Kesah Banjar Lucu, Mahalabio

Orang Banjar yang tinggal di Banua (Kalsel) maupun yang ada di pemadaman (perantauan) Tembilahan Provinsi Riau, Tungkal Provinsi Jambi, Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, serta di berbagai wilayah tanah air termasuk di Bagan Serai, Sungai Manik, Kerian Malaysia pada umumnya berprangai kocak atau lucu, dan mereka suka bercerita lucu atau yang disebut Mahalabio.

Berdasarkan wikipedia, Mahalabio adalah salah satu bentuk sastra lisan Banjar berupa ujaran pendek atau cerita singkat, umumnya tidak lebih dari 15 kalimat, yang mengandung candaan atau teka-teki/tebakan. Mahalabiu biasanya membuat orang memikirkan makna konotasi dari cerita tersebut. Meskipun kadang mengandung teka-teki, tetapi mahalabiu dapat dibedakan dari cucupatian (teka-teki khas Banjar) yang lebih tradisional/kuno. Bahasa Banjar yang digunakan dalam bermahalabio tidak banyak terpengaruh dari bahasa lain atau bahasa Indonesia.

Asal kata
Mahalabio ditengarai berasal dari kata Halabio, yakni nama sebuah kademangan/distrik dari wilayah administratif Onderafdeeling Alabio dan Balangan pada masa penjajahan Hindia Belanda. Kata Halabio mendapatkan awalan ma- dalam bahasa Banjar yang artinya kurang lebih memiliki sifat seperti orang-orang Halabio.

Pendapat lain menyatakan bahwa mahalabio berasal dari kata mahala ‘tanggung’ dan bio (bentuk singkat Halabio) sehingga dapat diartikan bahwa mahalabio adalah ungkapan yang tanggung atau belum selesai sehingga membuat orang berpikir maknanya apa.

Terlepas dari semua itu, memang benar orang Banjar yang tinggal di Kecamatan Sungai Pandan atau Alabio yang masuk wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalsel memang dikenal suka bercerita yang lucu-lucu sehingga membuat yang mendengarnya tersenyum bahkan terbahak bahak ketawa.

Biasanya cerita lucu itu disampaikan saat berkumpul, saat kenduri, arisan, bahkan paling sering saat kerja di sawah yang melibatkan orang banjar, seperti saat panen, dan sebagainya, sehingga kerja tak terasa jika dikerjakan sambil mendengarkan cerita lucu tersebut.

Video video tentang cerita lucu berbahasa Banjar