Nutrisi alam kampungku

Berbagai makanan yang dikosumsi warga kampung aku kebanyakan makanan alam atau makanan organik, jauh dari bahan kimia berupa pupuk, pestisida, herbisida, pengawet, pemanis, pewarna, penyedap, perangsang,  dan bahan kimia lainnya

NUTRISI TUMBUHAN DAN JAMUR

Daun katu

Manfaat Daun Katuk

Senyawa fitokimianya seperti tanin, saponin flavonoid, dan alkaloid papaverin berpotensi sebagai bahan obat alami. Berikut ini manfaat daun katuk untuk kesehatan tubuh manusia.

Melancarkan ASI

Di negeri kita, daun katuk dikenal sebagai pelancar ASI berkat kandungan protein, senyawa minyak esensial (saponin, flavonoid, tanin, triterpenoid), sejumlah asam amino, vitamin A, B, dan C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi), serta tujuh senyawa aktif lainnya. Penelitian terhadap kemampuan daun katuk dalam memproduksi ASI sudah banyak dilakukan. Prof. Dr. H. Sardjono O. Santoso DSFK, seorang farmakolog dari UI, bahkan berani memproduksi tablet daun katuk untuk melancarkan ASI.

Kesehatan Mata

Di dalam tubuh, kandungan betakaroten yang tinggi (vitamin A) dipercaya membantu mencegah gangguan mata.

Paku, jenis tanaman yang banyak tumbuh dikampungku, tanaman ini banyak dikonsumsi sebagai sayuran organik, rasanya enak

MANFAAT KESEHATAN PUCUK PAKIS

Penampilan pucuk pakis memiliki bentuk yang cukup unik, dari segi  rasa dan kandungan nutrisi tidak kalah dengan sayuran jenis lain, ia begitu luar biasa. Tunas muda tanaman ini mempunyai bentuk keriting, komposisi jumlah kalori yang terdapat pada pucuk ini sekitar 34 / 100 g. Walaupun daun pakis muda memiliki rupa aneh, tetapi anda jangan salah tentang manfaat dan khasiat tanaman ini untuk kesehatan, karena kandungan gizi yang tersimpan di dalamnya adalah berkualitas tinggi.  Beberapa komposisi nutrisi yang bisa memberi manfaat kesehatan termasuk antioksidan dalam jumlah besar, aneka vitamin selain itu terdapat juga kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 .

ANTIOKSIDAN PUCUK PAKIS BAIK UNTUK KULIT

Daun segar pucuk pakis menyimpan rahasia untuk perawatan kulit, karena di dalam tunas keriting mempunyai tinggi kandungan antioksidan, vitamin A dan karoten. Ini adalah kabar yang sangat luar biasa bagi sayur hutan, bagai mana tidak? 100 g daun pakis muda memiliki jumlah kandungan rata-rata 3617 IU (international unit) atau sekitar 120% total kebutuhan harian yang direkomendasikan oleh kebanyakan pakar gizi tentang kecukupan vitamin A.

Manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari Vitamin ini, adalah meningkatkan daya penglihatan juga untuk kecantikan kulit. Ini karena vitamin A tergolong antioksidan alami yang ampuh dan diperlukan oleh tubuh untuk menjaga integritas kulit serta membran lendir.  Senyawa Ini juga merupakan sesuatu yang penting untuk kesehatan mata. Berdasarkan hasil Studi dan penelitian terbaru telah mengungkap, bahwa berbagai makanan alami tinggi kadar vitamin A , terbukti baik dalam membantu tubuh untuk melindungi dari penyakit paru-paru dan serangan kanker rongga mulut.

BIOFLAVANOID TERDAPAT DALAM PUCUK PAKIS

Bukan buah saja yang memiliki kandungan senyawa flavanoid, pucuk pakis ternyata kaya kandungan biofalavanoid, yang mana zat ini sebagai antioksidan kuat untuk memerangi pertumbuhan sel kanker, antibakteri dan menghambat penuaan dini pada kulit. Daun muda pakis merupakan sumber makanan alami yang sangat baik berkat kandungan senyawa flavonoid di dalam sayur ini adalah jenis poli-fenolik alami seperti Alpha (α) dan Betha (ß) karoten. Karoten berfungsi mengkonversi vitamin A ke dalam tubuh.

DAUN PAKIS MUDA MENGANDUNG VITAMIN C

Semua orang sudah banyak yang mengenal manfaat Vitamin C, karena senyawa ini adalah Raja dari segala Vitamin, rasa manis khas pada pucuk pakis ternyata berkat kandungan tinggi vitamin C. Komposisi yang terdapat dalam 100 g pucuk segar, rata-rata mengandung sekitar 26,6 mg atau 44 persen dari total kebutuhan harian yang dianjurkan pakar gizi. Vitamin C adalah antioksidan larut air sehingga potensi yang cukup besar bersinergi dengan senyawa flavonoid seperti karoten. Peran utama dari kedua senyawa itu sangat baik untuk membantu mengikat radikal bebas berbahaya dalam tubuh kemudian membuangnya dari sistem. Tentu tidak diragukan lagi manfaat kesehatan yang bisa ditawarkan vitamin C sebagai perlindungan dari kanker, peradangan  dan sebagai pembasmi virus penyebab batuk.

TUNAS PAKIS MUDA TERNYATA TINGGI MINERAL

Jika membahas tentang sayur yang memiliki kandungan zat besi tentu terlintas di benak kita adalah kangkung, Sejauh ini kebanyakan orang hanya mengenal bahwa mineral Fe sangat tinggi pada sayur kangkung saja. terlepas dari sayur kangkung ada alternatif lain, sayur yang memiliki potensi besar memiliki kandungan zat besi seperti pucuk pakis ini.

Selain Zat besi ternyata kandungan mineral yang dimiliki tunas pakis adalah sumber yang sangat baik dari semua mineral dan elektrolit, terutama potasium , mangan (Mn) dan zat tembaga (Cu). Komposisi di dalam 100 g tunas pakis segar di ketahui mengandung rata-rata 370 mg atau sekitar 7 persen dari total kebutuhan kalium harian. Kalium (K) terdapat juga pada buah pisang, Mineral ini merupakan elektrolit memiliki peran baik untuk kesehatan jantung. Fungsi  Potasium membantu mengurangi tekanan darah dan detak jantung dengan melawan efek dari sodium.

Nilai Gizi Pucuk Pakis segar per 100 g (Sumber: USDA National Nutrient data base)

Kandungan
Nilai Nutrisi
Jumlah % RDA
Energi    34 Kcal    1.7%
Karbohidrat    5.54 g    4%
Protein    4.55 g    8%
Total Lemak    0.40 g    2%
Kolesterol    0 mg    0%
Vitamin
Vitamin B3 (Niasin)    4.980 mg    31%
Vitamin B2 (Ribolavin)    0.210 mg    16%
Vitamin B1 (Thiamin)    0.020 mg    1.5%
Vitamin A    3617 IU    120.5%
Vitamin C    26.6 mg    44%
Elektrolit
Sodium    1 mg    <1%
Potasium    370 mg    8%
Minerals
Kalsium (Ca)    32 mg    3%
Tembaga (Cu)    0.320 mg    35.5%
Besi (Fe)    1.31 mg    16%
Magnesium (Mg)    34 mg    8.5%
Mangan (Mn)    0.510 mg    22%
Selenium (Se)    0.7 mcg    1%
Seng (Zn)    0.83 mg    7.5%
Phyto-Nutrisi
ß – Karoten (betha)    2040 µg    ===
α – Karoten (alpha)    261µg    ===

TIPS: Agar mendapat manfaat kesehatan yang baik dari Nutrisi pucuk pakis sebaiknya pilihlah yang masih segar, Dan tidak semua daun pakis dapat di jadikan bahan makanan. Ini karena Terdapat berbagai jenis tumbuhan pakis, tetapi rata-rata jenis pucuk paku atau pucuk pakis yang diperjual belikan dapat di konsumsi. Manfaat dari daun pakis tidak sepenuhnya seperti di atas, Faktor tempat tumbuhnya tanaman ini juga berpengaruh terhadap lingkungan, berdasarkan pencemaran dan pestisida.

Kulat atau jamur banyak dikonsumsi warga kampung aku

MANFAAT MAKAN JAMUR UNTUK KESEHATAN

MANFAAT MAKAN JAMUR UNTUK KESEHATAN
JAMUR telah digunakan selama ribuan tahun, baik sebagai makanan maupun obat herbal. Studi-studi menunjukkan bahwa jamur bisa meningkatkan produksi dan aktivitas sel-sel darah putih. Dan hal ini, menurut direktur Institute of Herbal Medicine Douglas Schar, sangat baik untuk melawan infeksi.
Tak hanya disukai orang modern sebagai bahan makanan, jamur sudah menjadi bahan pangan populer sejak zaman kuno. Bahkan, raja-raja Mesir dan Yunani Kuno di abad sebelum Masehi dikenal sebagai penyuka jamur.
Orang Yunani Kuno percaya, makan jamur menyebabkan seseorang menjadi lebih kuat dan sehat. Hasilnya mereka lebih kuat, berani, dan perkasa. Firaun, Raja Mesir yang terkenal sangat keji, pehobi berat makan jamur. Saking istimewanya, raja itu menyebut jamur sebagai makanan para dewa.
Masyarakat Jepang dan Cina juga melengkapi menu dengan jamur secara turun temurun. Bukan saja kelezatan rasa, tetapi juga tinggi nilai gizinya. Jamur tiram merupakan salah satu sumber nutrisi yang saat ini sangat digemari oleh masyarakat.
Jamur terbukti bergizi tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan :
– Protein tinggi, lebih tinggi daripada daging ayam dan tempe
– Karbohidrat, vitamin B1, B2, B3, B5, B7 bahkan vitamin C yang tidak terdapat dalam daging , ataupun tempe
– Kaya akan mineral kalsium, besi, Mg, Fosfor, K, P, S, Zn
– Asam Folat yang tinggi sehingga mampu menyembuhkan anemia,
– Zat Flofastin, yang dapat menurunkan kolesterol,
– Zat Glucan yang mempunyai efek antioksi dan sebagai anti tumor dan meningkatkan imunitas /kekebalan tubuh, anti virus , antibakteri bahkan dapat membunuh cacing,
– Zat Pleuran, yang bagus untuk perawatan wajah, karena dapat mengikat air, melembabkan kulit dan sebagai anti inflamasi
– Kaya serat, sehingga sangat baik untuk pencernaan,
Setelah kita mengetahui akan kandungan gizi jamur tiram yang sangat lengkap dan baik, sudah saatnya kita memulai mencoba dan beralih untuk mengkonsumsi jamur tiram sekarang juga (bisa untuk sayur ataupun lauk), untuk perbaikan gizi, kesehatan dan kecerdasan keluarga kita.
Harga murah dibanding daging/ikan banyak, gizi tinggi, mudah diolah/dimasak, rasa enak dan lezat, dijamin halal karena 100% murni organik.
Berikut beberapa manfaat lain dari jamur:
Turunkan berat badan. Jamur mengandung sekitar 80-90 persen air dengan kandungan kalori rendah. Selain itu, jamur juga mengandung sangat sedikit sodium dan lemak, dan 8-10 persen dari komponen kering jamur adalah serat. Karena itu, makanan satu ini sangat ideal bagi Anda yang sedang mengikuti program pengontrolan berat badan atau diet untuk mengontrol hipertensi.
Sumber kalium. Jamur kaya kalium, mineral yang membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. Satu jamur portabella ukuran sedang dinyatakan mengandung lebih banyak kalium dibandingkan sebuah pisang atau segelas jus jeruk. Satu takar jamur juga menyediakan 20-40 persen ajuran tembaga harian Anda. Tembaga merupakan mineral yang mengandung komponen pelindung jantung.
Lawan radikal bebas. Jamur kaya akan riboflamin, niacin, dan selenium. Selenium merupakan antioksidan yang bekerja dengan vitamin E untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Kurangi risiko kanker prostat. Selain melawan radikal bebas, kandungan selenium dalam jamur juga membantu mencegah kanker prostat. Baltimore study yang mempelajari penuaan menemukan, mereka yang mengonsumsi selenium dengan dosis dua kali lipat dari anjuran harian berisiko 65 persen lebih rendah mengalami kanker prostat. Laki-laki dengan kadar selenium terendah berisiko empat hingga lima kali lebih besar mengalami kanker prostat dibandingkan mereka yang memiliki kadar selenium tertinggi dalam darah.
Cegah kanker payudara. Jamur kancing mengandung komponen yang berfungsi menghambat aktivitas aromatase (enzim yang terlibat dalam produksi estrogen) dan 5-alpha-reductase (enzim yang berfungsi mengubah testosteron menjadi DHT). Temuan terbaru menunjukkan bahwa jamur kancing bisa mengurangi risiko kanker payudara dan kanker prostat. Ekstrak jamur kancing mengurangi perbanyakan sel dan memperkecil ukuran tumor. Efek kemoterapi ini bisa dilihat dengan asupan sekitar 100 gram jamur per hari.
Atasi flu. Di China dan Jepang, jamur shiitake telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi demam dan flu. Lentinan, yang diisolasi dari batang jamur shiitake, dinyatakan menstimulasi sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan menunjukkan aktivitas antitumor. (IK/OL-5)
Menyadari hal tersebut Pringsewu Restaurant Group melakukan pengembangan dan sekaligus inovasi aneka menu jamur.  Tersedia b erb agai variasi menu, mulai dari jamur chrispy, sate jamur ,  ca jamur, fu yunghai jamur

Kalangkala satu jenis buah hutan yang menjadi lauk makan warga kampung aku

 

Sulur, merupakan jenis makanan terbuat dari akar keladi (talas)

 

Mandai, jenis makanan berupa kulit tiwadak (cempedak) setelah melalui proses permentasi kemudian di olah berbagai jenis makanan untuk lauk pauk makan

Jaruk, jenis makanan berasal dari buah tarap

Tegarun, bahan makanan yang terbuat dari kembang pohon tegarun setelah dipermentasi

 

 

Rotan muda

Sayur Umbut Rotan memang sejenis dengan sayur rebung (bambu muda), tapi cita rasa dan aromanya sangat berbeda. Saat disantap, aroma dan rasa umbut rotannya begitu khas terasa di lidah. Sayur bersantan ini akan terasa lebih lezat dan gurih jika dipadukan dengan ikan saluang atau ikan patin.Ditambah lagi, sambal tomat akan membuat rasa pedas-gurih semakin  menggugah selera makanAnda. Selain rasanya gurih dan lezat, sayur Umbut Rotan juga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit seperti asam lambung, rematik, darah tinggi, asam urat, dan malaria.

 

Rabung, sayuran yang berasal dari umbut bambu muda

Kandungan Kalium dalam Rebung Kurangi Resiko Stroke
Di dalam Rebung terdapat banyak kandungan senyawa mulai dari air (paling banyak sampai 91%), thiamin, protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, kalium, fosfor, besi, dan lainya.

Kandungan protein, karbohidrat, dan lemak tidaklah berbeda jauh jika dibandingkan dengan sayuran lainnya. Begitu juga dengan kandungan kalium yang cukup tinggi yakni 533 mg per 10 gramnya.

Makanan yang kaya akan kalium, minimal 400 mg, sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke. Penderita stroke seringkali didapati mengalami defisiensi mineral ini.

Selain itu, orang yang menderita kekurangan kalium, biasanya akan menderita pelunakan otot. Makanya, Anda mesti mencukupi kebutuhan kalium sehari-hari, misalnya, dengan mengonsumsi Rebung.

Kandungan Serat dalam Rebung Cegah Berbagai Penyakit
Selain kalium, Rebung juga sangat kaya dengan serat pangan sebanyak 2,56 persen. Kandungan seratnya sendiri lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran tropis lainnya seperti Ketimun (0,61%), Sawi (1,01%), Kedelai (1,27%), Pecay (1,58%), dan lainnya.

Memang, kekurangan serat pada tubuh manusia tidak akan menimbulkan gejala yang spesifik, tidak seperti kekurangan zat-zat lainnya. Namun, tetap saja ketercukupannya harus selalu dipenuhi untuk meningkatkan kinerja metabolisme tubuh.

Bahkan, dalam beberapa penelitian yang dilakukan, telah ditemukan bahwa kekurangan serat ternyata dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Kekurangan serat dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah atau aterosklerosis, diabetes melitus, jantung koroner, hiperkolesterolemia, kanker kolon (usus besar), dan lainnya.

Serat pangan merupakan senyawa yang berbentuk karbohidrat kompleks dan biasanya banyak terdapat pada dinding sel tanaman pangan, termasuk Rebung.

Serat pangan memang tidak dapat dicerna dan diserap oleh saluran pencernaan, namun fungsinya sangat penting untuk memelihara tingkat kesehatan manusia guna mencegah serangan berbagai jenis penyakit dan merupakan komponen penting dalam terapi gizi.

Bagaimana dengan konsumsi serat penduduk kita? Hanya sekitar 10,5 gram per harinya. Jelas masih kurang karena kebutuhan ideal yang mesti dicukupi ialah sebanyak 30 gram serat setiap harinya. Rebung bisa Anda jadikan sebagai solusi untuk memenuhi ketercukupan serat setiap hari.

 

 

pucuk gumbili, sayuran yang berasal dari daun singkong

Kandungan Daun Singkong

Mungkin untuk mereka yang tidak suka akan sayuran, daun singkong ini rasanya pahit dan tidak enak. Namun taukah anda bahwa ada banyak sekali nutrisi penting yang terkandung di dalam  daun singkong?  Memang tidak banyak yang tahu bahwa daun singkong ini kaya akan kandungan vitamin, asam amino essensial, vitamin, dan juga protein yang amat baik bagi tubuh kita.

Protein nabati juga diketahui banyak terkandung di dalam daun ini dan berguna untuk dijadikan unsur yang bisa membangun sel tubuh dan menjadi sistem komponen pembentuk enzim. Selain itu, asam amino yang terkandung di dalamnya juga berguna sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi. Asam amino di dalam hijau daun ini juga bermanfaat untuk pemulihan luka yang ada di kulit, membantu regenerasi sel rubuh yang rusak, meningkatkan daya ingat, menguatkan tulang, dan juga membantu sistem metabolism di dalam tubuh. Kemudian kandungan klorofil yang terdapat di daun singkong ini berguna sebagai anti-kanker serta zat antioksidan.

Manfaat Daun Singkong Lainnya

Karena kandungannya yang cukup lengkap nilai nutrisinya, tidak bisa disangkat bahwa manfaat daun singkong sangat besar. Kesehatan kita bisa ditunjang dengan asupan makanan yang penuh gizi seperti halnya daun ini. Selain kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, sayuran ini juga memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, sehingga cocok sekali jika dijadikan salah satu menu bagi seseorang yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan. Untuk mereka yang merasa susah buang air besar, daun singkong ini sanggup mengatasi sembeli serta melancarkan sistem pencernaan tubuh kita karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Selain dijadikan sebagai sebuah makanan yang sehat, daun singkong ini juga berkhasiat untuk dijadikan berbagai obat herbal yang bisa langsung kita minum dari air perasannya. Caranya pun juga amat mudah, cukup dengan merebus daun singkong ini dan kita ambil airnya untuk dicampurkan dengan air kapur sirih ataupun jahe. Ramuan ini secara tradisional dipercaya mampu untuk mengatasi masalah sakit kepala, gejala rematik, penyakit flu, luka bernanah, diare, dan juga mempertahankan stamina tubuh kita.

Genjer

Kandungan Nutrisi Genjer

Energi Genjer = 33 kkal
Protein Genjer = 1,7 gr
Lemak Genjer = 0,2 gr
Karbohidrat Genjer = 7,7 gr
Kalsium Genjer = 62 mg
Fosfor Genjer = 33 mg
Zat Besi Genjer = 2 mg
Vitamin B1 Genjer = 0,07 mg
Berdasarkan nutirsi yang telah diuraikan diatas, tentu saja genjer mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Ada beberapa manfaat yang kan kita dapatkan jika mengkonsumsi genjer, adapun manfaatnya sebagai berikut:

Manfaat Genjer bagi Kesehatan

1. Meremjakan sel-sel tubuh

Kandungan protein yang terdapat dalam tanaman genjer dapat berperan dalam membantu memproduksi sel-sel yang terdapat didalam tubuh kita. Seperi yang sudah kita tau bahwa tubuh kita memproduksi jutaan sel setiap harinya, untuk menggantikan sel-sel yang sudah tidak berfungsi. Nah, protein ini lah yang dapat berperna dalam membantu produksi sel-sel tubuh.

2. Cadangan energi dalam tubuh

Sebagaimana fungsi lemak didalam tubuh kita, lemak pada genjer juga berperan sebagai cadangan energi tubuh.

3. Memperkuat tulang

Berdasarkan data diatas, bahwa kandungan nutrisi genjer adalah kalsium. Jika pada anak-anak kalsium berperan dalam pertumbuhan tulang, berbeda halnya dengan orang dewasa kalsium berperna dalam memperkuat tulang dan mengurangi risiko terkena osteoporosis. Berdasarkan pengalaman pribadi, bahwa orang tua saya yang sudah sering merasakan ngilu pada persendiannya dan kemudian mengkonsumsi genjer. Hanya dalam waktu satu hari saja manfaat genjer tersebut telah dapat terasa yaitu ngilu pada persendian akan hilang.

4. Mencegah kanker kolon dan mencegah sembelit

Kanker kolon biasanya terjadi akibat pola makan yang tidak benar dan berdampak akibat pada tidak lancarnya pencernaan. Genjer mengandung serat yang tinggi sehingga berfungsi dalam melancarkan pencernaan. Seseorang yang mengonsumsi genjer secara rutin, dapat dipastikan bahwa dia akan jauh dari risiko terkena kanker kolon. Selain itu berdasarkan sebuah penelitian, bahwa orang yang rutin dalam mengonsumsi genjer tidak akan terkena sembelit (susah buang air besar).

5. Mengurasi risiko penyakit jantung dan kanker

Kandungan polifenol dalam genjer dapat berperan sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah terkena penyakit jantung dan kanker.

Itulah khasiat dan manfaat genjer bagi kesehatan tubuh kita.  Walupun sebelumnya adalah gulma akan tetapi dapat kita manfaatkan sebagai sesuatu yang bermanfaat untuk kita, semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Keladi, biasanya selain di buat sayuran juga bisa diolah penganan atau digoreng untuk makanan meja

Tanaman Bakung atau yang disebut juga Jungkal banyak hidup di rawa-rawa Kalsel termasuk di kampung aku, dan umbutnya bisa disayur seperti sayuran rebung atau umbut nyiur, yang disebut sebagai gangan basantan

 

Kambang tanding, salah satu jenis sayuran yang banyak digemari oleh warga kampung aku, sayuran ini biasanya untuk bahan seperti gangan karuh

Bunga teratai (Nelimbium nelumbo) merupakan salah satu tanaman yang sering dijadikan tanamn hias karena bunganya yang indah dan harum mewangi sepanjang hari. Daunya yang lebar mengapung di permukaan air, sementara bunganya menjulur keluar. Indah sekali.

Namun siapa sangka, bunga yang indah dan wangi tersebut juga memiliki khasiat sebagai obat. Ya, nenek moyang kita dahulu sering menjadikan bunga teratai sebagai obata tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit.

Ajaibnya, hampir seluruh bagian dari tanaman teratai ini bisa digunakan sebagai obat herbal. Mulai dari umbi, daun, bunga hingga bijinya. Tentu bukan tanpa alasan, karena pada tanaman teratai ini terkandung beberapa senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan. Diantaranya protein, lemak, karbohidrat, karoten, asam nikotinat, vitamin B1, B7, dan C. Ada juga kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi yang terdapat pada bijinya.

Manfaat Bunga Teratai Sebagai Obat Tradisional

Berikut ini contoh pemanfaatan bunga teratai untuk pengobatan tradisional yang diwariskan oleh para leluhur.

1. Batuk darah, muntah darah
Rimpang teratai dicuci bersih, kemudian dibuat jus. Buat hingga satu gelas ukuran 200 cc. Minum ramuan jus rimpang teratai tersebut secara rutin setiap hari selama 3-5 hari.

2. Muntah, diare
Ambil 50 gram rimpang teratai dan 10 gram jahe, cuci bersih kemudian keduanya dijus atau diparut untuk diambil airnya. Setelah diperoleh airnya, minum sehari 3 kali.

3. Obat Disentri
50 gram rimpang teratai dan 10 gram jahe diparut kemudian diambil airnya. Tambahkan air 100 cc kemudian dimasak hingga mendidih. Setelah dingin, tambahkan 1 sendok makan madu, aduk rata kemudian diminum sekaligus.

4. Keluar darah dari hidung (mimisan)
Ambil akar teratai secukupnya kemudian dijus. Peras airnya, kemudian teteskan ke dalam lubang hidung.

5. Menurunkan darah tinggi
Rebus 10 gram biji teratai dan 15 gram tunas teratai dengan 350 cc air bersih hingga tersisa 200 cc saja. Minum air rebusan tersebut setiap hari seperti minum teh.

6. Mengatasi Insomnia
Siapkan 5—12 g biji teratai, rendam, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Setelah agak dingin, minum airnya dan bijinya dimakan. Lakukan pengobatan ini secara rutin hingga ada perubahan.

7. Panas dalam, gondokan, penyakit jantung dan liver
Cuci bersih 100 gram rimpang teratai dan 50 gram akar alang-alang segar, kemudian dipotong-potong seperlunya. Rebus semuanya dalam 500 cc air bersih hingga airnya tersisa 250 cc. Setelah dingin airnya disaring dan diminum seperti minum teh.

8. Mengatasi mata merah, bengkak, lelah, iritasi
Ambil 3 gram biji teratai dan 9 gram bunga seruni. Kumpulkan dalam kain bersih, kemudian kukuslah. Setelah agak dingin, kompreskan pada mata. Lakukan 2 kali sehari tiap pagi dan malam hari.

9. Mengatasi depresi, stres
Ambil 20 butir biji teratai, 15 g biji kelengkeng, 10 butir angco, dan 10 g kim cim. Rebuslah semuanya dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Setelah agak dingin, minum airnya. Biji teratai, angco, dan kim cim yang telah direbus bisa dimakan. Lakukan ini hingga keluhan berkurang.

Nah, itu dia beberapa manfaat dan khasiat bunga teratai untuk pengobatan. Semoga artikel singkat ini dapat berguna dan menambah wawasan Anda dalam dunia kesehatan.

kalakai

Kalakai merupakan salah satu dari beberapa sayuran tradisional khas Kalimantan Selatan. Kalakai biasanya dikonsumsi dalam bentuk sayur. Bagian tanaman yang dipanen adalah bagian pucuk atau ujung dengan panjang sekitar 15 cm. Bagian ini relatif lunak dan mudah dipatahkan, sedangkan bagian batang yang lebih bawah terksturnya lebih keras.

Kalakai memiliki beberapa manfaat, yaitu Kalakai yang berwarna merah sangat potensial untuk mengatasi anemia (kekurangan zat besi). Menurut Irawan et al. (2003) dari analisis gizi diketahui bahwa kalakai merah mengandung Fe yang tinggi (41,53 ppm), Cu (4,52 ppm), vitamin C (15,41 mg/100g), protein (2,36%), beta karoten (66,99 ppm), dan asam folat (11,30 ppm). Secara turun temurun, masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah memanfaatkan tanaman kalakai untuk tujuan merangsang produksi ASI bagi ibu-ibu yang baru melahirkan. Hal ini mungkin disebabkan nilai gizi kalakai yang banyak mengandung Fe (Irawan et al., 2003). Unsur Fe diketahui bermanfaat dalam mengatasi masalah anemia, sehingga mengkonsumsi kalakai dapat menambah volume darah, sehingga merangsang produksi ASI.

Gadung, sejenis ubi hutan yang setelah melalui proses permentasi menjadi makanan yang enak, baik direbus begitu saja atau di buat penganan

Gadung (Dioscorea hispida Dennst., suku gadung-gadungan atau Dioscoreaceae) tergolong tanaman umbi-umbian yang cukup populer walaupun kurang mendapat perhatian. Gadung menghasilkan umbi yang dapat dimakan, namun mengandung racun yang dapat mengakibatkan pusing dan muntah apabila kurang benar pengolahannya. Produk gadung yang paling dikenal adalah dalam bentuk keripik meskipun rebusan gadung juga dapat dimakan. Umbinya dapat pula dijadikan arak (difermentasi) sehingga di Malaysia dikenal pula sebagai ubi arak, selain taring pelandok.

Manfaat Ubi Gadung

Gadung merupakan Tumbuhan Semak, menjalar, permukaan batang halus, berduri, warna hijau keputihan. Daun tunggal, lonjong, berseling, ujung lancip, pangkal tumpul, warna hijau. Perbungaan bentuk tandan, di ketiak daun, kelopak bentuk corong, mahkota hijau kemerahan. Buah bulat setelah tua biru kehitaman. Biji bentuk ginjal. Bagian yang Digunakan Rimpang.

Kandungan Kimia yang terdapat dalam Gadung antara lain :Alkaloid dioskorina, diosgenina, saponin, furanoid norditerpena, zat pati, dan tanin.

Beberapa Kegunaan atau Manfaat Gadung untuk Kesehatan seperti yang saya dapat dari salah satu situs online (lihat sumber artikel), Gadung berguna untuk mengobati :

–    Keputihan.
–    Kencing manis.
–    Kusta.
–    Mulas.
–    Nyeri empedu.
–    Nyeri haid.
–    Radang kandung empedu.
–    Rematik (nyeri persendian).
–    Kapalan (obat luar).

Tungkul, atau jantung pisang juga menjadi konsumsi bagi warga

Manfaat Jantung Pisang

Sepintas mungkin jantung pisang terkesan sebagai tumbuhan yang tak ada gunanya dan malahan dianggap sampah bagi kebanyakan kalangan, tapi ternyata jantung pisang bisa mngobati sakit stroke jika dikonsumsi secara teratur.
Dengan kandungan yang terdapat di dalamnya jantung pisang bisa mencegah pendarahan pada otak, dan itu sangat baik untuk kesehatan jantung dan otak kita, dan tentu dengan cara sering-sering mengkonsumsinya.
Selain sebagai pengobatan strok dan baik untuk mereka yang sedang menjalani program diet ternyata jantung pisang juga sangat ampuh jika dikonsumsi bagi mereka yang menderita penyakit diabetes, dengan kandungan indeks glikemiknya yang rendah yang mampu melancarkan pencernaan dan mengikat kolesterol serta lemak untuk dibuang bersama kotoran, dan tentu hal ini cukup baik jika dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Pisang Manggala, salah satu pisang yang paling banyak dibuat sayur oleh warga kampungku, khususnya untuk menu yang disebut gangan karuh

Daun papare hutan

Buah tumbuhan hutan yang disebut kanjat, banyak digunakan untuk bahan sayuran, ditumis atau disayur manis

Daun Telunjuk langit ini juga enak ditumis

Waluh, atau labu

– Warga kampung kami Balangan tak akan kekurangan sayuran, karena bermacam jenis tanaman hutan pucuknya enak dibuat sayuran, seperti di Kampung kami Inan, ada pucuk nyaru, telunjuk langit, kambuluhan, dan seperti terlihat di foto di bawah ini adalah tanaman kalimpungut

kelimpungut

 

NUTRISI DARI HEWAN

Kijing, adalah kerang sungai nutrisi alam yang banyak didapati di sungai-sungai kampungku

Haliling, satu jenis siput sungai yang suka dimakan juga warga kampung aku

Haliling

——————-
Di kalimantan selatan banyak ditemukan haliling khususnya didaerah sawah yang tergenang, haliling merupakan jenis keong sawah yang hidup didaerah persawahan, habitatnya di daerah persawahan dan tempat yang juga mirip sawah, yang airnya cukup bening, berlumpur dan airnya tak berarus/bergerak. Siang hari haliling  ini bersembunyi ke dasar lumpur sehingga sulit dicari dan dikumpulkan. Malam hari ia menyebar menempel-nempel di batang padi atau tumbuhan lainnya. Pedagang haliling di pasar tradisional biasanya mengumpulkan haliling tersebut pagi hari, saat haliling masih berada di permukaan air dan menempel-nempel di batang padi (Herdiawan, 2006).
Haliling (marga Bellamya) termasuk dalam kelompok Operculata yang hidup di perairan dangkal yang berdasar lumpur serta ditumbuhi rerumputan air, dengan aliran air yang lamban, misalnya sawah, rawa-rawa, pinggir danau dan pinggir sungai kecil. Binatang ini lebih menyukai perairan yang airnya jernih dan bersih. Haliling mirip dengan tutut, termasuk keong suku viviparidae ini bisa memiliki tinggi cangkang sampai 40 mm dengan diameter 15-25 mm, bentuknya seperti kerucut membulat dengan warna hijau-kecoklatan atau kuning kehijauan. Puncak cangkang agak runcing; tepi-cangkang menyiku tumpul pada yang muda; jumlah seluk 6-7, agak cembung, seluk akhir besar. Mulut membundar, tepinya bersambung, tidak melebar, umumnya hitam. Operculum agak bundar, tipis, agak cekung, warna coklat kehitaman (Yulian, 2007).
Haliling  mengandung zat gizi makronutrien berupa protein dalam kadar yang cukup tinggi pada tubuhnya. Berat daging satu ekor haliling dewasa dapat mencapai 4-5 gram. Selain makronutrien, tubuh haliling juga mengandung mikronutrien berupa mineral, terutama kalsium yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Dengan pengelolaan yang tepat, haliling dapat dijadikan sumber protein hewani yang bermutu dengan harga yang jauh lebih murah dari pada daging sapi, kambing atau ayam (Firdaus, 2007).

Nilai gizi haliling hampir sama dengan kalambuai, hal ini dikarenakan haliling termasuk jenis keong-keongan Berikut merupakan analisis gizi dari kalanbuai. Hasil uji proksimat dapat diketahui kalambuai mempunyai kandungan protein bisa mencapai 16 – 50 persen (Plantus, 2007).

ikan belut, disuka dan dibuat aneka macam masakan

Madu lebah


madu kalulut

8 Tanggapan

  1. Assalamualaikum wrwb. Coba tlg di bahas pohon tigarun spt apa. Bunga, genus nama nlatin dr tigarun dan padanan kata di daerah lain siapatau tigarun ada nuga di Jawa atau Sumatera. Sy tertarik. Tq.

  2. Terima Kasih.

  3. Blognya bagus,jadi tau tumbuhan apa aja yang boleh dimakan. . .

  4. minta tlong dong,,kalau gambar nya umbut teratai kaya gimana???

  5. apa nama kanjat dalam bahasa indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: