, tetapi kebahagiaan diukur dari seberapa banyak yang sudah kita syukuri dari apa yang sudah kita miliki.

183–Dalam menjalani hidup ini sebaiknya janganlah terbersit sedikitpun untuk meremehkan seseorang, siapa tahu orang yang diremehkan itu justru nantinya menjadi orang yang paling dibutuhkan

182-Salah satu cara agar kita selalu bisa ikhlas dalam menjalani kehidupan ini dengan cara apapun yang kita dikerjakan jangan dianggap sebuah beban, tapi anggaplah sebuah hiburan.

181‎-Kadangkala bukan lantaran kenangan buruk yang membuat kita bisa bersedih, tetapi bisa saja kesedihan kita muncul lantaran kenangan indah yang pernah kita alami tetapi tak mungkin bisa terulang lagi

180-‎- Bila setiap perbuatan sekecil apapun yang kamu lakukan selalu mampu membahagiakan dirimu dan orang lain, maka itu adalah sikap yang mencerminkan kepribadian yang sangat mulia.

179–Kalau kita selalu memikirkan permusuhan maka kita akan dimusuhi, begitu juga kalau kita selalu memikirkan kebencian maka kita akan pula dibenci, karena itu marilah kita selalu memikirkan kasih dan sayang kepada siapa pun maka kita pun akan selalu disayangi

178- Janganlah kamu menyesali apa yang sudah kamu ungkapkan dalam perasaan. Karena jika kamu menyesali berarti sama saja kamu menyesali sebuah kebenaran.

177- Menghadiahkan hal-hal kecil seperti pujian kepada orang lain di sekitar anda adalah awal investasi bagi kebahagiaan anda dikemudian hari.

176-Sesungguhnya waktu itu adalah kehidupan, kehidupan adalah waktu, sejauhmana menghargai waktu, berarti sejauh itu pula menghargai kehidupan, barang siapa menghargai waktu maka dialah orang yang beruntung.

175- Dalam hidup, semakin kita mampu memahami diri kita sendiri, maka semakin mengerti apa yg mungkin membuat orang lain tersakiti.

174-Persahabatan yang didasari oleh sebuah keikhlasan hati dan lembaran kasih sayang, akan melahirkan keabadian dalam kebersamaan.

173-Katanya sih, sahabat itu bagaikan bintang, walau jauh dia bercahaya, meski kadang menghilang dia tetap ada, tak mungkin dimiliki tapi tak bisa dilupakan.

172-‎ Hidup yang kita jalani ini memang cukup berat, tetapi akan terasa ringan dan indah bila hari-hari yang kita lalui itu diwarnai dengan kebaikan-kebaikan, sebab orang lainpun selalu membalasnya dengan kebaikan pula.

171-Janganlah pernah lelah memberikan sesuatu kepada orang lain, walau hanya secuil, siapa tahu dari hal-hal yang secuil itu telah melahirkan kebahagiaan yang luar biasa.

170–Bila kita menjalani kehidupan ini penuh dengan perasaan bersyukur itu sudah merupakan sebuah kebajikan yang terbesar, bahkan akan menjadi induk dari segala kebajikan-kebajikan yang lainnya.

169-Jangan peduli siapa yang memberikan nasihat, kalau nasehat itu baik manfaatkanlah, karena telur aja keluar dari lokasi kurang baik, tetapi karena enak dan bermanfaat maka juga tetap digunakan

168-Sebaiknya dalam menjalani hidup ini kita harus belajar untuk berpikir hal yang besar, tetapi berlatih untuk bahagia dengan hal-hal yang kecil

167-Orang yang selalu bertindak hati-hati tidak mungkin meminum racun, meskipun ia sendiri sudah punya penawarnya

166-Dalam menata kehidupan ini biarkanlah Imajinasi kita terus bergerak maju, tetapi jangan sampai akhlak kita bergerak mundur

165-Sesuatu keburukan bukanlah untuk diperbaiki namun harus dihilangkan, tetapi kekurangan bukanlah untuk dihilangkan namun untuk diperbaiki

164-Agar hubungan kita dengan orang lain langgeng sebaiknya janganlah melupakan kebaikan-kebaikan kecil tetapi jangan pula selalu mengingat-ingat kesalahan-kesalahan kecil

163-Kadangkala hidup kita ini rada aneh, terlalu sering meratapi dan mendambakan apa yang belum kita capai, dengan melupakan dan saakan tak pernah mensyukuri apa yang sudah kita peroleh

162- Kadangkala kita ini terlalu banyak mengolah rencana, tetapi terlalu sedikit untuk berfikir

161–Janganlah kita merasa mampu sendiri, karena matahari sebesar itupun masih minta bantuan rembulan agar bisa menerangi bumi

160-Kata-kata yang lembut akan mampu melembutkan sebuah hati yang keras sebaliknya kata-kata kasar bisa pula mengubah hati yang lembut menjelma menjadi hati yang kasar, maka hati-hatilah berkata-kata.

159-Upayakanlah menjadi orang yang selalu terlebih dahulu mengucapkan sapa dan salam bila ketemu siapapun, jabatlah tangan, jangan lepas tangan sebelum orang lain melepaskanya, nikmatilah menjadi penebar kebaikan dan kebahagiaan bagai matahari yang selalu memancarkan sinarnya.

158-Tak usah kikirlah untuk tersenyum, karena sebuah senyuman yang tulus terkadang mampu menyentuh lubuk hati siapa pun, bisa meredam kemarahan, mencairkan kebekuan, dan menghangatkan suasana, senyum tak mungkin dimiliki orang yang keji, sombong, angkuh, oleh sebab itu jadikan hari-hari kita dengan hiasan senyuman.

157-Cobalah jangan kau pikirkan dan pedulikan apa yang sudah kamu lakukan terhadap kebaikan kepada orang lain, pasti orang lain akan berfikir apa yang sudah kamu lakukan atas kebaikan itu.

156-Perasaan wanita sangat peka dengan selalu mengutamakan perasaannya, saat ada permasalahan dan hati sedang galau air mata wanita pun tertumpah, bukan karena cenggeng, tapi dengan air mata itulah wanita menumpahkan segala rasa, benarkah ?

155-Janganlah bersedih bila menghadapi kesusahan, sebab biasanya sebuah kesusahan akan berakhir dengan sebuah kegembiraan, bak gelap malam yang paling pekat pun pasti akan menjemput pagi yang menyenangkan

154- -Ingatlah bahwa keberuntungan itu bukan diukur dari seberapa banyak apa yang sudah kamu peroleh tetapi keberuntungan bisa dilihat dari seberapa banyak apa yang sudah bermanfaat bagi dirimu dan orang lain.

153-Jadikanlah diri kita sebagai seorang yang pemaaf yang tulus terhadap kekurangan dan kesalahan orang lain, karena dengan cara itu kita telah mengangkat citra dan derajat diri kita sendiri.

152-Hal besar biasanya hanya dimulai dari sebuah impian, maka tanamlah impian itu agar berbuah pada pohon yang rindang hingga mampu menaungi banyak orang

151-Lakukanlah minimal satu kebaikan setiap hari, maka kamu akan menebarkan mukjizat di sekelilingmu, bila kamu lakukan hingga akhir hayatmu berapa besar kebaikan itu, seandainya dilakukan tiap orang penduduk 5-8 miliar di dunia ini, maka betapa bahagianya bumi ini.

150-Kata ulama, ada dua nikmat yg kurang dimanfaatkan dengan baik oleh kita, padahal kedua nikmat itu bila dimanfaatkan dengan baik bukan saja menyelamatkan kita di dunia tetapi juga di akhirat, yakni nikmat sehat dan nikmat waktu

149-Pastikan hari ini kamu tetap berpuasa, karena bila tetap berpuasa sudah dipastikan akan menemukan kenikmatan yg luar biasa, yakni nikmat saat tegukan air pertama buka puasa, bila kamu tak berpuasa jangan berharap memperoleh kenikmatan itu

148-Kata ulama, berpuasa melatih manusia untuk berlaku jujur, karena dalam ibadah puasa tidak ada unsur ria atau ibadah untuk dilihat orang, seorang itu berpuasa atau tidak, tak ada orang lain yg tahu, kecuali hanya dirinya sendiri

147-kata ulama, di antara syahwat besar yang dapat menyesatkan manusia adalah syahwat perut dan kemaluan. Puasa membiasakan jiwa mengendalikan kedua syahwat tersebut.

146-Kata Ustadz Maulana, apalah artinya kebahagiaan kalau kebahagiaan itu diraih dengan memunculkan perasaan sakit hati dipihak lain, apalagi kalau sudah mengorbankan perasaan orang tua

145-Untuk memperoleh kasih sayang, jangan menuntut agar kita disayangi, tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada siapapun tanpa mengharapkan balasan

144-Menurut Ustadz Nur Maulana,kemuliaan atau kualitas seseorang manusia bisa dilihat dari tingkat kesabarannya, dimana selalu tahan menerima berbagai ujian, “ulul azmi”

143-Banyak ungkapan mengenai lidah, lidah buaya, bersilat lidah, lidah ta bertulang dan lainnya, begitu pentingnya soal lidah, karena itu jagalah lidahmu karena lidahmu menggambarkan siapa dirimu

142-Untuk memperoleh kasih sayang, jangan menuntut agar kita disayangi, tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada siapapun tanpa mengharapkan balasan

141-Sekemilaunya sebuah batu berlian tak terlepas dari gosokan dan gesekan sebelumnya, begitu juga seorang manusia disempurnakan dengan cobaan hidup

140-Berikanlah kasih sayangmu kepada mereka yang telah terpilih untuk kamu sayangi sebelum waktu terus berlalu

139-Kebahagiaan akan tumbuh dan berkembang bila kita mampu menyebarkan benih kebaikan kepada sebanyak mungkin orang

138-Apalah artinya sebuah kehormatan dan kekayaan jika harus mengorbankan ketentraman dalam kehidupan

137-Untuk mengurangi gangguan stress sebaiknya kita jangan terlalu berharap kepada siapa pun.

136-Lebih baik memperbaiki sebuah lantera agar bisa dinyalakan ketimbang harus meratapi dan mengutuk kegelapan

135-Kata ustadz Maulana, kita lahir tak membawa apa2 dan matipun tak membawa apa2, hanyalah hidup dengan kejujuran lah yang bisa membawa kita kesurga

134-Kata ustadz maulana, hendaknya kita tak akan pernah menyesal tidak melakukan sesuatu untuk sebuah kebaikan, terutama yang mendatangkan pahala, selamat menghadapi Nisfu Sa’ban

133-Kata ustadz Maulana, harta tidak bisa mendoakan kita, sementara keluarga bisa mendoakan kita, tetapi kenapa gara2 harta kita harus pecah berkeluarga

132-Kata Ustadz Maulana, jangan pernah kita meratapi, menyesali, atau menyalahkan takdir, tetapi bagaimana kita lapang dada menerima takdir lalu mengolahnya, karena takdir sudah ada yang mengaturnya

131-Kata Ustadz Nur Maulana, boleh saja kita menumpuk harta sebanyaknya, tetapi bagaimana harta itu dikelola agar sebanyak mungkin orang bisa tersenyum

130-Kata ustadz Nur Maulana, tak boleh terbayangkan sedikitpun untuk meremehkan kaum perempuan, khususnya ibu, karena setetes air susu ibu tak bisa dibalas walau dengan seisi dunia sekalipun

129-Kata ustadz Nur Maulana, bila kita mampu mensyukuri nikmat-nikmat khususnya nikmat membaca maka kita akan menjadi insan Best of the Best

128-Kata Ustadz Maulana, nama bukan hanya sebutan dan panggilan tapi bisa berupa doa, oleh karena itu sudahkah kita bertindak dan bertingkah guna mengangkat derajat dan kemuliaan sesuai nama yang kita sandang

127-Kata Ustadz Nur Maulana, kematian itu pasti datang, tetapi seseorang baru akan benar-benar mati, jika ia dilupakan oleh orang.

126-Kata Ustadz Nur Maulana, janganlah menyalahkan siapa-siapa bila kita terserang penyakit, siapa tahu adanya penyakit merupakan teguran agar kita sadar betapa pentingnya sehat, dan ingat kepada yg di atas

125-Sehebat2-nya perjalanan saeorang pengeliling dunia pasti diawali dengan satu langkah. karena itu untuk mencapai keinginan segeranya awalai dengan satu langkah

124-Berikanlah kasih sayangmu kepada mereka yang telah terpilih untuk kamu sayangi sebelum waktu terus berlalu

123-Sekemilaunya sebuah batu berlian tak terlepas dari gosokan dan gesekan sebelumnya, begitu juga seorang manusia disempurnakan dengan cobaan hidup

122-Untuk sebuah kebahagiaan tidak mesti harus memiliki hal yang terbaik, tetapi bagaimana menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang ada dalam hidup ini

121-Kehalusan budi seseorang bagaikan menyemburkan minyak wangi karena sekelilingnya akan merasakan keharumannya

120-Kata-kata lembut dan senyuman yang tulus melahirkan sentuhan yang dalam dilubuk hati siapapun

119-Keramahan membuat orang lain merasa diterima dan dihargai, dan merasa betah berada dekat kita

118-Cobalah pandang segala sesuatu dari kacamata orang lain. Apabila hal itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin hal itu juga menyakitkan hati orang lain pula.

117-Bila kita ingin diperhatikan, mulailah memberi perhatian kepada orang lain, begitu pula bila ingin dihargai, mulailah menghargai orang lain

117-Kebahagiaan hanya bisa dicapai dalam kehidupan ini hanyalah dengan cara menjalin hubungan yang membahagiaan dengan sebanyak mungkin orang.

116-Bila ingin memperoleh kasih sayang dari orang lain, kamu harus menggalinya, bak menggali air tanah, bila menggalinya dangkal hanya dapat air yang keruh, galilah mendalam untuk air bening dan bersih

115-Kadangkala kita ini aneh, sering kita tidak tahu apa yang sudah kita miliki hingga tidak pernah mau mensyukurinya, dan baru sadar betapa berartinya yang kita miliki itu setelah ia hilang dari kehidupan kita

114-Hendaknya janganlah kamu menutup telingamu hanya untuk mendengar dari orang yang ingin mengatakan sesuatu dengan setulus hati

113-Carilah teman-teman dekatmu yang bisa membuat kamu tersenyum, karena senyuman membuat hari-hari dalam kehidupanmu menjadi indah

112-Cobalah anda menyukai diri sendiri maka anda akan kian mudah menyukai orang lain, dengan demikian kian besar peluang anda untuk disukai orang lain.

111-Sebaiknya biarkanlah hati kita yang mengatakan karena hati tak pernah berbohong, sementara bibir kita seringkali berdusta terhadap apa yang kita rasakan

110-Sungguh indah dan nikmatnya menjalani hari-hari dalam kehidupan ini jika kita saling mengerti dan memahami

109-Ucapan yang sering kita lakukan bisa jadi menjadi doa untuk kita sendiri maupun orang lain, karena itu janganlah sembarang untuk mengeluarkan sebuah ucapa

108-Tak usahlah kita mencari kesana-kemari teori kebahagiaan, sebab kebahagiaan itu berada di dalam hati kita sendiri

107-Memang sulit ya berikan kepercayaan kepada seseorang bila seseorang itu telah mengkhianati kita, namun sulit pula bagi kita meraih kepercayaan lagi bila kepercayaan yang diberikan seseorang kepada kita, kita sia-siakan

106-Sudah tahu kebanyakan rezki itu datangnya dari manusia, mengapa kita tidak berbuat baik sebanyak mungkin dengan manusia

105-Selalu yakin atas kemampuan sendiri adalah senjata paling ampuh untuk melewati

tantangan dalam hidup ini

104-keberadaan kamu hari ini mungkin akan sama saja dengan keberadaan kamu lima tahun mendatang, kecuali bila kamu terus berbuat baik terhadap orang-orang di sekliling kamu

103-Mereka-mereka yang memiliki kelebihan ternyata adalah mereka-mereka yang rendah hati mengakui kelebihan orang lain

102-Janganlah terbersit sedikitpun untuk menyakiti hati terhadap orang-orang yang sudah menyanyangimu, karena bila itu terjadi sama artinya kamu mengubur dirimu sendir

101-Kebahagiaan kamu bisa dilihat dari bagaimana anda mampu membahagiaan orang-orang sekitar kamu

100-Ternyata rahasia untuk sebuah keberhasilan dalam menjalani kehidupan hanyalah bila mampu menghormati orang lain

99-Kadangkala kita ini, selalu berkeinginan untuk melakukan perubahan ke arah kemajuan, tetapi yang kita lakukan dalam hari-hari dilalui hanya dari itu keitu saja

98-Salas satu cara untuk menenangkan perasaan hati adalah dengan selalu mempertimbangkan keselamatan dalam tindakannya

97-Janganlah dibiarkan hati kita hanyut bagaikan perahu tak berkemudi, karena bila hal itu dibiarkan sudah pasti tidak bakal singgah kepelabuhan

96- Nilai kebaikan hati seseorang bisa diukur dengan ketidakmampuan untuk tetap tenteram jika ada orang lain yang merasa gelisah

95-Sekian orang datang dan pergi dari kehidupanmu, tetapi hanya mereka yang mengerti kamu yang akan meninggalkan bekas di dalam hatimu, makanya dekatilah mereka yang mengerti itu dengan kebaikan-kebaikan kamu

94-Bila kamu ingin melakukan sebuah pekerjaan, kerjakanlah sekarang, agar tidak ada penyesalan dengan kata-kara jika aku kerjakan sejak dulu

93-Seringkali manusia itu berusaha hidup tegar, tetapi perasaan hampa selalu saja menghinggapinya, sehingga seakan sulit menikmati hari-hari yang dilalui, itulah hidup manusia

92-Kata orang semakin banyak berbicara tentang diri sendiri, semakin banyak pula kemungkinan untuk berbohong.

91-Kamu jangan dulu merasa berhasil dalam hidup, kalau kamu belum menolong banyak orang agar berhasil secara bersama-sama

90-Fikiran modal utama dalam menciptakan keberhasilan hidup, tetapi fikiran tidak menjamin keberhasilan tanpa dikelola secara kreatif

89-Seheba2tnya pengeliling dunia dimulai dari satu langkah, makanya janganlah ragu untuk melangkah, melangkahlah

88-Sekecil apapun pertanyaan lebih berarti, karena sebodoh2nya orang kalau mau bertanya lebih baik daripada orang tidak bertanya, karena ia akan tetap bodoh selamanya

87-Hidup anda mau putih, merah, hitam atau warna apa saja tergantung anda sendiri, lakukan apa saja agar anda tak meyesal membentuk warna hidup anda

86-Keberhasilan hidup kamu bisa saja terjadi walau semua orang tidak percaya kamu, tetapi jangan bermimpi bisa sukses jika kamu sendiri tidak percaya atas diri kamu

85-Kadangkala manusia itu lemah, walau berusaha menjalani hidup dengan terus tegar, tapi saat dikecewakan ternyata sedih juga

84-Kepercayaan, sebuah kata yang sangat sederhana, tetapi memiliki kekuatan yang sangat luar biasa bagi sebuah kesuksesan hidup, bila kita mampu menjaganya

83-Senyum tidak hanya akan menampilkan wajah yang cerah, namun juga menghangatkan jiwa

82-Kadangkala perkataan itu meluncur bak air dipancoran, tapi sering tak disadari perkataan itu begitu keras lebih keras dari batu dan bahkan lebih tajam dari tusukan jarum, panasnya melebiri bara api

81-Kesempurnaan seseorang adalah yang mau belajar dari kesalahan, tetapi sangat memilukan jika seseorang berkeras menyatakan benar, kenyataannya terbukti salah

80-Orang bijaksana selalu melengkapi kehidupannya dengan banyak persahabatan, gunakanlah sarana Facebook ini sebagai media persahabatan yang baik.

79-Kalau tak ada lagi daging makanlah dulu tulang siapa tahu di dalam tulang terdapat sebuah sumsum yang lebih lezat dari sebuah daging

78-Sebenarnya semua manusia itu baik, asal kita mampu melihat kebaikan itu, semua manusia menyenangkan bila kita bisa menikmati kejenakaanya, tapi semua manusia akan buruk dan membosankan bila kita tidak bisa merasakannya keduanya.

77- Kadangkala jalur menuju kebahagiaan bukanlah hamparan kasur yang empuk melainkan lembah yang penuh onak dan duri, oleh karena itu tak usahlah dulu menggerutu bila sedang berada di lembah seperti itu

76- Masa depanmu memang ada kaitannya dengan masa lalu, tetapi kamu tak bisa hidup dengan baik jika selalu mengingat kegagalan dan sakit hati masa lalumu

75-Diantara impian dihari esok dan penyesalan di hari-hari yang lalu masih terdapat kesempatan di hari ini, karena itu manfaatkanlah waktumu di hari ini, selamat bekerja kawan2

74-Banyak ungkapan mengenai lidah, lidah buaya, bersilat lidah, lidah ta bertulang dan lainnya, begitu pentingnya soal lidah, karena itu jagalah lidahmu karena lidahmu menggambarkan siapa dirimu

73-Sesungguhnya perilaku itu adalah ladang, maka tanamlah perilaku itu dengan benih-benih kebaikan, seandainya benih-benih kebaikan yang ditanam itu tidal tumbuh semuanya, pasti akan tumbuh sebagian yang akan kembali kebaikan itu kepada kita

72-Desah napas sudah merupakan anugerah mengapa kita meski mengeluh, persoalan identik dengan hidup, mestinya bersyukur masih ada persoalan, berarti kita masih hidup

71-Marilah kita mencari teman dengan orang yang mampu mendendangkan alunan lagu yang ada dihati kita, dan akan menyanyikan lagi lagu-lagu itu bila kita sedang lupa akan syair dan iramanya

70- Kerang yang selalu terkena gelombang laut seringkali menghasilkan sebuah mutiara yang bernilai mahal ketimbang kerang yang berada di air tenang yang hanya bisa menjadi santapan

69- memperingati tahun baru bukannya menonjolkan kegiatan sesaat melainkan sebuah perenungan terhadap apa yang sudah kita lakukan bagi sebuah kebaikan dan kemaslahatan.

68- Lidah praktis tidak berat sama sekali, tetapi hanya sedikit orang yang dapat memegangnya.

67- Bertemanlah dengan orang yang suka membela kebenaran agar hidupmu tidak tertempa sebuah kecurangan akibat persahabatan

66- berfikir secara rasional tanpa dipengaruhi oleh naluri dan emosi merupakan satu cara terbaik menyelasaikan masalah

65- Dengan sekian banyak memberi, maka kianmeningkatkan kualitas diri , semakin meningkat kualitas diri maka kian banyak yang diterima

64-Janganlah bersedih bila doa kita belum dikabulkan yang di atas, siapa tahu yang di atas sedang menyusun sesuatu yang kita perlukan, bukan sesuatu yang kita inginkan

63- Mengapa kita seringkali terjebak untuk selalu memikirkan masalah-masalah, lalu melupakan persoalan yang memberikan peluang-peluang yang mampu menggiring ke dalam kehidupan yang lebih baik

62-Senyum adalah modal yang sangat berharga untuk keberhasilan kita, karena itu tak usahlah pelit untuk tersenyum.

61-Tiga sifat yang menyebabkan seseorang tidak tentram dalam menjalani kehidupaanya, yakni iri hati, dengki, dan berakhlak buruk

60-Waktu luang merupakan peluang untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan tetapi seringkali peluang itu kita dibiarkan menjadi kesempatan untuk tidak melakukan apa-apa.

59- Mengapa kita sering memunculkan pertengkaran, padahal kita ini dilahirkan berasal dari sebuah kemesraan

58- Semoga kamu memperoleh kebahagiaan yang cukup

untuk membuat kamu baik hati

57- Hiidup sekali saja didunia ini, tetapi jika hidup dengan benar, sekali saja sudah cukup.Yang penting bukan berapa lama kita hidup, tetapi bagaimana kita hidup.

56- Sesungguhnya perilaku ibaratkan sebuah ladang, maka tanamlah dengan bibit-bibit kebaikan, niscaya kebaikan yang ditanam akan berbuah menjadi sebuah kebaikan yang lebih besar

55- Janganlan menonjolkan pembicaraan yang mengarah kemasalah orang lain, karena pembicaraan seperti itu menunjukan fikiran yang kerdil, lebih baik menonjolkan pembicaraan yang mampu melahirkan sebuah ide-ide sebagai bentuk perwujudan pikiran yang besar.

54- Kadangkala sesuatu menurut kita baik belum tentu benar. tetapi bisa jadi yang benar belum tentu baik. yang baik belum tentu pula bagus, dan bagus bukan berarti pula berharga, serta yang beharga belum tentu disuka

53-Tidak salahnya dalam menjalani kehidupan ini belajar dari kesalahan orang lain. karena kita tidak dapat hidup cukup lama untuk memperoleh semua itu dari diri kita sendiri.

52- Hal yang paling menakutkan dan memalukan dalam hidup ini adalah perasaan takut dan malu itu sendiri, karena itu janganlah kita menjadi seorang yang penakut dan pemalu

51- Kadangkala kita itu aneh, tidak tahu apa yang sudah kita miliki, sehingga kita tak mampu mensyukurinya, itu terjadi lantaran kita terlalu sibuk memikirkan milik orang lain, marilah kita tinggalkan sifat seperti itu

50-Janganlah kamu menjadi seorang manusia yang penakut dan pemalu, karena bila kamu seorang penakut dan pemalu kamu menjadi seorang manusia yang rugi

49-Soal kedisiplinan jangankan kita mampu menandingi bangsa Jepang, kadangkala kita kalah dengan seekor ayam jago, yang selalu tepat waktu berkokok di pagi hari

48-Sekeras2nya batu dan selemah2nya air, bila batu berada di pancuran air pasti batu berlubang juga

47-Hendaknya kita dalam menjalani kehidupan janganlah bertindak seperti angin yang bisa menumbangkan pohon, merobohkan rumah, tetapi tak bersedia menampakan diri

46-Mengapa kita tidak meniru sifat-sifat air yang selalu ingin menyamakan permukaannya, dengan sifat air maka kita terhindar dari kecongkakan, sombong, angkuh, dan merasa paling hebat sendiri

45- Orang yg paling berbahagia adalah orang yg selalu menciptakan kebahagiaan dengan tidak sakit hati melihat orang lain di sekitarnya berbahagia.

44- Selamat 1 Muharam, memperingati sebuah ulang tahun bukannya menonjolkan kegiatan sesaat melainkan sebuah perenungan terhadap apa yang sudah kita lakukan bagi sebuah kebaikan dan kemaslahatan, menuju kedamaian

43- Kebahagiaan bukanlah terletak pada gedung yang bertingkat atau mobil yang mewah tetapi terletak pada bagaimana kita mampu menikmati sesedikit apapun yang kita punyai

42- Nilai sebuah kebajikan itu tergantung apa yang sudah kita bagikan, baik membagi pengalaman, membagi kekayaan, membagi kemampuan, serta membagi kebahagian

41-Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang selalu berbuat baik kepada sebanyak mungkin manusia lainnya, mudahan kita tergolong manusia yang berada di dalamnya

40-Sudahkah apa yang kamu lakukan untuk sebuah kebahagiaan, tetapi janganlah perpaku pada uang, karena uang tak akan mampu mebeli sebuah kebahagiaan

39-Orang yang paling berbahagia adalah orang yang selalu merindukan kebaikan, serta menghadirkan kebaikan dalam setiap hal dalam hidupnya, moga kita seperti itu, amien

38-Kebaikan cendrung menghasilkan kebahagiaan, dan kebahagiaan cendrung berbuat kebaikan, karena itu marilah kita berbuat kebaikan untuk memperoleh kebahagiaan dan kebahagiaan untuk menciptakan kebaikan

37-Salah satu cara mencari kebahagiaan adalah dengan selalu berbahagia tatkala melihat orang lain berbahagia

36-Meskinya dalam diri kita tak boleh ada iri dan dengki, karena iri dan dengki bisa menghambat kebahagiaan orang lain, bila menghambat kebahagiaan orang lain sebenarnya sama saja artinya menghambat kebahagiaan kita juga

35-Mensyukuri hari ini sudah merupakan nikmat, mengapa kita meski terlalu menyesalkan masa lalu, dan mengkhawatirkan masa depan

34-Kadangkala bila kita melihat persoalan dari sisi kita sendiri maka kita yang paling benar, tetapi setelah kita mencoba masuk ke dalam hati orang lain, dan melihat persoalan itu ternyata kita kok banyak yang salah ya

33-Untuk mengatasi persoalan diri kamu coba gunakanlah dengan kepalamu sendiri, tetapi kalau ingin menangani persoalan orang lain cobalah gunakan hati nurani kamu

32-Kalau ingin melakukan kebaikan tak usahlah berfikiran rugi atau untung, kalah atau menang

31-Hidup ini bagaikan lempar bola, bila bola dilempar kencang maka pantulannya juga kencang, bila dilempar pelan maka pantulannya juga pelan, karena itu bila kita banyak melempar kebaikan maka banyak kebaikan yang kita peroleh, sebaliknya bila banyak melempar kejahatan maka kejahatan itu pula yang bakal banyak kita terima

30-Kalau kamu ingin melihat masa depanmu lihatlah apa yang sudah kamu lakukan hari ini, selamat pagi selamat bekerja dan selamat beraktivitas kawan2

29-Seharusnya kita membiarkan orang lain berbahagia karena kebagian orang lain merupakan kebahaigiakan kita juga, mengapa kita meski iri dan dengki

28-Desah napas sudah merupakan nikmat dan anugerah mengapa kita meski mengeluh terus

27-Selamat pagi, apa yg sudah kamu lakukan untuk orang-orang tersayang di sekitar kamu, jika kamu berhasil membahagiakan mereka, maka kamu akan memperoleh kebahagiaan yang luar biasa

26-Rame terlihat ibadah kurban dimana-mana, kata-kata maaf sebenarnya termasuk ibadah untuk ber kurban, tp kenapa kita susah sekali memaafkan, padahal kata maaf walau sepele tetapi sangat besar untuk melapangkan jalan kehidupan kita seterusnya.

25-Perbedaan itu adalah rahmat, tetapi lebih rahmat lagi seandainya bisa disatukan atau disamakan, Selamat Idul Adha

24-Selamat pagi, sarapan apa pagi ini, pasti masakannya enak, seenak apapun masakannya akan lebih enak dinikmati bersama-sama, begitu pula bila kamu punya kelebihan ajaklah orang lain ikut menikmatinya, pasti kamu lebih puas

23-Sudah cukup istirahatkah dihari minggumu ? Istirahatlah agar kamu sehat, karena kesehatan di atas segala-galanya

22-Selamat pagi semua, selamat liburan yang berarti bisa diartikan libur dari aktivitas untuk mencari harta, tak usahlah menumpuk terlalu banyak harta karena harta terbukti tak mampu menolak sakit, menangkis bencana, dan menghindari maut

21-Apa yang sudah kamu lakukan hari ini untuk jalan kebaikan, sekecil apapun kalau itu untuk kebaikan lakukanlah, walau hanya seuntai kata dan seumbar senyum

20-Kritik itu adalah kaca cermin, oleh karena itu janganlah kamu takut dikritik, amalagi marah, kalau kamu marah terhadap kritik berarti kamu memecahkan kaca cermin kamu sendiri

19-Selamat pagi di hari pahlawan, 10 November, mudahan kita semua juga mampu menjadi seorang pahlawan, setidaknya untuk memerangi nafsu ankara murka yang ada di dalam diri kita, sehingga terbebas dari perbuatan zhalim terhadap orang lain

18-Kadangkala kita ini aneh, selalu senang menerima pujian namun tidak tahu bagaimana menerima pujian itu, bahkan kadangkala terlalu pelit untuk memberikan pujian kepada orang lain

17-Selamat pagi, dan selamat awal pekan, apa yang kamu inginkan hari ini, mudahan ada peluang, namun peluang bagaikan awan yang terus berlalu, pergunakanlah sebaiknya bila tampak

16-Duuh kasian sekali, korban demi korban merapi berjatuhan. Tapi bukan Gunung Merapinya yang salah, sebaiknya kita berada di wilayah aman bencana, marilah kita garap lahan yang luas Kalimantan ini, untuk kemajuan sebuah bangsa

15-Kadangkala hidup kita ini terlalu egois, menuntut semua orang harus mengerti keinginan kita, tetapi kita sendiri kadangkala jangankan mau mengerti keinginan semua orang, untuk mengerti keinginan satu orang saja kok begitu sulit

14-Sebenarnya hidup itu definisinya adalah rentetan masalah masalah, dengan demikian seharusnya bila kita memperoleh masalah hendaknya tak perlu bersedih, melainkan tetap bergembira, yang berarti kita masih hidup, kalau tak ada masalah berarti kita mati

13-Seringkali kita merisaukan bahkan sakit hati ketika hilangnya sebuah mentari, bahkan ditambah datangnya petir dan badai, padahal disaat -saat seperti itu akan muncul sebuah pelangi yang sangat indah untuk dinikmati

12-Mengapa kita seringkali bodoh, dengan lebih menghargai sesuatu yang sukar diperoleh, tetapi sering kita melupakan nikmat yang telah tersedia.

11-Sebaiknya untuk menciptakan sebuah kebaikan janganlah terlalu berfikir, apalagi harus membuat rencana, cukuplah dengan spontan dan tanpa pamrih.

10-Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu berguna bagimu. Dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal itu buruk bagimu.

9-Kata-kata hanyalah gelembung-gelembung air, tetapi perbuatan adalah gelembung emas

8-Kalau tahu kita sulit untuk merubah sikap diri kita sendiri mengapa kita bersikeras ingin merubah sikap diri orang lain.

7-Mampukah kita menjadi sebuah telaga dimana setiap orang dan mahluk yang dekat dengan kita merasa sejuk dan nyaman

6-Seringkali disaat satu pintu tertutup, pintu yanglain dibukakan, tetapi seringkali pula kita terpaku terlalulama meratapi pintu yang tertutup itu, bahkan terlalu sibuk untuk membukanya, sehingga melupakan dan tidak melihat pintu lain yang sebenarnya terbuka lebar yang lebih enak untuk dilalui.

5-Apa yang sudah kamu miliki, sekecil apaupun yang kamu miliki bila kamu berhasil menikmatinya maka kamu orang yang paling berbahagia

4-Selamat pagi semuanya, selamat bekerja, pastikan target pekerjaan hari ini semua selesai, jangan anggap pekerjaan sebagai gawian, tapi anggaplah pekerjaan seabagai hiburan dan ladang amal ibadah

3-Selamat pagi di hari libur, manfaatkanlah hari liburmu karena hari libur menjaga sel otak, menurunkan ketegangan, meningkatkan keharmonisan keluarga, menciptakan kepuasan hidup.

2-Pastikan hari ini kita sehat, karena kesehatan melebihi segalanya

1-Kesedihan bukanlah lantaran ketiadaan kebahagiaan, melainkan hanya ketidak mampuan menikmati sisi positif dari segala sesuatu yang dirasakan.

Setiap kali saat fajar menyingsing, seekor rusa terjaga, ia tahu hari ini ia harus lari lebih cepat dari seekor singa yang tercepat, Jika tidak, ia akan tercabik-cabik dan terbunuh dimangsa sang singa.

Setiap kali saat fajar menyingsing, seekor singa terbangun dari tidurnya, ia tahu hari ini ia harus mampu mengejar rusa yang paling lambat larinya. Jika tidak, ia akan mati kelaparan.

Tak masalah …apakah kita seekor rusa, atau seekor singa.

Karena setiap fajar menyingsing, sebaiknya kita mulai bergerak dan berlari.

(Puisi Tradisional Rimba Afrika).

3 Tanggapan

  1. bang aq bleh minta dikirimi brita2 tentang ruang terbuka hijau yg ada di banjarbaru.terutama lapangan Dr.Murdjani.makasih

  2. Asalam….wr wb ui abahnya sorang ni lawas dah dibanua urang.amun kada lawas2 jualah. Amun rasanya hudah parak 9tahun dibanua urang diampenan/lombok ntb. Rasanya karindangan banar sudah awan pedaringan banjar. Namun ma ingat yg tuhanya sdh kadada lagi meninggallan hudah. lalu rasany saurang kadada gairah lagi handak bulik kabanjar. Namun batin handak banar belayang. Abahnya ‘ saurang ni hanya kepingin bacurhat awan situ. Trustrang saat ini aq lagi sedih,mauk,munyak,pusang banar, karna yg tetuhanya sdh kadada lagi. Aq sadih banar asa handak managis kagangan banjar awan kanangan kuitan aq rasanya luluh lantah perasaan dan jiwaku karna padasaat sidin meninggal 2duanya aq kadada dibanjar. Dan saat ini aq karindangan banar awan siddin badua bila kaingatan awan kuwitanku asanya kada badarah lagi tapancar banyumata ya allah ya rahman yarahim aq rasanya handak banar bulik dan mohon doanya bagi yg baca curhat n mkasih bubuhanya sabarataan. wasalam hanya utkpelipur lara

  3. amun pian asa dandaman lawan kuitan yang sudah maninggal, lebih baik banyaki ba sadaqah, sholat hadiah dan bacaan ayat – ayat qor’an niat kan pahalanya hadiah gasan sidin ba2 , mudah – mudahan dalam kubur tarang, tenang, nyaman barakat anak yang soleh masih mangganang kaluarga yang sudah maninggalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: