Keistimewaan Akik

KEISTIMEWAAN AKIK TAK MUNGKIN SAMA DENGAN LAINNYA
Oleh Hasan Zainuddin
Sekarang lagi demam batu akik, baik dari Kalimantan (Borneo), Sumatera, Sulawwsi, hingga batu bacan Halmahera Utara, tak bisa dipungkiri melambungnya keberadaan jenis batu ini baru-baru ini setelah berbagai kontes yang diadakan di berbagai tempat.
Dulu akik ini hanya dipandang “sebelah mata,” oleh kolektor batu cincin dimana pun berada, mereka lebih memilih batu cincin yang lebih dikenal seperti jambrut, safir, yakut, merah delima, merah rubi, virus, kecubung, barzat, giok, merah daging, kalimaya, dan batu cincin lainnya.
Tetapi setelah ditemukannya batu akik jenis batu akik Bacan , akik pancawarna Garus, Red Borneo, green Borneo, dan lainnya mulailah keberadaan batu akik ini terangkat kepermukaan, dan harganya pun tak tanggung-tanggung ada yang mencapai satu triliun rupiah.
Apa yang membuat batu akik ini istemewa, ternyata sebutir batu akik yang bermotif tak mungkin bisa disamakan oleh jenis batu cincin dimata pun didunia ini.
Sebagai contoh, jika ada sebuah batu akik yang bermotif kalajengkeng ya itulah satu-satunya batu akik itu, walau ada batu akik lain yang yang bermotif kalajengkeng lainnya dipastikan ada  beda satu sama lain, atau kata orang urat-uratnya (garisan) yang berlainan.
Begitu juga akik-akik yang lain dengan berbagai motif, seperti lafal Allah, maka jika ada akik lain berlafah Allah pasti beda bentuknya satu sama lain, begitu seterusnya, makanya jika ada seorang memiliki satu batu akik dengan motif apa saja, maka itulah satu-satunya batu akik itu yang ada di dunia ini.
Beda dengan jenis batu mulia lain, sebagai contoh jambrut yang bentuknya seperti-seperti itu saja, yang membedakan hanyalah besar kecil atau tua dan muda warna hijau yang dimiliki, tetapi tak bermotif seperti layaknya akik.
Begitu juga batu cincin lain seperti merah delima, yakut, atau safir, kecubung ya warnanya ya begitu begitu saja.
Melihat kenyataan itulah maka sekarang banyak warga yang berburu batu akik, bukan saja mencari digunung, di laut, di rawa, bahkan mencarinya di jalanan, karena banyak batu akik yang hanya diambil untuk membuat pengerasan jalan, bahan bangunan rumah, atau kebutuhan bangunan lainnya.

 

Bagi yang berminat miliki Akik Kalimantan hubungi 0811503814

foto-foto

sholat

 

 

 

 

 

Orang lagi Shalat dijual Rp1 juta

 

 

 

panda

 

 

 

 

 

 

 

 

Motif Binatang Panda, dijual Rp 700.000

 

akik besar

 

 

 

 

 

 

 

Motif tali dijual Rp500 rb

 

 

akik..

 

 

 

 

 

Aneka Akik Rp50 rb per biji

 

merah

 

 

 

 

 

Merah Delima tangkai bahan perak harga Rp 1 juta

 

 

safir

 

 

 

 

 

Safir tangkai perak Rp1 juta

 

 

red

 

 

 

 

 

 

 

Red Borneo Rp500 rb

 

kalimaya

 

 

 

 

Pancawarna kecil tangkai perak Rp250 rb

 

Pemburu dan kolektor batu mulia / akik dari berbagai daerah beramai-ramai menuju Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Tujuannya tak lain adalah berburu batu akik Red Borneo yang katanya mempunyai keistimewaan daripada batu lainnya.
Batu Red Borneo atau disebut juga dengan Kalimantan Merah awalnya ditemukan oleh seorang penduduk di Desa Kiram atau Gunung Pematun, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, maka jenis batu permata tersebut semakin terkenal.
Keistimewaan batu Red Borneo sanggup mengalahkan batu Bacan dari Ternate dalam sebuah kontes. Bahkan menurut media antara, Presiden Jokowi juga saat ini memakai jenis batu cincin Red Borneo, maka jenis batu yang bewarna merah tersebut semakin banyak diburu pencinta dan pengoleksi batu cincin.
red borneo
Sebenarnya batu mulia red borneo ini sudah lama ada, namun intensitas tinggi saat ini karena sedang nge-tren nya masyarakat kini akan ketertarikannya dengan hobi gila ini.
Kebanyakan batu Red Borneo yang dicari buru adalah yang berwarna merah polos, jenis kristal atau tembus pandang yang harganya bisa mencapai 35 juta rupiah.
Sementara jenis lainya adalah Super, berkisar dengan harga ratusan ribu sampai satu juta rupah saja.

 

 

KHASIAT AKIK

—————-

Khasiat, manfaat dan nilai estetis batu akik menurut warna

Khasiat, manfaat dan nilai estetis batu akik berdasarkan warna. Batu akik atau batu cincin merupakan salah satu tren yang saat ini kian merebak di masyarakat Indonesia. Bahkan seakan tak mengenal usia, batu-batu indah ini pun banyak terlihat melekat di jari hampir semua kalangan tanpa mengenal usia, baik mereka yang telah berumur, anak muda bahkan hingga wanita pun kini turut pula menggunakan batu akik sebagai sarana untuk menambah cantik penampilan.

Meskipun sebenarnya batu akik telah dikenal dan telah menjadi komoditi sejak lama oleh masyarakat Indonesia, namun tak dapat di pungkiri jika akhir tahun 2010 merupakan era keemasan bagi berbagai jenis batu akik. Beberapa batu akik yang saat ini tengah menjadi incaran baik bagi para penggemar batu atau kolektor diantaranya seperti batu bacan doko, batu giok garut, pancawarna dan puluhan jenis batu lainnya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Batu akik memang penuh pesona. Bahkan keindahannya dapat memikat siapa saja yang melihatnya. Namun terlepas dari nilai estetika dan keindahan yang dimilikinya, sebagian orang mempercayai jika ada khasiat batu akik serta berbagai manfaat bagi siapa pun pemakainya. Ada orang yang percaya jika menggunakan batu akik tertentu, maka ia akan merasakan sebuah energi yang positif. Terlepas dari mitos ataukah hanya sebuah sugesti, alangkah bijaksana apabila kesukaan kecintaan terhadap batu akik sedianya dilandasi atas nilai estetikanya saja tanpa menghubung-hubungkannya dengan fungsi magis atau spiritual yang dapat merusak nilai-nilai keimanan seseorang. Bukankah semestinya demikian?.

Khasiat batu akik memang telah dipercaya sejak lama. Bahkan beberapa batu akik seperti batu giok juga digunakan sebagai sarana untuk pengobatan. Berdasarkan proses terciptanya batu akik, memang secara ilmiah tak dapat dipungkiri jika batu ini memiliki muatan energi. Proses inilah yang menjadi salah satu ciri atau cara membedakan batu akik/cincin yang asli dan palsu.

Sesuai dengan fungsinya, sudah selayaknya jika tujuan menggunakan batu akik adalah semata-mata sebagai aksesoris mempercantik diri dan bukan ditujukan untuk maksud atau tujuan lainnya

Batu akik asli terbentuk dari berbagai material batuan lava cair yang berasal dari gunung berapi yang memiliki kandungan mineral pembentuk batu akik seperti Krom (Cr), Kobalt (Co), Ferium (Fe), Mangan (Mn), Nikel (Ni), Aurum (Au), Tembaga (Cu), Silica (Si) dan berbagai jenis material lainnya. Dengan kandungan material yang bermacam dan dengan komposisi yang berbeda-beda sesuai dengan kandungan material pada gunung berapi tertentu. Indonesia yang berada di kawasan cincin api atau ring of fire dengan banyak gunung berapi, maka Indonesia begitu kaya akan batu akik dengan keragaman warna dan tekstur yang khas sesuai dari daerah asalnya.

BATU BERTUAH
————-

Batu Bertuah – Jenis Batu Cincin Yang Di Percaya Mempunyai Tuah – Anda tentu sudah tidak asing dengan yang namanya batu cincin. Karena hampir mayoritas semua orang mengenal bahkan menggunakan batu cincin sebagai hiasan entah itu di tangan ( cincin ), gelang, kalung dan lain sebagainya.

Batu cincin sangat beragam bentuk dan jenisnya. Mulai batu cincin dari kelas terendah – ke kelas yang tinggi semua ada dan mempunyai peminatnya tersendiri. Misal : batu cincin untuk akik, batu cincin permata, batu cincin mutiara, batu cincin dari batuan alam dan lain sebagainya.

Tahukah anda, bahwa dari beberapa batu cincin yang ada di dunia ini beberapa dipercaya bisa memberikan semacam tuah ( manfaat ) bagi para penggunanya. Nah, berikut beberapa jenis batu cincin yang dipercaya bisa memberikan tuah bagi para penggunanya.

1. Batu Bertuah Kecubung
Batu kecubung sangat terkenal dikalangan para penghobi batu mulia. Alasan utama karena memang cantik juga dipercaya bisa memberikan tuah bagi penggunanya. Batu Kecubung atau orang biasa mengenal dengan batu Amethyst adalah jenis batuan mineral kuarsa. Warna umum pada batu kecubung adalah ungun dan ada juga yang berwarna merah muda.

batu cincin bertuah kecubung

Kenapa orang sering memburu batu kecubung ? Batu kecubung kalau dilihat dari disiplin ilmu supranatural merupakan jenis batuan yang dapat memancarkan energi positif dan membuka aura tubuh seseorang. Wajar saja kalau batu kecubung merupakan jenis batuan yang banyak dicari dan dijadikan sarana untuk meningkatkan kewibawaan / pesona seseorang. Manfaat supranatural lain dari batu kecubung adalah untuk sarana pengasihan, penglarisan, kesuksesan dan lain sebagainya. Intinya, hanya seorang pakar metafisikalah yang dapat mengolah dan mengendalikan energi alam dari batu kecubung sebelum digunakan oleh seseorang.

2. Batu Bertuah Mata Kucing
Kucing sejak jaman dahulu merupakan hewan yang sangat eksotis dan juga menjadi peliharaan favorit oleh para bangsawan. Mitos yang terkandung dalam hewan ini pun cukup menyimpan misteri terutama kucng hitam yang bagi kebanyakan masyarakat eropa adalah sebagai bentuk simbol keapesan bahkan kematian. Berbeda dengan kaum mesir kuno yang menganggap bahwa kucing adalah hewan titisan dewa, sehingga wajar saja kalau kucing bagi penduduk mesir kuno adalah hewan yang mempunyai kekuatan layaknya dewa.

batu cincin bertuah mata kucing

Kucing memang sangat eksotis terutama di bagian matanya yang apabila berada di keadaan minim cahaya bisa bersinar seakan memancarkan cahaya. Dari keeksotisan matanya, maka tidak heran jika jenis batuan ini dinamakan dengan ” Batu Mata Kucing ( Cat’s Eyes Stone ) ” alasan utamanya karena batu ini mempunyai guratan garis tengah layaknya mata kucing.

Batu mata kucing juga merupakan jenis batuan yang banyak dicari oleh para pengkolektor / penghobi batuan mulia. Disamping karena kekesotisan dan keindahannya, ternyata batu mata kucing juga menyimpan beragam manfaat ( tuah ) menurut disiplin ilmu supranatural. dan berikut beberapa manfaatnya :
Intuisi & Kepekaan
Meningkatkan Skill
Memunculkan Bakat Terpendam
Kecerdasan
Daya Ingat
Konsentrasi
Motivasi
Ketangkasan
Meningkatkan Kesadaran
Percaya Diri
Kebijaksanaan
Ketentraman Batin
Jabatan
Kewibawaan
Kepemimpinan
Anti santet
Pagar Gaib
Menetralisir Energi Negatif
Memudahkan Dalam Mempelajari Ilmu Batin Atau Metafisika
3. Batu Bertuah Combong
Batu combong adalah jenis batuan alam yang mempunyai lubang ditengahnya dan juga merupakan jenis batuan bertuah yang banyak dicari orang untuk sarana pengasihan ( pelet ). Kenapa disebut batu combong ? alasan utamanya karena batu tersebut mempunyai lubang di tengahnya entah itu karena proses alam / karena khodam yang menghuni di dalamnya.

batu cinicn bertuah combong

Manfaat utama dari batu combong adalah sebagai sarana untuk pengasihan. Awal kisah pada jaman dahulu, batu combong digunakan sebagai penanda jam sholat oleh para waliyulloh. Caranya apabila sinar matahari masuk dan melewati lubang pada batu combong, maka tibalah waktu sholat. Secara tidak sengaja ada seorang wali yang menggosok-gosokkan batu combong sehingga menjadi halus dan tanpa disadari ternyata batu tersebut memancarkan energi alaminya yang membuat jiwa seseorang tentram ketika ada didekatnya. Nah, itulah alasan mengapa batu combong sering dijadikan sebagai media pengasihan oleh para penggunanya.

Batu combong umumnya digunakan sebagai hiasann cincin ( batu akik ) dan juga bisa digunakan sebagai hiasan kalung ( liontin ).

4. Batu Bertuah Sulaiman
Nabi sulaiman merupakan salah satu nabi yang diberikan mukjizat luar biasa oleh Allah SWT. Salah satu bukti mukjizatnya adalah dengan keberadaan tentara dari kalangan bangsa jin yang dimilikinya. Tahukah anda bagaiamana nabi sulaiman mengendalikan tentara jinnya ? disamping karena memang dari mukjizat, beliau mempunyai sebuah sarana yaitu cincin dengan batu bertuah yang oleh banyak orang disebut dengan Cincin Sulaiman ( cincin batu sulaiman ). Dari sanalah maka tercipta sebuah konsep batu sulaiman yang banyak dicari oleh pakar metafisika.

batu cincin bertuah sulaiman

Kenapa dinamakan batu sulaiman ? salah satu alasan utamanya yaitu karena di dalam batu sulaiman tersebut terdapat khodam dari pasukan jin nabi sulaiman, sehingga wajar saja kalau disebut batu / cincin sulaiman.

Batu sulaiman dipercaya mempunyai manfaat / bertuah bagi penggunanya. Misalkan : sebagai sarana kekayaan, sarana kewibawaan, sarana pemancar pesona, sarana kemakmuran, sarana kecerdasan dan lain sebagainya

Nah, itulah beberapa jenis batu cincin yang dipercaya memberikan tuah bagi para penggunanya. Semoga bermanfaat dan terimakasih…..(Sumber Blog : Batu bertuahku)

BATU UNTUK PENGOBATAN
———————

Batu Permata ……kadang kala akan membuat kita berfikir…..kenapa tidak…ada orang yang hoby dengan batu permata sehingga dia mau untuk membeli walaupun harganya sangat mahal… dan kadang kala kita yang tidak mengerti dengan batu permata tersebut, batu yang indah dan cantik menurut kita, malahan itu murah harganya di bandingkan dengan batu yang mungkin menurut kita jelek dan tidak bagus…maka untuk sebagai pengetahuan bagi kita pada kali ini Media Pengobatan Tradisional akan memcoba membuat sebuah artikel tentang Manfaat Batu Permata Menurut Jenisnya, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi sobat Media Pengobatan Tradisional dimana saja berada.

Batu Mulia selain memiliki keindahan dan keunikan, ternyata menyimpan suatu khasiat yang dapat memberikan aura positif bagi si pemakai. Banyak informasi yang mengulas tentang khasiat batu mulia/permata dilihat dari sudut pandang medis, alternatif pengobatan, maupun supranatural. Ulasan dibawah ini adalah informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, tapi tidak menyentuh dari sisi aspek mistis.

Agate (Batu Akik), diyakini sangat baik untuk wanita hamil dan janin, mengurangi sakit/gejala akibat gangguan pada selaput mata, dinding lambung, kantung kemih, usus, radang pada uterus dan penyakit kulit, membantu perkembangan spiritual, menyeimbangkan aura, membuang ketegangan dalam diri, menciptakan kestabilan kesehatan tubuh,menciptakan konsentrasi dan pola berpikir secara rasional, melancarkan pencernaan, meningkatkan kemampuan dalam meditasi dan astral projection, membantu ketepatan hasil dalam dowsing dan terawang, meningkatkan kesehatan secara umum dan menghilangkan rasa sakit dan bengkak akibat benturan dan otot terkilir, membantu pencernaan, menstabilkan kerja jantung dan melancarkan sirkulasi darah, selain untuk meningkatkan stamina tubuh.
Agate Black Zebra (Akik Hitam Belang). Batu ini dapat memberikan keseimbangan baik pada tubuh fisik dan halus penyembuhan dasar dari semua jenis agate, membantu terciptanya keadaan sehat sejahtera lahir batin dan. Namun peran utamanya adalah untuk proteksi, khususnya terhadap bahaya fisik, sehingga ideal untuk anda yang banyak melakukan perjalanan, atau pada olah raga berbahaya.
Agate Blue Lace (Akik Biru) ini bila dipakai dapat mengurangi infeksi, radang dan demam dan baik untuk mata menciptakan ketenangan pikiran dan sikap, membuang amarah dan rasa tersinggung, bagus untuk menyeimbangkan emosi.
Agate Fire (Akik Api) disebut batu yang dapat memacu perkembangan spiritual, membantu dalam meditasi dan mencerna pesan2 yang diperoleh, meningkatkan energy suatu penyembuhan, menyeimbangkan Yin dan Yang dari tubuh dan menciptakan rasa kuat dan berani dalam diri, membantu dalam ekspresi lisan maupun tertulis, bagus untuk mata, dan perawatan sirkulasi darah.
Agate Moss (Akik Moss) dapat memberikan inspirasi dan kebebasan secara spiritual bila muncul penghalang dalam kehidupan kita, membebaskan kita dari stres, menumbuhkan harapan dan kepercayaan, membantu komunikasi, melancarkan aliran kelenjar lympha, mengurangi pembengkakan lympha dan memperkuat system kekebalan, menurunkan demam dan merupakan anti radang, mengurangi gangguan sakit akibat perubahan cuaca.
Agate Pink (Akik Merah Muda) menenangkan dan menyeimbangkan emosi, menstabilkan dan membersihkan aura, membantu dalam mendapatkan solusi cepat, meningkatkan regenerasi dan pertumbuhan, baik digunakan selama kehamilan, mengurangi gejala sakit pada kantung kemih, usus, uterus, mengurangi gangguan pada pencernaan.
Amazonite menyeimbangkan energy Yin dan Yang, mempersatukan tubuh fisik dan tubuh halus sehingga energy tubuh lebih seimbang dan kuat, serta protektif, berguna bagi pelajar karena menciptakan kejernihan pikiran dan pemahaman, dan menenangkan syaraf, meringankan kontraksi otot ( berguna dalam masa kelahiran ), mengurangi gejala osteoporosis dan kekurangan calcium.
Amber (getah yang telah menjadi fosil jutaan tahun, sering terperangkap serangga kecil di dalamnya ) menyejukkan dan menyembuhkan penyakit pada aura, membuat seluruh bagian tubuh kembali dalam keadaan seimbang, meningkatkan keberuntungan dan kebahagian, memberikan rasa percaya, damai dan kesuksesan, mendorong terciptanya spontanitas dan keteraturan yang menyenangkan, membangun motifasi dan mengurangi kemungkinan timbulnya halangan, bagus untuk perut, lympha, ginjal, hati, kantung empedu dan penyakit kulit. meringankan sakit pada sendi, mengurangi rasa sakit dan membantu penyembuhan luka.
Amethyst (kecubung) Banded meningkatkan daya meditatif amethyst dan membantu mengembangkan kemampuan paranormal, membersihkan aura dan menguatkan chakra, membuang energy negatif. Selain itu dapat membantu meditasi dan meningkatkan pemahaman spiritual, kejujuran diri, inspirasi dan intuisi, membuka kesadaran dan kemampuan menerima informasi pada tingkat lebih tinggi, membantu mereka yang ingin membebaskan diri dari kecanduan, khususnya alkohol, menyamankan kita pada masa kesedihan dan kehilangan, mengurangi ketegangan syaraf dan menghilangkan sakit kepala, mengurangi sakit dan bengkak pada luka dan mengurangi gejala sakit pada paru2 dan gangguan usus, merupakan penghilang rasa sakit pada berbagai tingkatan dan menciptakan pola tidur sehat bagi penderita insomnia.
Amethyst Flowers memiliki energy amethyst, ditambah membuat kita mampu terlibat dalam berbagai karya atau group sekaligus, sementara fokus diri kita tetap terjaga dan dapat memprioritaskan hal2 penting, memberikan energy yang mengalir dan menyejukkan kepada kita secara individual maupun lingkungan sekitar.
Ametrine memberikan optimisme dan harapan yang mengarah pada pengambilan tindakan tepat untuk menghasilkan jalan keluar yang harmonis bagi keadaan sulit atau hubungan bermasalah, membawa keberuntungan dan energy kreatit, menciptakan rasa sehat dan bahagia lahir bathin dengan efek pembersihannya pada tubuh dan metabolisme, serta sistem syaraf.
Ammonite (sejenis fosil fauna laut berusia lebih dari 65 juta tahun ) membantu perkembangan spiritualitas kita agar selalu stabil dan terkelola baik, merubah semua jenis kekacauan menjadi keteraturan, bagus untuk mereka yang berkarya dimana presisi dan pemikiran analitis dibutuhkan, menghilangkan gejala depresi dan menolong proses kelahiran.
Angelite membuka komunikasi dengan alam para malaikat, meningkatkan perkembangan spiritual dan kemampuan clairvoyance, astral travel dan semua yang berhubungan dengan mimpi, bagus untuk menyeimbangkan emosi, meningkatkan kemampuan komunikasi dan menghadapi tantangan, menghilangkan kekuatiran dan meningkatkan keberanian dan keberuntungan, menghilangkan sakit kepala dan mengurangi infeksi, mengurangi gejala infeksi tenggorokkan akibat ekspresi ucapan yang sering ditahan.
Apatite menciptakan keterbukaan, ekstroversi, dan konsentrasi (baik untuk musisi dan aktor), menimbulkan minat pada hal2 baru dan membuang rasa lelah pada hidup, kemurungan, sifat mudah marah dan tersinggung, menciptakan pola makan yang sehat dan baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, mengurangi dampak dari arthritis, penyakit sendi dan tulang akibat kekurangan vitamin D dan calcium, menyembuhkan patah tulang.
Aquamarine mendorong pertumbuhan spiritual, memacu kemampuan membaca masa depan, kemampuan menjadi seorang medium dan kemampuan clairvoyance, meningkatkan kejujuran, kedinamisan, sifat pantang menyerah dan faktor kesuksesan, dibarengi dengan keceriaan dan keteraturan, menjernihkan kebingungan dan memberikan final pada hal2 yang belum terselesaikan, mengarahkan pertumbuhan dan keseimbangan hormon dengan mengharmonisasikan fungsi2 dari kelenjar pituitary dan thyroid, memperbaiki kemampuan melihat jarak jauh dan dekat pada mata, meredakan kekacauan pada sistem kekebalan tubuh, dan efektif mengatasi alergi debu.
Azurite membantu perkembangan spiritual, mendorong kemampuan menerima, menganalisa dan membuang keyakinan lama yang tidak lagi berguna, termasuk ketakutan yang berakar dalam dan phobia, mengurangi gangguan sakit akibat stress dan menghilangkan racun tubuh, merangsang kerja otak dan syaraf dan membantu pengambilan keputusan, menguatkan lympha, tulang, jaringan kulit dan kelenjar thyroid. Jangan bersihkan dalam rendaman air ataupun garam, jangan masukkan dalam air minum.
Beryl memacu pandangan jauh kedepan guna menggapai tujuan dan kejelasan mental, mengurangi kegugupan dan kekacauan emosional akibat stress, serta memberikan rasa aman dan tenang, menghilangkan racun tubuh dengan merangsang kerja hati dan menyeimbangkan sistem syaraf, berguna bagi penderita kelainan mata yang berhubungan dengan jarak pandang jauh atau dekat.
Bloodstone (Heliotrope) memberikan prokteksi dengan menghalau pengaruh2 negatif, memberikan efek grounding dan tenang, memberikan energy pada tubuh bila kita kelelahan dengan meningkatkan aliran darah ( Bloodstone meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh manapun dimana batu tersebut diletakkan ), memacu mimpi, memberikan kemampuan menyesuaikan diri pada keadaan yang tidak diharapkan, memperkuat sistem kekebalan saat terjadi infeksi akut ( letakkan pada daerah thymus ) dan mengurangi terbentuknya nanah, menawarkan racun dengan merangsang aliran cairan lympha dan proses metabolik tubuh. Jangan gunakan pada bulan2 pertama kehamilan atau bila terdapat penyakit kronis pada sistem sirkulasi darah dan lympha.
Bronzite memberikan kemantapan diri dalam meraih tujuan dengan sikap fleksibel sepanjang proses, membantu asimilasi zat besi dan meningkatkan asam dalam tubuh.
Calcite mempercepat perkembangan spiritual, menciptakan kestabilan, konsistensi dan keyakinan diri pada tingkat emosional, meningkatkan kemampuan mengatasi situasi, membantu mentransformasikan idea kedalam tindakan dengan memadukan unsur energy, keahlian dan faktor kesuksesan ke dalam proses, merangsang metabolisme dan bagus untuk sistem kekebalan tubuh dan jantung, membantu pertumbuhan anak, mengurangi gangguan pada kulit dan usus dan membantu penyembuhan jaringan tissue dan tulang.
Calcite Blue menenangkan dan menyejukkan, meningkatkan kemampuan komunikasi dan proses berpikir, bagus untuk tenggorokan, paru2, tonsil, thyroid dan sendi, serta mengurangi sakit akibat arthritis dan tekanan darah tinggi.
Cats Eye memacu keberanian, keriangan, ketenangan dan keberuntungan, memberikan energy yang protektif dan membuang energy tak diinginkan dari tubuh halus, bagus untuk gangguan mata, khususnya rabun senja, sakit kepala dan rasa sakit pada syaraf.
Warna Cats Eye juga mempengaruhi daya penyembuhannya, seperti Cats Eye Blue menenangkan dan membantu komunikasi dan berekspresi, Cats Eye Green menyeimbangkan emosi dan bagus untuk paru2 dan gangguan pada perut, Cats Eye Red meningkatkan energy tubuh, serta aliran darah, Cats Eye Yellow meningkatkan semangat dan mengurangi gangguan pada saluran urinary, Cats Eye Purple meningkatkan pemahaman dan optimisme.
Celestite mampu membuka hubungan dengan dunia spiritual dan para malaikat, membantu dalam clairvoyance, olah mimpi dan astral travel, memacu perkembangan spiritual dan kebersihan hati, membuang kekuatiran dan menarik keberuntungan, menyatukan faktor rasional dan intuisi untuk memberikan kejelasan pada konsep atau idea rumit, membantu menghilangkan gangguan pada mata, telinga, bahkan mental, menghancurkan racun tubuh dan memperbaiki perkembangan sel tubuh.
Chalcedony dapat menyeimbangkan energy pada tingkat fisik, mental, emosional dan spiritual, memacu niat baik, menghilangkan sifat mudah tersinggung, culas dan murung, memacu asimilasi mineral pada tubuh, meningkatkan kestabilan mental dan mengurangi gejala kegilaan.
Chalcedony Blue membantu dalam komunikasi, baik sebagai pembicara maupun pendengar yang baik, membantu kemampuan menerima situasi baru dan peka terhadapnya, memperbaiki daya ingat, mengurangi gangguan akibat perubahan cuaca, mengurangi gangguan penyakit pada sistem pernafasan dan glaucoma pada mata, menurunkan tekanan darah dan suhu tubuh, merangsang aliran cairan dalam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan, membantu produksi air susu ibu pada masa menyusui.
Chrysoberyl membantu kemajuan melihat dengan mata ketiga, melihat keberadaan benda2 yang hilang, membantu dalam meditasi dan astral travel, khususnya dalam melihat dunia dan dimensi lain, meningkatkan kemampuan berhubungan dengan mahluk antar-dimensi guna membawa penyembuhan planetary dan cosmic, meningkatkan kemampuan olah mimpi dan clairvoyance.
Chrysocolla meningkatkan kesadaran yang peka terhadap lingkungan sekitar saat berkarya mencapai tujuan, meningkatkan motivasi dan tekad secara jernih dan tidak merugikan orang lain, mengurangi kegugupan dan sifat mudah marah, bila digunakan pada chakra tenggorokan akan membantu ekspresi verbal yang jujur dari dalam hati, mengurangi infeksi khususnya pada tenggorokan dan amandel, menyejukkan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meringankan luka terbakar, mengontrol fungsi kelenjar thyroid, membersihkan dan memperkuat hati, mengatasi kram.
Chrysoprase membantu pemahaman fenomena ’synchronicity’ dan bahwa kita adalah bagian dari suatu bagian yang lebih besar, mengenyahkan ego dari motivasi agar senantiasa tertuju pada kebaikan, memacu kesabaran, kepercayaan, ketenangan, serta sikap positif, mengenyahkan mimpi buruk, merangsang kerja hati dan bagus untuk penyakit kulit ( untuk infeksi jamur gunakan bersama Smokey Quartz ), meningkatkan efisiensi kerja lympha, mengontrol produksi lendir dan meningkatkan kesuburan.
Chrysoprase Lemon menciptakan keseimbangan dan kesejahteraan, membantu memperbaiki suatu hubungan dengan keterbukaan dan kejujuran, bagus untuk gangguan thymus, jantung, paru2, bahu dan dada, memberikan penyembuhan tubuh keseluruhan dengan halus, meningkatkan efisiensi kerja system lympha dan mengontrol produksi lendir, menghalau mimpi buruk dan memacu tidur yang nyenyak.
Cinnabar meningkatkan kekuatan individual dan sifat asertif, namun tetap menjaga etika, membantu meraih tujuan, mengenyahkan halangan, bagus untuk mencapai sukses dalam bisnis. Red Cinnabar memperkuat motivasi dan membulatkan tekad. Blue Cinnabar meningkatkan ekspresi verbal dalam komunikasi. Keduanya memperkuat tubuh fisik, mengontrol kegemukan dan membantu sirkulasi darah ( Blue memperlambat dan menurunkan tekanan, sedang Red sebaliknya )
Citrine membantu kita yang mencari tujuan dan petunjuk baru, letakan di bawah bantal pada malam hari akan memberikan mimpi nyaman dan intuitif, memberikan perlindungan terhadap radiasi dan menyerap energy negatif, merubahnya menjadi positif, Citrine mengurangi kekuatiran, depresi dan kejang perut, menyeimbangkan tubuh fisik dan halus, serta membersihkan chakra, bagus untuk pankreas, hati, kantung empedu, limpa dan penderita M.E. ( Myalgic Encephalopathy), memperbaharui dan mebersihkan jaringan kulit dan bagus untuk penderita diabetes dan gangguan sirkulasi darah.
Citrine Elestial merupakan crystal pembersih dan peremajaan organ vital tubuh yang sangat ampuh. Letakan Citrine pada Solar Plexus bila kita lelah atau membutuhkan energy tambahan, bagus bila digenggam tangan penyembuh untuk mengembalikan energy yang terkuras, Merupakan salah satu crystal yang tidak perlu dibersihkan, dapat diletakan di bawah matahari untuk charging kembali. Citrine memancarkan energy hangat yang memiliki efek menyenangkan seperti sinar matahari, memberikan keceriaan, harapan, percaya diri dan rasa entusias, bersama dengan sikap mental positif. Letakkan pada tangan dan berikan tatapan dalam untuk mengeluarkan kita dari depresi. Citrine merupakan quartz bernada warna kekuningan ( antara clear quartz kekuningan, hingga smokey kekuningan ), sangat jarang citrine natural yang berwarna kuning menyala ( 95% citrine demikian adalah Amethyst yang mengalami proses pemanasan ) . Citrine disebut juga sebagai crystal kasir atau diletakkan dalam laci penyimpan uang, karena menarik berbagai kelimpahan, termasuk harta dan kesuksesan.
Coral Red meningkatkan harmonisasi diri dengan alam dan semesta, menghindarkan kita dari depresi dan menjadi lemah, mengatasi kecegukan, sakit perut dan rasa panas di dada, mengurangi gejala sakit pada ginjal, kantung kemih dan parathyroid, merangsang kerja metabolisme tubuh.
Dioptase membersihkan dan meningkatkan frekwensi semua chakra ke tingkat kesadaran yang lebih tinggi, membersihkan hubungan antara tubuh fisik dan lapisan aura, meningkatkan kesadaran kita pada keberadaan masa kini, namun tetap memiliki memory kehidupan lalu, menyeimbangkan energy yin dan yang, sangat bagus untuk chakra jantung, mengatasi raa sakit secara umum, mengurangi tekanan darah tinggi dan menghilangkan ketegangan, mengatasi efek gangguan jantung dan paru2, bagus untuk sel2 tubuh dan rangka, penderita Meniere dan meningkatkan jumlah T-cell pada penderita AIDS.
Emerald-Zamrud menciptakan rasa puas dan selaras dengan cara meningkatkan kepekaan dan kepercayaan pada diri sendiri dan orang lain, meningkatkan kapasitas mental dan memory, merangsang chakra jantung, mengatasi gangguan pada tulang elakang, paru2, mata, jantung dan otot, mengurangi gangguan sinusitis dengan efektif.
Epidote membantu perkembangan spiritual, memberikan pemahaman mendalam tentang kekuatan dan kelemahan kita, agar dapat menata dan mendapatkan hasil yang realistik, membuang emosi dan kepercayaan usang, membersihkan lapisan aura emosional, memacu penyembuhan dan regenerasi secara umum setelah mengalami depresi, kelelahan dan trauma, serta menaikkan mood, mengupayakan keberhasilan atas tuntutan yang kita berikan pada diri kita sendiri, meningkatkan kesabaran, menguatkan sistem kekebalan tubuh, membantu fungsi pencernaan dan seluruh proses penyembuhan tubuh, merangsang kerja fungsi hati dan mengupayakan nutrisi secara maximal terangkut oleh darah.
Fluorite Green mampu membantu melenyapkan energy berlebihan dan trauma emosional, melindungi terhadap radiasi elektromagnetik, melenyapkan gangguan sakit dan infeksi pada lambung dan usus, bagus untuk tulang dan gigi, menguatkan dan melindungi chakra jantung.
Fluorite Smokey memberikan pemahaman akan pelajaran dalam hidup dan memacu kita untuk maju terus tanpa melupakan realitas, mengurangi pemikiran yang kacau, memberikan ketenangan dan motivasi terfokus pada masa sulit, membantu memperbaiki postur tubuh dan mengurangi masalah pada persendian dan pergerakan.
Batu Fosil meningkatkan kemampuan komunikasi telepati dengan peradaban kuno, masa kini dan dimensi lain, membantu tercapainya kesuksesan dalam bisnis, memacu ide2 baru inovatif, merangsang thymus dan bagus untuk rangka tubuh.
Fosil Kerang membantu dalam meditasi dan kontak dengan jiwa2 yang telah pergi, menstabilkan kondisi keuangan dalam bisnis, memacu rasa percayaan diri untuk mampu berdiri sendiri dan memperlihatkan potensi, memacu umur panjang dan kesabaran, bagus untuk tulang dan gigi dan penyakit pada telinga.
Fosil Kayu memacu kita untuk membumi, mendapatkan rasa inilah waktu atau tempat yang tepat, memberikan atmosifir yang mendukung dan menyenangkan, menstabilkan kesehatan, merangsang metabolisme tubuh, menenangkan syaraf, mengurangi kegemukan dan menciptakan rasa nyaman.
Garnet membantu dalam hubungan sesama dan memberikan pengertian atas apa yang dicari dan harus diberikan di dalamnya, meningkatkan karakteristik masculine seperti berkuasa, berani dan pantang menyerah, namun tetap merendah dan siap melayani, bagus untuk jantung dan chakra jantung, membuang emosi yang menyakitkan. Garnet Almandine menyeimbangkan seluruh tubuh fisik dan halus, menciptakan rasa damai, memacu sikap positif dan yakin diri pada saat krisis, memberikan tenaga pada tubuh, meningkatkan motivasi, meningkatkan regenerasi tubuh, merangsang metabolisme, memperkuat sistem kekebalan.
Jade dapat membangunkan inti kesadaran dalam diri dan membawa kesadaran ke tingkat spiritual, menyeimbangkan tubuh fisik dan emosional, memacu idea, mengarahkannya menjadi tindakan, memberikan perlindungan yang kuat, merangsang kerja ginjal dan menyeimbangkan kadar garam, air dan asam dalam tubuh, bagus untuk sistem syaraf, meningkatkan reaksi tubuh.
Jasper memacu kesiapan untuk beraksi dan kemantapan diri untuk berjalan sesuai rencana, meningkatkan keberanian, assertif dan kejujuran, bagus untuk atasi gangguan pencernaan dan usus, dan dan penyakit pada organ sexual, mengurangi dampak dari stress lingkungan pada tubuh dengan meningkatkan daya tahan tubuh,memberikan rasa harmoni dalam diri dengan menyatukan semua chakra, tubuh halus dan tubuh fisik, serta energy yin dan yang, memberikan perlindungan dalam astral travel, memudahkan komunikasi dengan binatang dan penyembuhan padanya, memperkuat komitmen terhadap tujuan kita, serta keberhasilan atasnya, memperbaiki kualitas dan kadar keenceran darah, dan mengurangi penyakit pada organ reproduksi.
Lapis Lazuli dapat memacu perkembangan spiritual dengan meningkatkan kesadaran dan kejujuran diri, serta berprilaku berdasarkan konsep2 ini, sangat protektif, bagus untuk meditasi (letakkan pada mata ketiga atau di atas chakra mahkota ), mengatasi gangguan pada leher, pita suara dan larynx, menurunkan tekanan darah dan mengontrol fungsi kelenjar thyroid.
Moonstone merupakan batu bagi suatu permulaan yang baru, membantu intuisi dan kemampuan paranormal, memiliki energy dasar yang feminim, memiliki ikatan kuat dengan bulan, dan berhubungan dengan siklus reproduksi wanita, melepaskan ketegangan dan menstabilkan emosi, bagus untuk pembuahan, kehamilan dan memberikan energy bulan yang lembut namun kuat, dengan demikian kita terhubung dengan ritme alam, memberi kekuatan pada alunan hidup yang pasang surut, meningkatkan intuisi dan kemampuan paranormal, memberikan rasa optimis dan harapan, menyeimbangkan emosi,dan menyeimbangkan siklus hormon.
Obsidian sebenarnya bukan termasuk crystal karena terbentuk dengan terlalu cepat untuk menghasilkan struktur crystalline, sesungguhnya obsidian adalah kaca yang terbentuk secara alami, namun demikian memiliki energy yang kuat. Obsidian Black memberikan perlindungan terhadap serangan non fisik, memantulkan energy negatif kembali kepada pengirimnya, memperluas kesadaran untuk memahami fenomena keberadaan alam lain, seperti dimensi lain, mahluk2 tingkat tinggi, astral travel, dsb., sangat bagus untuk meditasi, membuang blok energy yang ditimbulkan lewat trauma fisik, emosional dan mental, mengurangi rasa sakit dan tegang, bagus untuk gangguan peredaran darah.
Onyx dapat membangun rasa percaya diri dan sikap asertif, dan aktualisasi diri, membantu mendengarkan bimbingan dari bathin, menghalau rasa murung dan duka, membantu perkembangan mental pada otak kiri, bagus untuk telinga, mata dan sistem syaraf.
Opal disebut memiliki energi lembut namun kuat, memacu kita untuk dapat merasa dengan jujur, meningkatkan optimisme, mendorong tidur dengan mimpi yang positif dan menghubungkan kita dengan pribadi yang lebih tinggi /higher self, meningkatkan kesadaran dan kemampuan paranormal dan penggunaan intuisi, memacu kita bertindak untuk tujuan baik, membantu dan melindungi astral travel, bagus untuk fungsi hati, dan paru-paru.
Pearl adalah batu pembawa keberuntungan, khususnya bagi mereka berbintang cancer, memacu kebersihan hati dan pikiran, membuang segala kenegatifan dari hidup kita, melingdungi dari serangan non fisik, bagus untuk aura, membuang energy tak berguna, dan membawakan kita energy cahaya, melepaskan tekanan emosional, memberikan ketenangan bathin, membantu dalam pencernaan dan sistem kekebalan. Bersihkan sesering mungkin.
Peridot dipercaya dapat memacu kita hidup jujur pada diri sendiri, tidak mudah terpengaruh hal2 dari luar, memberikan rasa damai dan kepuasan hati, menghilangkan amarah yang terpendam dan membantu kita memaafkan diri sendiri, bagus untuk menghilangkan racun, fungsi hati dan kantung empedu, merangsang metabolisme tubuh, dan mengurangi gangguan pada kulit dan gangguan pada pernafasan.
Quartz Rose dapat menciptakan rasa cinta tanpa pamrih pada diri sendiri maupun orang lain, dan meningkatkan penghargaan pada diri, memacu keterbukaan, empati, sensitifitas dan kejujuran, bagus untuk hubungan cinta maupun dengan sesama, melancarkan sirkulasi darah, menguatkan jantung, meningkatkan kesuburan.
Ruby akan membuat kita ceria,hidup dan optimis, tidak terfokus pada hal tak berguna, memberikan perlindungan dan kesigapan, serta kestabilan dalam finansial, mengaktifkan kembali chakra jantung setelah mendapat pukulan emosional, bagus untuk empedu, kelenjar adrenal, sirkulasi darah dan kesuburuan, meningkatkan perkembangan spiritual dan pengingatan kembali akan kehidupan masa lalu, membantu individualitas, tanpa terputus dari kemanusian dan kosmik, memperkuat tubuh halus, membantu kesuburan dan gangguan impotency, regenerasi sel dan sistem kekebalan tubuh.
Sapphire/Safir dapat membuang pikiran2 tak berguna, memacu kehausan akan pengetahuan dan kebijaksanaan, memberikan kejernihan dan kejelasan pada idea dan pikiran, mengurangi depresi dan penyakit fisik, menciptakan keseimbangan, stabilitas dan keteraturan, menghilangkan rasa sakit, menurunkan demam, bagus untuk usus, otak dan syaraf.
Spinel bagus untuk penyembuhan fisik dan lapisan2 tubuh halus, membuang blok penghambat, mengaktifkan energy positif baru dan memperbaharui sel2 yang usang, membantu kita menghadapi tantangan dan melihat sisi positif dari situasi maupun orang lain.
Red Spinel meningkatkan tekad, motivasi, kemampuan bersaing dan tekad bertahan.
Topaz memacu rasa percaya diri dan penggunaan bakat dan keahlian diri, dengan rendah hati, membawa rencana ke dalam tindakan, membuang penghalang2, memperkuat syaraf, merangsang nafsu makan, dan mengaktifkan semua proses metabolisme.
Topaz Blue menenangkan, memberi inspirasi dan menaikkan mood, berhubungan dengan dunia para malaikat dan peradaban kuno, mengurangi gangguan tenggorokan, membantu komunikasi dan berekspresi, menyejukkan seluruh tubuh dan mengurangi stress, memberikan perlindungan dari energy negatif, menyembuhkan luka dan penderitaan emosional, memacu komunikasi verbal yang efektif dan jujur, mengurangi rasa sakit ( khususnya berhubungan dengan sinus ), dan merupakan penyembuh ampuh, bagus untuk paru2, tenggorokan, thyroid, thymus, larynx, oesophagus dan seluruh bagian dari jantung.
Turquoise atau sering disebut Batu Pirus, menyadarkan kita akan tanggung jawab kita terhadap suatu keadaan, dan mengingatkan bahwa kita sendirilah yang harus merubah nasib, menyeimbangkan fluktuasi mood dan memberikan ketenangan diri, intuisi dan gambaran masa depan, menyegarkan dan memberi energy pada saat lelah, mengangkat mood kita pada saat terpuruk, mengurangi gejala rematik, bengkak dan sakit pada sendi, gangguan lambung, infeksi akibat virus dan menetralkan keasaman dalam tubuh, meningkatkan kekuatan otot, regenerasidan aktifitas otak, menghilangkan rasa sakit dan kram, merupakan anti radang dan racun.(Sumber Blog, Media Pengobatan Tradisional).

MANFAAT AKIK SESUAI JENIS DAN FUNGSI
————————————-

amber= pemancar daya tarik
american star= pesona dan daya tarik
aquamarin= penyejuk batin dan keluarga
badar lumut=ketenangan batin
badar tolo= kerukunan
badar besi merah=penangkal sial dan tolak bala
batu air=kerukunan keluarga dan rejeki
batu api=ketenangan dan kharisma
batu langgeng= keselamatan dan tolak bala
batu darah= tolak kiriman jahat
biduri bulan=kejernihan batin dan kesabaran
biduri laut= daya tarik lawan jenis
biduri pandan= kesabaran
biduri sepah=semangat hidup
biduri surya= percaya diri dan semangat
black cat eye= ketajaman indera ke enam
black opal=tajam insting dan daya magis
black saphir= tajam insting dan daya pesona
black star =peredam emosi
bulu macan=wibawa kuat dan karir
chrisophrase =kesejukan pikiran
chrisoberyl= ketajaman insting dan pikiran
combong= penarik lawan jenis
fosil kelor= perlindungan dan tolak bala
fosil mani gajah= daya tarik , rejeki, karir
fosil patil lele= mengembalikan ilmu jahat
fosil stigi= sedot racun serangga
garnet=perbanyak relasi
ginggang=terhindar marabahaya
giok= kesejukan batin dan relasi
intan= jernih pikiran dan jiwa
jabarjud= ketenangan jiwa
kaki tiga= jalan puncak karir
kecubung= simpati dan kasih sayang
kecubung es= tenaga prana dan inspirasi
kecubung rambut= relasi dan gairah hidup
kecubung teh= keteduhan jiwa
kecubung wulung= pelebur kiriman jahat
kenanga=gairah hidup dan pesona
kendit= keutuhan rumah tangga
kol buntet=anti santet
kristal alam=tenaga prana dan inspiraso
labrador= ketajaman insting
lapis lazuli= peredam emosi
lirabang=semangat hidup
malakit=penguras stess
manik ringin=peneduh masa
mata dewa= wibawa dan kepemimpinan
meteorit=penyerap energi alam
mustika kelapa=penglaris usaha dan tolak bala
mutiara=kecantikan dan kesuburan
nagasui=membuka rintangan
nefrit=pengurang kebimbangan
obisidian=keseimbangan batin
ongko wolu=kelancaran bisnis
onix hitam = perlindungan bisnis
opal= keceriaaan dan daya tarik
panca warna= karier dan bijaksana
pasir emas=kecantikan dan kesuburan
peridot=kebugaran dan ketenangan
pirit=percaya diri dan ketenangan
pirus daun=murah rejeki
pirus persi=penarik relasi
puser bumi= daya tarik relasi dan bisnis
rose quarts = gairah cinta dan kesuburan
ruby=wibawa dan percaya diri
safir=optimis dan inisiatif
safir kuning= pesona dan daya tarik
sineret=memutuskan kesialan
sitrin=ketajaman insting dan pikiran
sodolanang=menekuk kekuatan lawan
spinel=ketenangan jiwa
suleman madu=percaya diri dan insting
tapak jalak=ketajaman insting
tapak mujur= kemudahan usaha
topaz=peredam emosi
tunjung drajat=kemudahan karir
turmalin= ketegaran dan adaptasi
yahman wulung=pelebur kiriman jahat
yinyang=keseimbangan batin dan waspada
zamrud=kesejukan batin dan suasana
zircon=kejernihan pikiran

Demikian informasi tentang manfaat batu-batuan akik menurut warna dan jenis nya semoga bisa menambah sedikit pengetahuan akan batu khususnya bagi para peminat koleksi batu cincin akik.
(Sumber: akikmurah.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: